INTERNATIONAL

Lomba Masak Inggris, Warganet Malaysia Geram Soal Rendang Ayam

KUALA LUMPUR, bisniswisata.co.id: Masyarakat Malaysia yang geram membela seorang koki kelahiran Malaysia yang tersingkir dari acara televisi kompetisi memasak Inggris pada pada Selasa, 2 April 2018. Para juri mengatakan bahwa hidangan rendang ayam yang disajikannya tidak cukup renyah.

Zaleha Kadir Olpin yang berbasis di Bristol, memasak nasi lemak, hidangan tradisional Malaysia. Nasi itu disajikan dengan rendang ayam di semifinal acara BBC “MasterChef UK”. Para kontestan diminta untuk menyiapkan makanan yang penting bagi mereka.

Juri John Torode dan Gregg Wallace terheran dengan hidangan tersebut. “Kulit ayamnya tidak renyah, ini tidak bisa dimakan. Semua saus ada di kulit yang tidak bisa saya makan,” kata Wallace.

Torode, seorang koki Australia, mengatakan ayam harus “benar-benar lembut, dan dapat terpisah.” Tagar “Masterchef UK” dan “rendanggate” menjadi tren di Twitter saat masyarakat Malaysia yang marah menyerang para juri karena tidak tahu bagaimana rendang ayam pedas harus dimasak.

“Jangan beri tahu kami cara memasak hidangan yang berasal dari bagian dunia ini ketika Anda tidak tahu,” tulis penulis wisata Anis Ibrahim di Twitter. “Ayam rendang tidak pernah renyah,” tambahnya.

Torode membuat Malaysia lebih kesal dengan mengatakan di Twitter bahwa rendang ayam berasal dari negara tetangga Indonesia. Dia kemudian mengakhiri cuitan dengan “namaste,” sebuah sapaan India. “Mungkin Rendang adalah masakan Indonesia!! Saya menyukainya!! Brilian betapa semangatnya kalian semua… Namaste,” tulisnya seperti dilansir Reuters, Rabu (04/04/2018).

Duta besar Inggris di Malaysia, Vicki Treadell, ikut bergabung. Tidak mengherankan dirinya muncul secara diplomatis. “Rendang adalah hidangan nasional Malaysia yang ikonis jangan dibingungkan dengan pilihan masakan Indonesia. Makanan tersebut tidak pernah renyah dan juga jangan dibingungkan dengan ayam goreng yang terkadang disajikan dengan nasi lemak,” katanya.

Politisi Malaysia tidak bisa menahan diri untuk muncul. “Siapa yang makan rendang ayam yang renyah?” tanya Perdana Menteri Najib Razak di Twitter.

Kementerian luar negeri juga tidak ketinggalan. “Ini hal lucu ketika orang asing mencoba untuk mengajar orang Malaysia dengan hidangan tradisional mereka. Ini mendorong kami untuk bertanya apakah ini adalah bentuk ‘rasisme kulit putih’ di media sosial,” kata Menteri Luar Negeri Anifah Aman di sebuah kiriman Facebook. (NDIK)

Endy Poerwanto