Kuliner India Paling Pas Dilidah Turis Indonesia

0
126
Kuliner India (Foto: shopback.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Nama India sangat familiar bagi orang Indonesia. Utamanya karena filmnya yang sejak dulu memenuhi layar lebar dan layar kaca warga Indonesia. Tak mengherankan bila negeri itu menjadi menarik untuk dikunjungi. Beberapa tahun belakangan, banyak turis yang mulai menyerbu negeri Bollywood. Jumlah turis ke India meningkat 18 persen pada 2017.

Masalah klasik para traveler, tak mudah menemukan makanan enak yang pas dilidahnya. Dan travel blogger Indonesia Aris Suhendra selama tiga kali ke India, baru menemukan makanan enak pada perjalanan ketiga. “Pas perjalanan yang ketiga, saya baru menemukan makanan yang lumayan enaklah bagi lidah saya, lidah turis Indonesia,” papar Aris seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (09/11/2018).

Ternyata India dikenal sebagai salah satu negara yang punya banyak ragam kuliner. Makanan khas India juga sudah diterima global. Jadi enggak susah menemukan makanan India di beberapa negara. Biasanya restoran-restoran India di luar negeri menyediakan menu favorit seperti 25 masakan India ini. Mulai dari makanan pokok India seperti nasi biryani sampai camilan khas India seperti panipuri.

Kuliner India yang paling enak dan cocok dengan lidah turis Indonesia, adalah:

#. Kari

India adalah surga bagi para pecinta kari ada sering disebut Rogan Josh atau kari dari daging kambing juga ada Tikka Masala atau kari ayam. Hampir seluruh makanan yang ada di negeri ini dimasak menggunakan daun kari dan rempah-rempah dengan rasa dan aroma yang sangat kuat. “Karinya enak banget sih, nggak nanggung,” ujarnya.

Rogan Josh, biasanya kari yang satu ini disajikan dengan potongan daging kambing tapi ada juga yang memakai ayam ataupun sapi. Bahkan ada Tikka Masala atau kari ayam ini juga sangat terkenal bahkan beberapa chef internasional membuat resepnya. Kari ayam ini dimasak berwarna yoghurt, cream, dan tomat jadi warnanya lebih orange. Tikka masala juga punya rasa kari yang sangat kuat.

#. Butter Chicken
Selain kari, butter chicken menjadi menu pilihan yang bisa membantu Anda saat berada di India. Butter chicken merupakan ayam yang dimasak atau digoreng dengan saus tomat yang direbus halus dan diberi sedikit bumbu rempah-rempah sebagai pelengkapnya. Rempah-rempah tersebut bisa berupa, cengkeh, kayu manis, ketumbar, dan lada.

Butter chicken salah satu makanan khas India favorit yang bisa kamu temukan dimana-mana. Masakan khas India ini bukan ayam mentega seperti yang ada di sajian khas Cina. Makanan yang satu ini lebih mirip dengan kare ala Jepang yang penuh dengan rempah. Menu yang satu ini pasti selalu bisa kamu temukan di restoran yang menjual makanan India.

#. Biryani
Banyak sebutan untuk salah satu makanan khas India yang terkenal hampir di seluruh dunia. Ada yang menyebutnya biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani. Walaupun punya banyak nama nasi biryani ini salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga. Satu hal yang enggak boleh lepas dari nasi briyani adalah beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

Kuliner India lainnya Idli menyerupai pancake atau mirip dengan serabi ala Indonesia. Idli terbuat dari fermentasi lentil dan beras yang dikukus dan biasanya dimakan bersama dengan kari sayuran pedas.

Juga Ayam tandoori ini sama terkenalnya dengan nasi biryani, ayam panggang khas India ini juga jadi favorit orang luar negeri termasuk di Indonesia. Ayam panggang dengan warna khas merah dengan ras gurih ini menjadi salah satu makanan yang wajib dimakan saat berpegian ke India.

Kuliner lainnya adalah Kofta atau bola-bola daging yang sangat terkenal di India. Kalau di negara asalnya kofta biasanya terbuat dari daging kambing. Tapi sekarang sudah banyak modifikasinya bahkan ada kofta untuk vegetarian.

Dan Chloe bhature, masakan bergaya rumahan ini bisa ditemukan dengan mudah di India. Kalau diperhatikan chloe bhature ini mirip dengan kari kacang bedanya kuliner yang satu ini disajikan bersama roti yang punya rasa gurih dan garing.

Selain itu Gajar halwa, menjadi makanan penutup ini juga sangat populer lho, terbuat dari parutan wortel gajar halwa punya rasa unik. Bayangkan saja setelah menyantap makanan India yang penuh bumbu, kamu menutupnya dengan hidangan manis yang terbuat dari wortel yang dicampur susu kental manis. Pasti enak banget kan!

Sementara untuk minumannya ada Lassi. Minuman ini juga sama terkenalnya dengan smoothie ala barat. Lassi ini cara pembuatannya mirip dengan milkshake, bahan-bahan yang digunakan adalah yoghurt dan rempah-rempah. Selain rempah-rempah ada juga lassi yang dicampur dengan buah-buahan. Juga ada Chai Tea berupa Teh rempah-rempah ala India ini juga sangat terkenal bahkan Starbucks sempat punya menu Chai Tea Latte.

Untuk menu camilan samosa yang saat ini banyak digemari masyarakat maupun turis di India. Ada chapati atau serupa dengan roti, es krim kulfi yang terbuat dari susu segar, dan gulab jamun. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.