AIRLINES ASEAN

Kapasitas Penerbangan Phuket Naik 70%, Air China Masih Tertinggal

PHUKET,  bisniswisata.co.id: Dari Januari hingga Agustus tahun ini, 9.167 penerbangan domestik dan internasional mendarat di bandara, membawa total 849.406 penumpang – atau rata-rata sekitar 7.400 per hari.

Monchai Tanode, General Manager of Phuket International Airport mengatakan bandara mengharapkan untuk melihat setidaknya 30.000 penumpang per hari mulai November, ketika musim ramai dimulai. Dari jumlah tersebut, lebih dari setengahnya (16.000-18.000) harus orang Thailand, tambahnya.

Dilansir dari Itc.travel, jumlah penumpang di bandara telah melonjak menjadi sekitar 10.000 per hari bulan ini setelah peningkatan wisatawan Thailand yang memesan penerbangan ke Phuket sejak 1 Oktober.

Sementara itu, maskapai penerbangan dari Eropa, Timur Tengah, Skandinavia, Turki, dan Korea Selatan mengatakan akan melanjutkan penerbangan ke Phuket menjelang akhir tahun ini.

“Kami juga mengharapkan penerbangan dari maskapai baru, seperti Aeroflot Rusia, yang akan meluncurkan dua layanan per hari ke Phuket mulai 30 Oktober, dan operator penerbangan carteran Myanmar yang akan terbang ke sini tiga kali seminggu,” katanya.

30 persen penerbangan Phuket yang belum dipulihkan berasal dari China, yang masih memiliki pembatasan perjalanan yang ketat.

Namun, Monchai mengharapkan Bandara Phuket untuk melihat 13 juta penumpang tahun depan sebelum kembali ke tingkat pra-Covid 18 juta penumpang pada tahun 2024.

 

Arum Suci Sekarwangi