Karya Van Gogh Digelar Lewat Drive-in di Toronto, Kanada

0
18

Ruang pameran drive-in dapat memuat 10 mobil (foto: AFP)

TORONTO, bisniswisata.co.id: Pandemi Covid-19 telah memaksa banyak museum membatalkan atau menunda pameran lukisan. Tapi tidak demikian dengan pameran lukisan Van Gogh di Toronto, Kanada. Penyelenggara muncul dengan ide baru: para pecinta seni boleh menyaksikan karya-karya Van Gogh dari dalam mobilnya (drive-in) di Museum Toronto, Kanada.

“Tentu saja, karena COVID kami harus berpikir kreatif,” kata Corey Ross, co-produser pameran Van Gogh seperti dilansir AFP.

Toronto, kota terbesar di Kanada, secara perlahan mulai melonggarkan aturan lockdown.Pameran lukisan Van Gogh yang digelar minggu ini menempati area gudang yang maha luas: satu area disediakan bagi pengunjung yang lebih suka menikmati lukisan dengan berjalan kaki, tentu dengan aturan jarak sosial yang ketat, dan bagian lain disiapkan sebagai area drive-in bagi pengunjung yang memilih menikmati pameran dari dalam mobil.

“Anda pasti belum pernah memiliki pengalaman seperti ini dari dalam mobilmu,” kata Ross. “Perasaannya hampir seolah-olah mobil itu ‘terbang’ melalui seni.”

Pameran bertajuk “Van Gogh, Starry Night” di Kanada ini digelar berkat dukungan penyelenggara yang telah menggelar pameran serupa di L’Atelier des Lumieres, Paris.

Pameran di Toronto menampilkan konsep digital serupa dengan yang di Paris, yakni karya-karya pelukis Belanda itu diproyeksikan ke dinding dan lantai dengan resolusi yang tinggi.

Ruang pameran drive-in dapat memuat 10 mobil sekaligus. Mobil harus menghadap depan dan pengemudi wajib mematikan mesin karena akan mengganggu pemutaran musik saat karya itu ditampilkan.

Satu paket penampilan karya digelar selama 35 menit, dan pengunjung boleh mengambil foto. Meski pamerannya jauh di Kanada, semoga bagi seniman Indonesia juga bisa jadi inspirasi ya karena kita belum tahu hidup bersama COVID-19.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.