CRUISE

Menghindari Mabuk Laut di Kapal Pesiar

Bagian kapal yang menjadi tempat untuk menjauhi mabuk laut.
( Foto: Cruisecritic)

NEW YORK bisniswisata.co.id: Mabuk laut hampir tidak berakibat fatal, tetapi dengan gejala seperti mual, kram perut dan muntah, tentu saja dapat meredam kesenangan pelayaran Anda. 

Mabuk perjalanan diperkirakan disebabkan oleh disorientasi visual akibat berada pada objek yang bergerak (kapal) yang bersaing dengan kecenderungan alami tubuh kita untuk keseimbangan. 

Apa pun penyebab teknisnya, sebagian besar kapal penjelajah akrab dengan betapa kasarnya lautan yang bergoyang dapat membuat kita merasa kurang nyaman dari kondisi yang terbaik.

Dilansir dari Cruisecritic.com.au, Mal de mer atau mabuk laut, tidak disebabkan oleh air berombak saja. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa beberapa orang menjadi mabuk laut karena sugesti. 

Mereka hanya meyakinkan diri sendiri bahwa berada di kapal akan membuat mereka sakit. Di sisi lain, bagi mereka yang bisa melupakannya, seringkali berjalan mulus.

Beberapa orang memiliki kecenderungan nyata untuk mabuk perjalanan dan pasti akan lebih menderita selama laut yang ganas. Menurut para profesional medis, mabuk laut lebih banyak terjadi pada anak-anak dan wanita.

Di sisi lain, anak-anak di bawah  usia dua tahun tampaknya kebal dari penyakit tersebut. Dari catatan yang sama menariknya, orang tua kurang rentan.

Jika Anda memiliki kecenderungan untuk mabuk perjalanan atau khawatir bahwa Anda mungkin mengalami gejala, bekali diri Anda dengan tindakan pencegahan sebelumnya.

Obat-obatan

Salah satu pengobatan yang paling banyak direkomendasikan adalah Transderm Scop, patch skopolamin diterapkan di belakang telinga setidaknya delapan jam sebelum paparan, dengan efektivitas hingga tiga hari. 

Tersedia hanya dengan resep dokter, Scop bersifat pencegahan, bukan pengobatan, dan dapat menyebabkan kemungkinan efek samping seperti mulut kering, penglihatan kabur, mengantuk dan pusing.

Obat bebas yang digunakan untuk mencegah dan/atau mengobati mal de mer termasuk Dramamine, Meclizine (nama umum Bonine) atau diphenhydramine (umumnya dikenal sebagai Benadryl). 

Pada beberapa kapal ini dibagikan secara bebas. Mereka juga dijual di toko serba-serbi. Ingatlah bahwa efek samping yang paling umum dari penggunaan Bonine dan Benadryl adalah kantuk, dan alkohol akan memperburuknya.

Obat resep yang lebih kuat dan lebih efektif hanya dapat diperoleh dari dokter (dokter kapal dapat memperbaiki Anda, tetapi sering kali Anda harus membayar biaya kunjungan kantor ditambah pil, jadi Anda lebih baik pergi ke dokter pribadi Anda). 

Ini termasuk Promethazine dan efedrin, yang bila digunakan bersama-sama menghasilkan hasil yang cepat serta potensi efek samping seperti kantuk. Pilihan lain adalah supositoria, yang dikelola oleh dokter kapal, yang bekerja ajaib bagi sebagian orang.

Pengobatan Bebas Narkoba

Jika Anda tidak suka menggunakan obat-obatan, ada banyak pilihan lain, jika banyak tulisan papan Cruise Critic tentang pengobatan mabuk laut merupakan indikasi. 

Beberapa bersumpah dengan menerapkan gelang Sea-Band begitu Anda memulai pelayaran. Produk yang terinspirasi dari akupresur yang mudah dipakai ini memiliki manik-manik plastik yang menekan titik tekanan Nei-Kuan yang terletak di sisi telapak tangan. 

Berkhasiat dalam mengatasi mual dan muntah tanpa efek samping, tersedia dalam ukuran dewasa dan anak-anak bahkan dapat digunakan oleh ibu hamil. Sea-Bands tersedia tanpa resep di toko obat besar.

Yang lain dengan setia mempromosi- kan manfaat jahe, yang menurut penelitian dapat meredakan mual yang terkait dengan mabuk perjalanan. Akar dapat diambil dalam berbagai bentuk, termasuk bubuk, teh, pil dan permen. 

Beberapa orang yakin bahwa makan apel hijau membantu mengatasi mual, dan beberapa kapal menawarkan sepiring apel hijau dan kerupuk di menu layanan kamar mereka.

Beberapa Tips Lainnya

Untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kapal, disarankan untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin di geladak, menggunakan cakrawala sebagai titik untuk menjaga keseimbangan Anda.

Memesan kabin luar di tengah kapal — titik keseimbangan alami — adalah pilihan lain. Memiliki jendela juga akan memberi Anda pandangan yang konsisten dari titik cakrawala (kecuali jika Anda berada di perairan badai, buih laut memercik ke jendela Anda).

Ini juga bukan ide yang buruk untuk mengambil hanya kapal pesiar pelabuhan-intensif dengan hari lebih sedikit di laut lepas dan untuk menghindari perjalanan di mana laut pasti akan kasar seperti Selat Bass antara daratan Australia dan Tasmania atau Laut Tasman antara Australia dan New Selandia. 

Penyeberangan Atlantik Utara atau Karibia selama musim badai juga harus dihindari pada bulan Juni hingga November.

Pilihan bijak lainnya adalah memilih kapal besar dan modern — bukan proposisi yang sulit dengan industri yang cenderung ke kapal yang lebih besar.

Siapa pun yang berlayar dengan kapal besar yang relatif baru, mungkin berbobot 100.000 ton atau lebih, tahu bahwa stabilisator digunakan saat dibutuhkan untuk memberikan perjalanan yang semulus mungkin.

Ingatlah bahwa setiap orang bereaksi berbeda terhadap berbagai solusi di luar sana. Ada di kapal penjelajah untuk mengambil bagian dalam sedikit riset dan eksperimen sendiri, dan salah satu tempat paling berguna untuk memulai adalah forum Ask a Cruise Question di papan pesan Cruise Critic.

Arum Suci Sekarwangi