Malang Ancang-ancang Jadi Destinasi Wisata Halal

0
558
Tugu Kota Malang Jawa Timur (Foto; wisatamalang4wisataindonesia.blogspot.com)

MALANG, bisniswisata.co.id: Pariwisata kota Malang Jawa Timur (Jatim) tak hanya menjual panorama alam, atraksi wisata dan wisata buatan, namun kini berusaha keras menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Dengan lebel wisata halal diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Saat ini untuk menuju destinasi wisata halal masuk tahap persiapan akhir untuk beberapa sektor antara lain kuliner dan perhotelan. Setelah itu siap mendeklarasikan Kota Malang sebagai destinasi wisata halal,” lontar Wali Kota Malang Sutiaji dalam keterangan tertulis, Sabtu (06/10/2018).

Pada 10 Oktober 2018, lanjut dia, Kota Malang akan mendeklarasikan bahwa Malang menjadi destinasi wisata halal. “Keinginan untuk mendeklarasikan Kota Malang sebagai salah satu destinasi wisata halal sesungguhnya sudah digagas sejak dua tahun lalu. Namun, saat itu, Kota Malang kalah bersaing dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),” paparnya polos.

Menurut Walikota Malang, untuk sektor kuliner halal, pengembangan yang akan dilakukan Pemerintah Kota Malang adalah kuliner vegetarian. Pemilihan menu vegetarian atau tanpa daging tersebut, menjamin halalnya produk yang akan dijual untuk wisatawan yang mencari produk halal.

“Untuk hotel halal, bukan syar’i. Hotel halal itu ada arah Kiblat di setiap kamar, tersedia Al-Quran. Sementara untuk kuliner, nanti vegetarian yang halal, aman, dan sehat,” ujar Sutiaji.

Selain itu, pengembangan wisata halal di Kota Malang juga akan dilakukan untuk pasar tradisional, dan mal. Berdasar catatan, sejumlah daerah wisata halal di Indonesia adalah Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here