Kapal Pesiar Hilang Kendali, 4 Turis Cedera

0
94
Kondisi kapal wisata River Countess yang mengalami kerusakan setelah ditabrak oleh kapal pesiar besar MSC Opera yang gagal berhenti saat merapat ke dermaga di Venesia, Minggu (2/6/2019).(Foto: AFP)

VENESIA, bisniswisata.co.id: Kepanikan terjadi di Venesia, Italia, pada Ahad (2/6/2019). Wisatawan asing serta warga yang berada di pinggir dermaga kota terapung itu berlarian, akibat sebuah kapal pesiar yang hilang kendali. Kapal yang bernama MSC Opera tidak bisa dihentikan sehingga terus melaju dan menabrak dermaga di Kanal Giudecca, San Basilio-Zattere, Venesia.

Dalam beberapa video amatir yang beredar di media sosial, kapal 13 dek itu terus melaju meski sudah sangat dekat dengan dermaga. Suara mesin kapal itu juga terdengar masih menyala saat insiden terjadi. “Ketika kapal semakin mendekat, semua orang mulai berteriak dan berlarian,” kata seorang saksi mata kepada media Italia yang dikutip AFP, Senin (3/6/2019)

Kapal itu berhenti setelah menabrak satu kapal untuk pelancong yang ukurannya lebih kecil dan ujung dermaga. Insiden ini menyebabkan empat turis terluka. Media Italia menyebutkan, korban luka akibat kejadian ini merupakan warga negara Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Mereka berusia 67 hingga 72 tahun

Perusahaan kapal tunda yang menarik MSC Opera ke pelabuhan menyatakan peristiwa ini terjadi akibat ada masalah mesin di kapal mewah itu. Kapten kapal sudah melapor begitu tahu ada masalah di bagian mesin. “Mesinnya tertutup, tapi daya dorongnya masih terus ada. Ini yang membuat kecepatan meningkat,” kata Davide Calderan, pimpinan perusahaan kapal tunda yang menarik MSC Opera, seperti dikutip BBC.

MSC Opera adalah kapal yang berusia 15 tahun. Tabrakan ke dermaga di Venezia bukan insiden pertama yang melibatkan kapal pesiar ini.Pada 2011, kendaraan laut ini sempat berhenti akibat masalah mesin di Laut Baltik saat dalam perjalanan dari Southampton, Inggris, menuju Saint Petersburg, Rusia. Akibat insiden itu, 2.000 orang di kapal harus dievakuasi. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.