Komunitas Sepeda Gelar Jambore Sepeda Lipat Nasional 2020

0
29
Komunitas Sepeda Lipat Magelang (Foto: Elshinta.com)

MAGELANG, bisniswisata.co.id: Komunitas Sepeda Lipat Magelang (Selima) merangkul Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang menggelar Jambore Sepeda Lipat Nasional 2020 di Kota Magelang Jawa Tengah (Jateng). Jambore ini cukup meriah dan sukses lantaran ditargetkan sekitar 2.020 peseda lipat dari perwakilan penjuru nusantara.

Kegiatan skala nasional bertajuk “Magelang Moncer Serius 2020” ini, juga masuk dalam kalender agenda pariwisata Magelang. Berbagai kegiatan sudah disiapkan selama jambore seperti gowes bareng dengan menikmati potensi-potensi wisata yang ada di Magelang raya. Rencananya juga ada kontes sepeda lipat kategori terbagus dan terjelek serta pentas kesenian.

Event tahunan yang sudah memasuki tahun ke-10 yang dihelat 10 Oktober 2020 ini, bakal membludak bahkan melebihi target. “Namun untuk sementara kita buka kuota sebanyak 1.800 lebih dahulu. Pendaftaran baru kita buka pada Maret yang akan datang,” ungkap Ketua Komunitas Selima, Rusli dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id di Jakarta, Selasa (28/01/2020).

Rusli menjelaskan Kota Magelang merupakan kota kecil pertama yang menjadi tuan rumah jambore tingkat nasional. Sebab, biasanya jambore diadakan di kota-kota besar, seperti yang kesembilan tahun 2019 lalu di Kota Palembang. Di kota Empek-empek itu, jumlah peserta sebanyak 1.500 orang.

“Saat di Palembang, kita langsung dikukuhkan sebagai tuan rumah jamselinas ke 10. Kita sambut baik dan siap untuk menjadi tuan rumah yang baik agar event ini memberi kesan kepada para peserta. Dan kami sebagai tuan rumah mempersiapkan sebaik mungkin agar tidak mengecewakan,” ujarnya.

Diakui, jambore di Magelang ini akan berbeda dibandingkan di daerah lain karena Magelang memiliki destinasi wisata yang sangat keren, ngetop bahkan dikenal dipenjuru dunia. Seperti Candi Borobudur, juga beberapa candi lainnya, wisata gunung Merapi, wisata alam pegunungan, wisata kuliner, agrowisata dan lainnya,

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengaku, menyambut baik rencana Jamselinas pada 10 Oktober 2020. Kota Magelang dinilainya sama seperti sepeda lipat yang berukuran kecil tapi indah.

Windarti mengatakan, Kota Magelang itu small is beautifull. “Sama seperti sepeda lipat yang tak lihat cantik-cantik dan kelihatannya juga mahal-mahal. Maka, kami harap Jamselinas nanti juga menjadi acara yang cantik dan sangat berkesan bagi peserta,” paparnya.

Apalagi, katanya, yang datang banyak dari luar daerah. Bahkan, rencana ada juga dari luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Kegiatan-kegiatan yang sudah disusun pun diharap mampu memberi kesan terbaik bagi mereka, seperti gowes wisata, night ride, dan pentas kesenian.

Ia berpendapat, keberadaan komunitas sepeda lipat ini dapat menjadi salah satu upaya kampanye transportasi menyehatkan. Di tengah isu pencemaran lingkungan, sepeda menjadi pilihan moda darat yang pas untuk mengurangi polusi udara tersebut.

Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono juga memberikan apresiasi terhadap rencana jamselinas ini. “Ini satu kehormatan Kota Magelang menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional,” ujarnya.

Pihaknya juga siap menyambut semua tamu dengan baik, apalagi kegiatan ini untuk mendukung program Magelang `Moncer Serius 2020`. “Diharapkan ada efek gandanya akan dirasakan banyak elemen, seperti pariwisata, hotel, penginapan atau homestay, UMKM, dan lain sebagainya,” sambungnya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.