NEWS

Lebih Banyak Aturan Perjalanan Domestik yang Dilonggarkan di Australia Jelang Liburan Natal

SYDNEY, bisniswisata.co.id:  Negara bagian Queensland yang bebas virus corona membuka perbatasan domestiknya untuk semua orang yang divaksinasi pada Senin (13 Desember) untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan, saat warga Australia bersiap untuk perjalanan bebas karantina di sebagian besar negara selama masa sibuk periode Natal.

Dilansir dari The Straits Times, ratusan mobil mengantri di perbatasan selatan negara bagian itu dengan New South Wales jauh sebelum aturan ditetapkan untuk dilonggarkan pada pukul 01.00 waktu setempat, tayangan televisi menunjukkan.

Queensland, negara bagian terpadat ketiga di Australia, menutup perbatasannya dengan New South Wales pada Juli dan kemudian bagi orang-orang yang datang dari Victoria untuk melindungi dari wabah varian Delta yang mengguncang bagian timur negara itu selama beberapa bulan.

“Kami akan hidup dengan COVID -19  tetapi dengan persyaratan kami,” kata Perdana Menteri negara bagian Annastacia Palaszczuk di Twitter ketika negara bagian itu mencapai tujuannya untuk membuat 80 persen orang berusia di atas 16 tahun divaksinasi sepenuhnya – prasyarat untuk melonggarkan aturan.

Qantas mengatakan akan menerbangkan hampir 10.000 penumpang ke dan dari Queensland pada hari Senin di sekitar 100 penerbangan, dengan sebagian besar dipesan penuh.

Pelonggaran pembatasan perbatasan terjadi hanya beberapa hari sebelum liburan musim panas sekolah dimulai dan akan menjadi dorongan bagi sektor pariwisata yang menguntungkan negara bagian itu, yang telah terpukul parah oleh pembatasan perbatasan internal.

Negara bagian Australia telah melonggarkan aturan perbatasan setelah mencapai tingkat vaksinasi yang lebih tinggi meskipun ada ancaman dari varian baru Omicron.

Tasmania akan membuka kembali perbatasannya ke negara bagian lain akhir pekan ini, sementara Australia Barat akan mengumumkan rencananya pada Senin malam.

Australia Selatan telah menyambut kedatangan antarnegara bagian sejak akhir November. Australia telah mencatat hampir 229.000 kasus COVID -19 dan 2.104 kematian, jauh lebih sedikit daripada banyak negara yang sebanding.
Sekitar 70 kasus varian Omicron telah terdeteksi di negara itu sejauh ini, terutama di Sydney.

Evan Maulana