Keren, Air Terjun di Jawa Timur Meluncur ke Laut

0
34
Air Terjun Toroan, Madura

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Menikmati pesona pantai tak hanya di Bali atau Lombok. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak pantai eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak pantai di Pulau Jawa yang menawarkan keindahan luar biasa.

Salah satunya di Jawa Timur, di provinsi ini kamu bisa menikmati deburan ombak, hamparan pasir putih dan birunya air laut yang akan memanjakan mata. Lokasinya pun tak terlalu jauh, jadi sangat cocok untuk mengisi waktu liburan akhir pekan. Menariknya, pantai di Jawa Timur ini mempunyai air terjun yang berada di bibir pantai. Tentunya hal ini membuat wisatawan yang berkunjung berdecak kagum.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati segarnya air terjun dan nikmat suasana pantai secara bersamaan. Berikut beberapa air terjun di Jawa Timur seperti dilansir laman Liputan6, Rabu (23/10/2019). Antara lain:

Air Terjun Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini diapit oleh dua buah tebing yang tidak tinggi. Uniknya lagi pantai ini memiliki air terjun di pinggir pantai di mana airnya langsung terjun ke pantai selatan Air sungainya sangat jernih dan segar, jadi kamu bisa berendam atau mandi di bawah air terjun sambil menikmati pemandangan laut. Tapi jangan berenang di lautnya, karena pantai ini memiliki ombak besar. Di sekitar pantai Banyu Tibo sendiri telah ada warung-warung yang menjual berbagai makanan jika kita merasa lapar. Selebihnya, sekililing pantai adalah daerah perbukitan yang ditumbuhi oleh rerumputan hijau.

Air Terjun Toroan, Madura

Air terjun Toroan memiliki curahan air terjun yang jatuh ke laut. Air terjun ini mempunyain ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan laut. Selain itu pemandangannya begitu asri dengan dikelilingi pepohonan rindang. Di sini kamu bisa menikmati air terjun sekaligus menikmati deburan ombak pantai laut Jawa. Jika kamu berkunjung sore hari, akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang menakjubkan. Air terjun unik ini terletak di Desa Ketapang Daja, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Air Terjun Pantai Umbul Waru, Blitar

Pantai Umbul Waru terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Untuk mencapai lokasinya sangatlah mudah, karena sudah ada petunjuk untuk menuju tempat wisata tersebut. Namun, kamu harus berhati-hati karena jalur yang harus dilalui masih terjal. Menariknya di pantai ini terdapat air terjun yang jatuh dari atas tebing langsung menuju ke laut. Jika ingin menikmati keindahan air terjun sekaligus pantainya, pengunjung harus menuruni tebing dengan bantuan seutas tali yang sudah di sediakan. Pengunjung akan merasakan sensasi yang tak terlupakan. Namun saat air pasang, pengunjung tidak disarankan untuk turun, karena ombak pantai selatan tergolong besar.

Air Terjun Banyu Anjlok, Malang

Banyu Anjlok memiliki arti Air Terjun, di wisata ini kamu bisa menikmati dua wisata dalam satu tempat yaitu air terjun dan pantai. Namun, pengunjung harus menggunakan sampan untuk mencapai Pantai Banyu Anjlok karena letaknya yang masih tersembunyi dan belum terjamah. Saat mengunjungi pantai Banyu Anjlok kamu harus menyiapkan stamina karena jalanan yang harus ditempuh cukup menguras tenaga. Air terjun Banyu Anjlok berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

 Air Terjun Pantai Karang Bolong, Pacitan
Pacitan memang dikenal memiliki pantai eksotis salah satunya Pantai Karang Bolong. Lokasinya pantai ini tidak begitu jauh dari Pantai Banyu Tibo tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Namanya yang unik ini diambil karena adanya tebing karang yang berlubang alias bolong. Menariknya di sini kamu akan menemukan air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut. Namun saat musim kemarau, air terjun ini tidak nampak karena debit airnya yang kecil. (ndy/Liputan6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.