Kepadatan Jalur Puncak Didominasi Wisatawan

0
118
Kepadatan Lalu lintas menuju obyek wisata alam Puncak Bogor (Foto: .detik.net.id/)

BOGOR, bisniswisata.co.id: Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri, lalu lintas jalur menuju PUcak Bogor, Jawa Barat bergerak melambat. Kepadatan bukan lantaran warga mudik Lebaran, namun didominasi wisatawan yang menghabiskan wakti Libur Lebaran.

Kepolisisan Resor (Polres) Bogor memprediksi akan ada peningkatan arus puncak dari H+2 Lebaran hingga H+5 atau pada Ahad (9/6). Hal tersebut berkaitan dengan lonjakan warga untuk mengunjungi objek wisata yang ada di puncak.

Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Fadli Amri sudah mengantisipasi dengan rekayasa lalu lintas agar kendaraan menuju puncak lancar. Ada dua pilihan bagi kendaraan yang menuju Cianjur, Cimahi atau Bandung untuk tidak melewati jalur puncak. “Kepadatan yang dimulai sejak H+2 telah diantisipasi oleh kami dengan melakukan berbagai rekayasa,” papar Fadli, Selasa (4/6/2019).

Disarankan, para pengendara sebaiknya melalui jalur exit di Cibubur, Jonggol dan tembus di Cianjur atau melalui tol Bocimi dan tembus di Cigombong melalui kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi untuk selanjutnya tembus di Cianjur.

Dan, salah satu rekayasa yang tetap dilakukan dengan pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) sejak Kamis (6/6) hingga Ahad (9/6). Hal tersebut akan dilakukan sejak pagi, tepatnya pukul 07.00 WIB untuk jalur menuju puncak dari arah Jakarta. dan arah sebaliknya sejak pukul 14.00 WIB. “Berkaca dari pengalaman sebelumnya, one way menuju Jakarta bisa hingga pukul 19.00 atau 20.00 WIB,” lontarnya.

Dari arah Jakarta menuju atas (Puncak), sambung dia, hanya akan dilakukan dari pagi hingga siang. Oleh karena itu masyarakat diharapkan bisa mengatur jadwalnya sehingga jangan sampai terjebak ke depannya. “Untuk yang sudah berada di jalan maka akan kita pending di titik-titik tertentu yang sudah kita siapkan,” kata dia.

Puncak memang masih menjadi salah satu primadona destinasi liburan warga Jakarta dan sekitarnya. Lokasi mudah dijangkau, udaranya sejuk dan pemandangan yang indah menjadi alasan utama warga Jakarta memilih jalan-jalan cantik ke Puncak, Bogor. Tapi selain itu, Puncak Bogor juga memiliki tempat wisata menarik yang sayang utuk dilewatkan, berikut daftarnya :

#. Taman Safari Puncak

Taman Safari tidak hanya terletak di pegunungan dengan pemandangan yang indah tapi juga lengkap soal fasilitas permainan, atraksi hewan dan jenis hewan yang ada. Memiliki lahan yang sangat luas, di Taman Safari Indonesia, boboers engga cuma bisa menikmati safari melihat hewan dan memberi makan hewan. Juga dihibur dengan berbagai atraksi hewan yang lucu-lucu mulai dari Tiger Show, Elephant Show, Various Animals Show, Birds of Prey, dan Dolphin Show. Wahana permainannya juga cukup lengkap seperti roller coaster, kincir-kincir, untang-anting, arum jeram dan lainnya.

#. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari merupakan tempat rekreasi keluarga dengan konsep “Recreation and Education Park”. Taman ini menyajikan berbagai macam wahana permainan dan fasilitas, seperti waterpark, wahana permainan air, serta akomadi penginapan berupa hotel dan vila. Di Taman Matahari ini engga cuma bisa mengajak anak-anak puas bermain, tapi juga bisa sambil belajar soal satwa, tanaman, dan juga terdapat taman lalu lintas.

#. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara mungkin salah satu taman bunga terbesar yang ada di Indonesia, disini terdapat bunga warna-warni yang terdiri dari 45 juta jenis bunga! Soal keindahan, jangan ditanya, sejauh mata memandang akan terpesona dengan keindahan taman ini. Di Taman Bunga Nusantara ini, taman-tamannya ditata dengan tema yang menarik, seperti Taman Perancis, Taman Jepang, Taman Bali, Taman Labirin, Taman Mawar, Taman Air, dan Rumah Kaca. Setiap taman tersebut ditata sesuai temanya dan sangat menawan untuk dikunjungi.

#. Agro Wisata Gunung Mas

Melarikan diri sejenak kembali ke alam dengan melihat hijaunya hamparan perkebunan teh tentu sangat menyenangkan. Agro Wisata Gunung Mas menjadi temmpat yang pas untuk menjawab keinginan diatas. Hamaparan luas perkebunan teh dengan udara pegunungan yang segar adalah kenikmatan andalan yang terdapat di sini. Tak hanya memanjakan mata dan hati, tapi juga bisa berkuda sambil menikmati pemandangan pegunungan. Selain itu terdapat jalur trekking untuk menyusuri indahnya kebun teh ini, medannya pun tidak terlalu berat, sangat cocok yang ingin mengenalkan alam pada anak-anak.

#. Telaga Warna

Telaga Warna Puncak Bogor adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Objek wisata ini berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Dilatar belakangi persawahan dan perkampungan penduduk dengan gunung yang menjulang tinggi menambah keindahan panorama alam yang sudah ada. Sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman wisata pada tahun 1972, kawasan Telaga Warna Puncak Pass Cisarua – Bogor, merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang. Salah satu keunikan Telaga Warna sehingga mampu mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri adalah airnya yang dapat berubah-ubah warna. Beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa terdapat tujuh warna air Telaga Warna. Pantulan dari berbagai warna pepohonan di sekitar danau menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan warna tersebut.

#. Fly Indonesia Paragliding

Menikmati wisata alam sambil menguji nyali di ketinggian dengan paragliding dapat menjadi pengalaman tak terlupakan. Anda akan diajak terbang dengan ketinggian 1,3 km di atas permukaan laut sambil melihat hijaunya area Puncak. Jangan khawatir, Anda akan didampingi instruktur profesional selama terbang. Tertarik? Anda bisa datang langsung ke arena paragliding di Jalan Raya Puncak Kilometer 87, Bukit Paralayang, Puncak.

#. Curug Cilember

Curug Cilember memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, keheningan di tengah hutan dengan udara sejuk menjadi sajian utama dari tempat wisata ini. Selain itu, disini juga terdapat 12 jenis kupu-kupu lengkap dengan laboratorium penangkaran kupu-kupu. Dengan hutan pinus yang rimbun, kawasan Curug Cilember kerap menjadi tempat pilihan untuk kegiatan hiking dan tracking. Air terjun Cilember memiliki keunikan karena terdapat tujuh curug (air terjun) berderet yang membentuk pemandangan alam yang sungguh menggoda. Curug Cilember ini berada di kawasan hutan lindung Bogor – Puncak – Cianjur (Bopunjur) dengan ketinggian sekitar 800 meter dpl.

#. Little Venice di Kota Bunga

Tak hanya ada di Italia, Kota Venice yang memukau juga ada di Bogor. Kawasan wisata ini juga dikenal dengan sebutan Kota Bunga, karena mengadaptasi konsep yang mirip dengan Kota Venice di Italia dalam ukuran yang lebih kecil, jadilah orang menyebutnya dengan Little Venice Kota Bunga. Little Venice berlokasi di dalam Villa. Selain bangunan-bangunan khas Kota Venice, Little Venice juga memiliki beberapa miniatur bangunan-bangunan Eropa lainnya. Bahkan, miniatur Dunia Fantasi di Jakarta pun ada di sini. Awalnya, kawasan ini merupakan kawasan penginapan. Keunikan konsepnya yang membuat lokasi ini akhirnya menjadi salah satu tempat wisata di Bogor. Selain menikmati suasana khas Kota Venice, juga bisa menikmati beberapa wahana, seperti perahu, kapal, banana boat, hingga gondola yang menjadi wahana terfavorit. (redaksibisniswisata@gmail.c0m)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.