Ketika Harus Bepergian di Tengah Pandemi Global COVID-19

0
29

ATLANTA, AS, bisniswisata.co.id : Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau  Centers for Disease Control and Prevention (CDC) adalah badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat yang berbasis di DeKalb County, Georgia. 

Lokasinya berdekatan dengan kampus Universitas Emory dan sebelah timur kota Atlanta. Badan ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan keamanan publik dengan menyediakan informasi dan mempromosikan kesehatan dengan departemen kesehatan negara dan organisasi lainnya.

CDC memfokuskan perhatian nasional pada perkembangan dan pemasukan pencegahan penyakit dan mengontrol (terutama penyakit infeksi), kesehatan lingkungan, kesehatan dan keamanan pekerjaan, promosi kesehatan, pencegahan luka dan pendidikan untuk mewujudkan Amerika Serikat yang sehat.

Di era pandemi global ini melalui situsnya CDC memberikan panduan Perjalanan Selama COVID-19. Pasalnya bepergian meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan dan menyebarkan COVID-19.  Tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari COVID-19.

Anda bisa tertular COVID-19 selama perjalanan.  Anda mungkin merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi Anda masih dapat menyebarkan COVID-19 kepada orang lain terutama teman perjalanan   termasuk anak-anak.

Bisa menyebarkan COVID-19 ke orang lain termasuk keluarga, teman, dan komunitas Anda selama 14 hari setelah Anda terpapar virus.

Jangan bepergian jika Anda sakit atau jika Anda berada di sekitar seseorang yang terjangkit COVID-19 dalam 14 hari terakhir. Begitu juga, jangan bepergian dengan seseorang yang sedang sakit.

Hal yang patut pertimbangkan sebelum bepergian:

Apakah COVID-19 menyebar di tempat tujuan Anda? Semakin banyak kasus di tempat tujuan maka semakin besar kemungkinan terinfeksi selama perjalanan dan menyebarkan virus kepada orang lain saat Anda kembali.

Apakah Anda tinggal dengan seseorang yang mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19?. Pasalnya jika Anda terinfeksi saat bepergian, Anda dapat menyebarkan virus kepada orang yang Anda cintai saat Anda kembali, meskipun Anda tidak memiliki gejala.

Sebaran COVID-19, warna orangr tertinggi, Kuning tanda sedang dan kuning muda yang terendah

Apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19?

Siapa pun bisa sangat sakit akibat virus yang menyebabkan COVID-19, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dari segala usia dengan kondisi medis tertentu memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit parah akibat COVID-19.

Apakah destinasi Anda memiliki persyaratan atau batasan bagi wisatawan?. Beberapa pemerintah negara bagian, lokal, dan teritorial memiliki persyaratan, seperti mewajibkan orang untuk memakai masker dan mewajibkan mereka yang baru bepergian untuk tinggal di rumah hingga 14 hari. 

Periksa situs web negara bagian  teritorial ( Kabupaten atau provinsi)  kesukuan, dan kesehatan masyarakat lokal untuk informasi sebelum 

Jika Anda bepergian ke luar negeri, periksa Kantor Luar Negeri atau Kementerian Kesehatan tujuan atau Departemen Luar Negeri AS, Biro Urusan Konsuler, halaman Informasi Negara, ikon eksternal untuk detail tentang persyaratan masuk dan larangan bagi pelancong yang datang, seperti tes wajib atau karantina.  .

 Saat bepergian

Selama perjalanan Anda, ambil langkah-langkah untuk melindungi diri dan orang lain dari COVID-19: *Kenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut saat berada di tempat umum. Hindari kontak dekat dengan menjaga jarak setidaknya 6 kaki (sekitar 2 lengan) dari siapa pun yang bukan dari rumah Anda.

*Sering-seringlah mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan (dengan setidaknya 60% alkohol). Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.

Secara global, pada 15 September 2020 hingga pukul 15.57, sedikitnya ada 29.155.581 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, termasuk 926.544 kematian yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berita terkait : https://bisniswisata.co.id/lebih-dari-50-tujuan-global-adalah-pembatasan-perjalanan-tapi-tetap-harus-hari-hati/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.