Uncategorized

Kebangkitan Pariwisata, PATA Lakukan Pelatihan

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Menyusul peluncuran awal Program Tourism Destination Resilience (TDR) atau Program Ketahanan Destinasi Wisata Desember lalu, Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik  ( PATA) meluncurkan kursus Ketahanan Destinasi Pariwisata pekan ini.

Kursus dilakukan dalam lima bahasa; Inggris, Vietnam, Bahasa Indonesia, Khmer, Mandarin dan Cina, dengan bahasa Thailand akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang.

Dilansir dari www.ttrweekly.com , program TDR, yang dilaksanakan oleh PATA dengan dukungan dari Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ), terdiri dari alat dan sumber daya yang tersedia di situs web Pusat Sumber Daya Krisis PATA untuk membantu membangun industri pariwisata yang lebih tangguh.

Ini membantu tujuan pariwisata dan bisnis dalam pemulihan COVID-19 mereka dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk krisis dan tantangan di masa depan.

“Program Ketahanan Destinasi Pariwisata PATA dikembangkan untuk mendukung destinasi dalam membangun fondasi yang kuat untuk keberlanjutan, meminimalkan risiko krisis, dan mengidentifikasi peluang pengembangan kapasitas,” kata CEO PATA Liz Ortiguera.

Menurut dia, hal ini berfungsi sebagai pendidikan holistik untuk manajemen destinasi yang penting bagi semua biro pariwisata pemerintah di tingkat nasional, provinsi, dan lokal.

TDR memungkinkan industri wisata untuk mengembangkan ketahanan dan mengurangi tantangan di masa depan. Dengan ketahanan, akan semakin dekat dengan pembangunan berkelanjutan, tambahnya.

Dampak negatif pandemi COVID -19 terhadap destinasi, bisnis, komunitas, dan lingkungan belum pernah terjadi sebelumnya, dan tidak ada pengelola destinasi atau bisnis pariwisata yang siap menghadapi krisis sebesar ini.

Untuk alasan ini, mempersiapkan tantangan, perubahan, krisis, dan keadaan darurat harus menjadi elemen penting dalam perencanaan dan manajemen pariwisata.

Selama setahun terakhir, para ahli independen PATA telah meneliti, merancang, dan mengembangkan program TDR dengan cermat. Ini akan memberi para profesional pariwisata informasi, strategi, alat, bahan, dan sumber daya yang paling relevan dan terkini untuk membangun ketahanan destinasi.

Program TDR mencakup Kursus TDR, yang terdiri dari 10 modul yang mencakup semua langkah yang diperlukan untuk membangun ketahanan.

Subjek yang dibahas meliputi penilaian risiko, manajemen risiko destinasi, perencanaan darurat dan pasca krisis, pelatihan dan pengembangan kapasitas, pengembangan infrastruktur yang tangguh, penawaran dan permintaan pasar lokal dan regional, diversifikasi penawaran pariwisata, dan keberlanjutan sebagai keunggulan kompetitif.

Peserta yang mengikuti kursus online open-source akan menerima sertifikat setelah menyelesaikan setiap modul dan juga untuk menyelesaikan seluruh kursus jika mereka mencapai skor minimum yang dipersyaratkan dalam kuis akhir.

Evan Maulana