DAERAH HOTEL NEWS

Kiat Apurva Kempinski Bali Semangati Kalangan Internal & Masyarakat Hadapi Pandemi Global.

CANGGU, bisniswisata.co.id: Memiliki pimpinan yang visioner diekspresikan Danti Yuliandari, Director of Marketing The Apurva Kempinski Bali sebagai berkah untuk menghasilkan berbagai program yang mampu menyemangati internal hotel dan masyarakat luas.

” Jujur saja General Manager kami, Vincent Guironnet, seorang yang visioner dan mampu menyemangati kalangan internal hotel dan masyarakat luas sehingga kami menjadi hotel yang sepanjang pandemi gobal terus beroperasi dan menjadi tujuan liburan masyarakat untuk sejumlah fasilitas hotel secara gratis pula,” katanya.

Danti ingat saat Desember 2019, COVID-19 terdeteksi di Wuhan, maka GM Apurva itu sudah mencanangkan program menjaga higienitas di seluruh aspek hotel dan mensosialisasikannya di lingkungan management dan berbagai depertemen yang ada lewat Crisis Management Support.

” Saat itu kami memiliki sekitar seribuan karyawan baik yang karyawan tetap, staf harian maupun outsourcing dengan 475 kamar. Semua sudah diperingatkan bagaimana menangani masalah kebersihan dann keamanan dari virus bahkan sebelum keluar panduan dari Badan Kesehatan Dunia ( WHO),” ungkapnya.

Pada bulan Febuari-Maret 2020 dikalangan internal hotel sudah bergilir mulai mendapatkan training dan memasuki bulan April-Mei tahun lalu ketika hotel resmi tutup beroperasi maka program training berkaitan  Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE sudah berjalan dengan baik.

” Juni tahun lalu kami hotel yang pertama buka dengan 100 kamar lebih dulu dan jumlah karyawan tinggal 300 orang yang bekerja serabutan saling mendukung karena karyawan harian dan outsourcing yang pertama di rumahkan,” kata Danti.

Pengalaman orang-orang back office mengerjakan pekerjaan operasional hotel bahkan melayani valet parkir, terjun langsung ke restoran untuk membantu tamu sarapan pagi, melayani buffet, membersihkan kamar dan pekerjaan lainnya justru akhirnya membuat mereka menjadi solid dengan team kerja yang minim.

” Kami yang berada di ring satu manajemen akhirnya merasakan sendiri setiap departemen memiliki tingkat kesulitan dan juga fun masing-masing sehingga kami menjadi semangat untuk berjibaku agar tingkat hunian hotel tidak anjlok meskipun 700 kartawan work from home,” kenangnya.

kolambrenang
Kenegahan hotel dengan 475 kamar menghadap laut di kawasan Nusa Dua, Bali. ( Foto repro: Edlyn Damara)

Kreatif, inovatif dan saling respek dengan tugas masing-masing menjadi semangat tinggi di bawah komando Vincent Guironnet. Mereka juga menghasilkan sebuah survey yang dilakukan terhadap 100 tamu hotel mengenai tren berwisata ke depan dan apa yang diharapkan tamu.

Apurva dari bahasa Sansekerta artinya “unik dan megah” sehingga sesuai namanya, Apurva  Kempinsky Bali merefleksikan dedikasi hotel bintang lima ini dalam mempersembahkan hunian unik, dan mewah.

Hotel memiliki identitas dan pilar yang unik dengan menawarkan konsep “Majestic Open Air Theatre” atau teater terbuka yang megah dimana para tamu memiliki kesempatan untuk merasakan keajaiban dari seni budaya dari peninggalan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan di Bali meski baru di lobby hotelnya saja.

” Jangan khawatir, keunikan dan kemewahan ini tidak hanya bisa dinikmati oleh tamu yang menginap di hotel kami. Tamu umum boleh menikmati kemegahan lobby hotel, ” 

Bisa juga menikmati fasilitas kolam renang sepanjang 60 meter, menikmati keindahan restoran koral dengan pemandangan riil bawah laut serta piknik di pantai lewat program Beach Depass Fee, menikmati keindahan laut dari pantai pasir putih dari hotel pinggir laut ini dengan gratis tentunya,” ungkap Danti.

Management hotel ingin menyebarkan semangat pada  masyarakat untuk mendapatkan hiburan di hotel mewah ini ditengah tekanan menghadapi krisis ekonomi dan pandemi global yang belum juga berakhir.

” Untuk Restoran Koral kami buka untuk sesi foto pengunjung saja di siang hari saat tutup dari jam 11.00 – 15.00 WIT. Jadi bisa merasakan sensasi berada diantara ikan-ikan yang bebas berenang di atas kepala kita,” kata Danti.

Tak heran jika lobby hotel Apurva selalu dipadati mobil-mobil pengunjung yang datang dan pergi karena pengunjung bisa puas berfoto ria  di spot-spot foto yang instagramble. Tentu saja dengan syarat mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku. 

Nah butuh pembuktian ? silahkan meluncur kesana dan posting di media sosial masing-masing. Berbagai restoran yang ada juga terbuka untuk umum terutama restoran Jepang, tapi di sini  jangan lupa bayar kalau selesai makan ya.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)