Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno Jadi Menparekraf Gantikan Wishnutama

0
11

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo menunjuk mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (22/12/2020) sore.

Pengusaha dan politisi Partai Gerindra ini menggantikan Wishnutama Kusubandio yang dilantik sebagai Menparekraf oleh Jokowi pada 23 Oktober 2019.

Sandiaga Uno hadir di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Senin sore, saat pengumuman perombakan kabinet dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya ingin mengenalkan Bapak Sandiaga Salahudin Uno, beliau dulu adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan saat ini kita akan berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir Antara.

Sandiaga Uno yang lahir di Rumbai Pekanbaru, Riau, pada 28 Juni 1969 itu mengenakan kemeja putih dan jaket biru sebagaimana calon menteri lainnya.

Bahkan juru bicara Sandiaga, Kawendra Lukistian sempat menyampaikan bahwa siapapun yang menempati pos Kemenparekraf mendapatkan tantangan yang sangat berat di tengah pandemi.

Lulusan Wichita State University, Kansas, AS ini akan memimpin Kemenparekraf. Salah satu tugas utamanya adalah menekan dampak pandemi COVID-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain Sandiaga, ada beberapa wajah baru dalam Kabinet Indonesia Maju. 

“Pada sore hari yang berbahagia ini, bersama Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi.

Berikut daftarnya:  

– Menteri Sosial: Tri Rismaharini atau Risma.

– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno.

– Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin.

– Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas.

– Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono.

– Menteri Perdagangan: Muhammad Lutfi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.