Kopi Indonesia Cocok dengan Selera Orang Jerman

0
25

Oleh Bagas Hapsoro

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Mengawali kegiatan promosi kopi spesialti di tahun 2021, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin akan mengadakan Coffee Cupping and Tasting di Kantin Diplomasi Kemlu Rabu (27/1).

Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Berlin untuk memperkuat industri kopi nasional di masa pandemi.Inisiatif berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga dan Perwakilan RI di Luar Negeri serta pelaku industri kopi ini bertujuan untuk mempromosikan kopi spesialti Indonesia di niche market

Jerman merupakan pasar besar untuk kopi Indonesia. Selama pandemi ini jumlah orang yang meminum kopi dari rumah adalah 72%. Pasar kopi Jerman adalah senilai US$ 7,7 milyar.

Hal ini perlu dimanfaatkan Indonesia mengingat penduduk Jerman yang berjumlah 82 juta jiwa itu adalah penggemar kopi. Letak strategis Jerman sebagai penghubung ke negara Eropa Utara dan kekuatan ekonomi negara itu juga patut dipertimbangkan oleh Indonesia. 

Berkolaborasi dengan Coffee Lab 5758, Kementerian Luar Negeri RI akan  menyelenggarakan kegiatan Coffee Tasting dan sample yang akan dicoba adalah kopi yang menjadi favorit orang-orang Jerman.

Coffee Lab 5758 akan mengadakan pengkatalogan rasa yang dilakukan dengan metode seduh dan menghasilkan 4 (empat) jenis minuman yang berbeda. Keempat jenis minuman tersebut adalah yaitu Espresso, Americano, seduhan French Press, dan Batch Brewer

Sebanyak 20 sample kopi dari negara-negara tersebut akan diperiksa oleh Coffee Lab 5758 sebuah perusahaan peneliti tanaman kopi di Bandung. Kopi dari Jerman nanti akan di-check apakah ada kemiripan dengan kopi nusantara. 

Apabila ada kemiripan, maka layak untuk dikirim ke Jerman. Keterangan ini berasal dari Adi Taroepradjeka, Ketua Coffee Lab Bandung. Bentuk sample yg nantinya dikirim ke Jerman tidak hanya dalam bentuk green bean, namun juga roasted karena Indonesia sudah memiliki kemampuan untuk itu.

Disarankan untuk kopi specialty dikirimkan dlm bentuk green bean, namun untuk komersial  dapat dikirimkan secara mixed antara green bean dan roasted bean.

Direncanakan Kemdag juga akan melakukan cupping pada tanggal 27 Januari 2021 dan hasil cupping akan disampaikan kepada Kemlu untuk di-wrap up. Adapun, kegiatan cupping ini dianggap bisa diselenggarakan secara parallel dimana Kemlu menyelenggarakan cupping kopi Jerman dan Kemdag cupping kopi nasional. 

Menurut rencana acara ”Coffee Tasting Kopi Terpopuler di Pasar Jerman” , mendengarkan sambutan dari Dubes RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno dan dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi/Sekjen Kemlu Cecep Herawan. 

Penulis adalah:  Mantan dubes Swedia dan Latvia, Kementerian Luar Negeri. Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.