Komunitas R Club Jajal Balapan di Sirkuit BSD Grand Prix

0
11
Komunitas R Club Jajal Balapan di Sirkuit BSD Grand Prix Tangerang Banten (Foto: Istimewa)

TANGERANG, bisniswisata.co.id: Komunitas R Club diajak PT Honda Prospect Motor (HPM) menjajal sirkuit jalan raya di arena BSD Grand Prix, Tangerang Banten, Ahad (1/12/2019). Event ini dijadikan ajang gelaran seri terakhir Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2019.

Sebanyak 10 mobil anggota komunitas R Club juga berpartisipasi untuk menyelesaikan 3 putaran di sirkuit baru yang untuk pertama kalinya digunakan untuk ajang ISSOM ini. R Club sendiri merupakan komunitas pemilik Honda Civic Type R meramaikan dunia otomotif yang dibentuk tahun 2017.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan komunitas merupakan bagian penting dari keluarga Honda di Indonesia. “Karena itu kami selalu memberikan pengalaman berkesan yang sesuai dengan karakter mobil yang mereka miliki,” Yusak Billy dalam keterangan resminya, Senin (2/12/2019)

Dilanjutkan, lantaran lahir di lintasan balap, acara victory lap di sirkuit balap menjadi ajang yang sesuai untuk merasakan sensasi pengalaman dan performa Civic Type R. Hasilnya sangat menggembirakan, para komunitas R Clun mampu menyelesaikan putaran lintasan tanpa halangan yang berarti.

Sebelumnya, PT HPM juga pernah mengajak komunitas R Club untuk menjajal arena balap Sirkuit Sentul pada musim balap ISSOM tahun 2017 dan Sirkuit BSD pada 2018. “Karena lahir di lintasan balap, acara victory lap di sirkuit balap menjadi ajang yang sesuai untuk merasakan pengalaman dan performa Civic Type R,” kata Billy.

Di Indonesia, model Civic Tipe R telah terjual sebanyak 119 unit semenjak meluncur pada 2017. Model ini merupakan pengembangan dari Civic generasi ke-10, dan tercatat sebagai pemegang rekor mobil berpenggerak depan tercepat di Melbourne, Australia, usai mencatat lap time 2 menit 35,207 detik.

Produk yang dipasarkan dengan harga Rp 1 miliar lebih ini merupakan sebuah mobil dengan transmisi manuan enam percepatan. Transmisi jenis tersebut memang sengaja dihadirkan untuk menunjang akselerasi dari mesin 2 liter dengan turbo engine.

Dengan perpaduan itu, mobil itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 301 PS dengan torsi mencapai 400 Nm. Performa itu pun ditunjang dengan MacPherson Strut pada suspensi depan dan sistem multi-link untuk suspensi belakang. Selain itu, agar pengemudi semakin percaya diri saat harus melakukan deselarasi, produk ini pun didukung dengan Brembo Ventilated Disc pada sektor rem depan.

Ketua Umum R Club, Luckas Dwinanda hingga jumlah anggota R Club Indonesia lebih dari 40 orang. Ia berharap agar anggota komunitas semakin lebar sehingga memudahkan untuk saling bertukar informasi.

“Jumlah anggota R Club terus berkembang saat ini, berawal dari 6 anggota sekarang sudah ada 34 anggota, dan R Club Indonesia menjadi wadah sharing informasi sesama pengguna Type R FK-8. Dan utuk keanggotaan, tidak ada pembatasan usia, siapa saja saja pemilik Honda Civic Type R dapat ikut bergabung serta sifatnya sukarela.,” ungkap Luckas Dwinanda.

“Salah satu contoh kegiatan rutin kita adalah track day bareng, dan yang terpenting R Club Indonesia ini jangan sampai menjadi komunitas yang hanya rutin track day saja, tetapi juga harus melakukan sesuatu yang sifatnya sosial dalam Anniversary yang pertama ini kami melakukan charity untuk korban gempa Palu-Donggala tahun lalu,” sambungnya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.