DESTINASI HOSPITALITY HOTEL INTERNATIONAL LIFESTYLE

Melongok Di Dalam Retret Holistik India Seharga US$960/ malam Di mana Putri Camilla Tinggal

Bintang Bollywood Deepika Padukone dan Rajinikanth, serta Raja Charles, semuanya tinggal di pusat kesehatan holistik Soukya dekat

Berjalan kaki, bersepeda, dan mengamati burung adalah beberapa kegiatan yang ditawarkan di pusat Soukya.  (Semua foto: Soukya) 

ABU DHABI, bisniswisata.co.id: Setelah dua bulan yang sibuk dan intens di mana dia mendukung suaminya Pangeran Charles setelah kematian Ratu Elizabeth II, Putri Camilla pergi ke tempat peristirahatan di dekat Bangalore, yang populer di kalangan selebritas dari seluruh dunia, menurut The Times of India.

Camilla, 75, dikatakan telah terbang ke Bandara Internasional Kempegowda pada 20 Oktober sebelum melakukan perjalanan 40 kilometer ke pusat Soukya yang terkenal, yang menyebut tujuannya adalah ke pusat kesehatan integratif pertama di dunia.

Di lansir dari thenationalnews com, dementara Istana Buckingham menolak mengomentari kunjungan Camilla dan menyebutnya sebagai “masalah pribadi”, sumber mengatakan dia akan tinggal di retret selama 10 hari.

Perjalanan tersebut mengikuti kunjungan Pangeran Charles dan Camilla pada November 2019 untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-71, tetapi Putri mengatakan sudah mengunjungi “beberapa kali” sejak 2010, menurut Daily Mail.

Aktris Inggris Emma Thompson juga penggemar retret, dan kesaksian dari anggota keluarga kerajaan India dan Saudi muncul di situs web.

Penyanyi AS Tina Turner, Sarah, Duchess of York, Dalai Lama, bintang Bollywood Deepika Padukone dan Rajinikanth semuanya telah mengunjungi, serta mendiang Uskup Agung Desmond Tutu, yang menyebut retret itu sebagai “tempat ketenangan yang luar biasa”.

 

Apa itu Soukya?

Tempat Retret ini didirikan oleh Dr Isaac Mathai, yang telah bekerja sebagai dokter pribadi untuk Pangeran Charles dan Putri Camilla selama bertahun-tahun. 

Terletak di tengah sekitar 12 hektar lahan pertanian organik, Soukya adalah “tujuan kesehatan holistik untuk mengembalikan keseimbangan alami tubuh Anda dari pikiran, tubuh dan jiwa,” menurut situs webnya.

Ada fokus yang kuat pada keberlanjutan, menggunakan tenaga surya, energi angin dan memanen air hujan untuk irigasi.

Menawarkan meditasi, yoga, homeopati, terapi dan perawatan Ayurveda, serta program perawatan dan obat-obatan yang dipesan lebih dahulu dan dapat disesuaikan.

Dengan fokus pada “penyembuhan, pencegahan atau peremajaan”, terapi komplementer yang tersedia meliputi naturopati dan homeopati.  Ada juga fokus pada rehabilitasi kanker, kecanduan, kesehatan mental dan gangguan kulit.

Aktivitas santai dari mengamati burung hingga yoga. Kegiatan lainnya di retret ini berkisar dari jalan-jalan santai hingga permainan bulu tangkis yang energik.

Tour taman dan jalan-jalan alam ditawarkan di halaman pusat, dan populer di kalangan pengunjung.

Para tamu dipandu melalui taman hias, serta pertanian organik bersertifikat dari mana sebagian besar makanan retret bersumber untuk pengalaman bersantap dari pertanian ke meja makan.  Ada juga lebih dari 800 pohon buah-buahan dengan produk segar.

Berbagai tumbuhan, tanaman dan bunga ditanam di kebun obat, yang juga merupakan tempat ideal untuk mengamati burung.

Kegiatan lainnya termasuk bersepeda, program musik, demonstrasi memasak dan ceramah oleh dokter.

‘Makanan Sattvic’ dan akomodasi mewah

Hidangan dari pertanian ke meja dibuat dengan prinsip ‘sattvic’ dalam pikiran, yang “berkontribusi pada pikiran yang murni dan tenang”.  Dengan lima kategori kamar dari deluxe hingga suite, Soukya memiliki 25 ruang tamu.

Kamar Deluxe mulai dari $260 per malam untuk single dan $390 untuk double, sedangkan suite mulai dari $960 per malam, menampilkan ruang tamu dan ruang makan, shower outdoor, Jacuzzi, dan taman pribadi, dengan akomodasi terbesar seluas 5.200 kaki persegi.

Semua paket datang dengan opsi full board, konsultasi dasar dengan dokter, konsultasi diet dan sesi yoga di pagi dan sore hari.

Semua hidangan yang disajikan di Soukya adalah organik dan ovo-vegetarian, tidak termasuk semua makanan hewani selain telur.

 “Soukya menyajikan makanan Sattvic yang membantu menciptakan getaran positif dalam tubuh, berkontribusi pada pikiran yang murni dan tenang,” kata situs webnya.  “Masakan kami yang dipersonalisasi, seimbang dan sehat, organik dan ovo-vegetarian didasarkan pada prinsip-prinsip rendah lemak, rendah garam, dan rendah rempah-rempah”.

Selain bersantap di dalam kamar, para tamu dapat memilih dari tiga tempat makan, termasuk ruang makan dan dua ruang terbuka — satu dengan anggur Bangalore Blue yang menggantung di atas kepala dan yang lainnya di bawah payung rumput Salem tradisional dengan pemandangan halaman rumput dan latar belakang lonceng angin

Tiga retret holistik lagi di India

1.Ananda di Himalaya

Terletak di The Palace Estate di Uttarakhand, retret ini menawarkan program kesehatan pengantar dan komprehensif.

Selain perawatan spa dan Ayurveda, tempat ini juga menawarkan pembicaraan Vedanta setiap hari, sebuah filosofi India kuno yang mencoba menjawab pertanyaan mendasar tentang kehidupan.

2.Retret Vana, Dehradun

Menawarkan tujuh ruang tamu yang berbeda, termasuk kamar dan suite taman dan hutan, program kesehatan didasarkan pada Ayurveda, yoga, dan Sowa-Rigpa, sistem pengobatan tradisional Tibet.

Terapi komplementer seperti pijat refleksi ditawarkan di samping fisioterapi dan perawatan spa.

3.SwaSwara, Gokarna, Karnataka

Terletak di Pantai Om di sepanjang Pantai Konkan, SwaSwara menawarkan program dari satu hingga 28 hari.  Perawatan Ayurveda ditawarkan bersamaan dengan eksplorasi seni dan meditasi.  Ada juga birdwatching dan jalan-jalan Prakruthi yang ditawarkan di sekitar perkebunan seluas 12 hektar.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)