AIRLINES ASEAN

“Low-cost Carrier” Perdana Raih Bintang 5 SKYTRAX COVID-19

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Menjadi maskapai berbiaya rendah (lowcost carrier) pertama di dunia yang dianugerahi peringkat Bintang 5 oleh SKYTRAX, menegaskan komitmen dan kerja keras karyawan untuk melalui periode yang penuh tantangan ini, dan memberikan keyakinan tambahan kepada pelanggan.

Selain nilai, kenyamanan, kemudahan, dan keamanan, para pelancong mencari jaminan tentang langkah-langkah keamanan maskapai. Dan sejak awal pandemi, Scoot telah menjadikan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas, meningkatkan kualitas pelaksanaan SOP dan memperkenalkan opsi layanan mandiri tanpa sentuhan di seluruh titik kontak. Demikian disampaikan Campbell Wilson, CEO Scoot, dalam keterangan tertulis yang diterima bisniswisata.co.id

Edward Plaisted, CEO SKYTRAX, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Singapore Airlines dan Scoot menyediakan standar kebersihan dan keselamatan pada tingkat tertinggi.  Kedua maskapai telah menerapkan program keselamatan COVID-19 terlengkap untuk memastikan keselamatan pelanggan dan staf mereka di setiap titik perjalanan. Perhatian yang sangat detail terhadap konsistensi inilah yang menjadi faktor kunci Scoot dan Singapore Airlines mencapai Peringkat Keamanan Maskapai Bintang 5 COVID-19 ini. Mampu memberikan jaminan tingkat tinggi kepada pelanggan tentang pengalaman perjalanan yang aman, merupakan faktor terpenting dalam memulihkan kepercayaan terhadap perjalanan menggunakan moda angkutan udara.”

Airlines (SIA) dan Scoot, dua maskapai penumpang dalam Grup SIA, telah dianugerahi peringkat bintang 5 dalam audit keselamatan penerbangan SKYTRAX COVID-19. Audit– penilaian– komprehensif tentang langkah-langkah kesehatan dan keselamatan baik untuk pelanggan dan staf di seluruh jaringan perjalanan udara. Scoot, adalah maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di dunia yang mendapatkan peringkat bintang 5 dari SKYTRAX.

SKYTRAX mengevaluasi lebih dari 190 protokol keselamatan dan kebersihan di SIA dan Scoot selama audit. Termasuk kebersihan di bandara dan penerbangan, langkah-langkah jarak sosial, penggunaan masker wajah dan sanitiser, dan sistem peningkatan kebersihan lainnya. Ini kemudian disertifikasi berdasarkan penyelidikan profesional dan ilmiah terhadap standar maskapai.

Peringkat Keamanan COVID-19 Bintang 5 SKYTRAX, merupakan pengakuan terbaru atas respons terdepan di industri Grup SIA terhadap pandemi COVID-19. SIA dan Scoot telah menerapkan langkah-langkah luas untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan dan staf, dan memastikan tingkat perawatan tertinggi, di seluruh perjalanan ujung ke ujung. Juga telah memperkenalkan solusi digital inovatif untuk meningkatkan pengalaman perjalanan, mengurangi risiko penularan COVID-19, dan mengurangi “bersentuhan” dengan pelanggan.

Lee Lik Hsin, Wakil Presiden Eksekutif Komersial, Singapore Airlines, mengatakan: “Sejak awal pandemi, kami telah meninjau dan memperkuat langkah-langkah kesehatan dan keselamatan di lebih dari 100 titik kontak sepanjang perjalanan perjalanan. Ini akan menjadi proses yang berkelanjutan, karena prioritas kami adalah melakukan segala kemungkinan untuk menjaga pelanggan dan staf kami tetap aman setiap saat.

Peringkat 5 Bintang SKYTRAX adalah pengakuan atas komitmen SIA. SIA telah lama dikenal untuk kualitas produk layanan pelanggan jasa penerbangan. Saat ini, standar kesehatan dan keselamatan kelas dunia juga merupakan bagian integral dari janji layanan kami yang secara bertahap membangun kembali jaringan kami dan menyambut pelanggan kembali ke penerbangan kami.”

Kesehatan dan Keselamatan

SIA dan Scoot telah memperkenalkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang komprehensif untuk memastikan kesejahteraan pelanggan dan anggota staf mereka. Langkah-langkah pra-keberangkatan mencakup penilaian kesehatan penumpang, serta layanan tanpa kontak seperti check-in web, check-in by seluler, dan menu digital dalam penerbangan.

Baik SIA dan Scoot secara teratur menerapkan lapisan anti-mikroba pada permukaan yang sering disentuh termasuk berbagai bagian kabin pesawat seperti toilet, serta area di ruang tunggu SIA. Pada pesawat tertentu, mesin penyemprot elektrostatik yang mengandung bahan desinfektan digunakan untuk membersihkan kabin.

Selama penerbangan, SIA dan Scoot mewajibkan semua pelanggan dan anggota staf untuk memakai masker kecuali mereka sedang makan atau minum. Awak kabin juga wajib memakai kacamata atau pelindung wajah, serta sarung tangan bila diperlukan, termasuk saat berinteraksi dengan pelanggan. Mereka juga diharuskan mengenakan pakaian pelindung pada penerbangan dari sektor tertentu.

Sementara semua surat kabar dan majalah fisik telah dihapus, SIA menawarkan kepada pelanggan e-Library gratis melalui tablet pribadi dan perangkat seluler mereka yang menyediakan akses ke lebih dari 1.000 publikasi global. Layanan makan telah disederhanakan untuk mengurangi kontak, tetapi SIA telah berhasil memperkenalkan kembali favorit seperti sate dan roti bawang putih untuk kelas premium dalam satu nampan.

Scoot memperkenalkan portal dalam penerbangan baru, ScootHub, pada bulan Desember 2020 untuk berfungsi sebagai toko serba ada untuk semua kebutuhan pelanggan dalam penerbangan. Ini juga mengurangi kontak permukaan dan interaksi fisik antara pelanggan dan kru. Dengan ScootHub, pelanggan dapat memesan makanan dan minuman, bermain game, dan menelusuri konten perjalanan yang menginspirasi dari perangkat mereka sendiri.

Semua pesawat SIA dan Scoot dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA), yang menghilangkan lebih dari 99,9% partikel termasuk virus dan bakteri di dalam kabin. Udara kabin disegarkan setiap dua hingga tiga menit selama penerbangan. Pasca penerbangan, headset, penutup sandaran kepala, sarung bantal, sprei, dan selimut diganti pada penerbangan SIA, sedangkan penutup sandaran kepala diganti untuk penerbangan Scoot. Linen dicuci pada suhu tinggi untuk mendisinfeksinya setelah setiap kali digunakan.

Pada Desember 2020, SIA juga meluncurkan uji coba pada proses verifikasi kesehatan digital, yang pertama di dunia yang didasarkan pada kerangka IATA Travel Pass ( Travel Pass Asosiasi Transportasi Udara Internasional). Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menyimpan dan menyajikan informasi terkait tes COVID-19 dengan aman, serta status vaksinasi mereka di masa mendatang. Ini membantu mendukung pemulihan industri yang aman dan terkalibrasi dari pandemi COVID-19. Scoot juga berencana untuk segera menguji coba aplikasi IATA Travel Pass untuk penerbangan tertentu. ***

Dwi Yani

Representatif Bali- Nusra Jln G Talang I, No 31B, Buana Indah Padangsambian, Denpasar, Bali Tlp. +628100426003/WA +628123948305 *Omnia tempus habent.*