Jokowi: Pembangunan Bandara Yogya Tercepat di Indonesia

0
72
Presiden Jokowi meninjau Bandara Internasional Yogyakarta (Foto: Setkab.go.id)

KULONPROGO, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresi pekerjaan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta tergolong cepat selesai, bahkan yang tercepat di Indonesia. “Ini cepat sekali ini, cepat sekali. Sangat cepat sekali. Saya tadi lihat pekerjaan kualitasnya juga sangat baik,” lontar Kepala Negara meninjau pembangunan terminal keberangkatan internasional bandara internasional Yogyakarta di Kulonprogo, Kamis (29/08/2019).

Selain cepat, sambung Presiden Jokowi, Bandara ini sangat besar sekali, terminalnya total 219.000 m2 jauh lebih luas dari Bandara Adisucipto. Bahkan bandara ini mampu menampung 20 juta penumpang per tahun. Jumlah ini meningkat sangat drastis dibandingkan dengan bandara lama yakni Bandara Adisutjipto yang hanya mampu menampung 1,8 juta penumpang per tahun.

“Lompatannya berapa kali dari 1,8 menjadi 20 juta. Jadi bayangkan. Ini akan diselesaikan Desember 2019 kemudian plus nanti dihubungkan dengan kereta, selesai Maret. Lebaran sudah bisa operasi full 100 persen,” sambungnya dengan penuh optimis.

Dilanjutkan, Bandara Internasional Yogyakarta akan terkoneksi kereta, tol, terkoneksi semuanya. Selain itu, yang paling penting tambahan slot yang besar itu akan diberikan kepada penerbangan-penerbangan luar negeri. Sehingga semakin banyak turis yang datang ke Indonesia, khususnya ke Yogyakarta dan sekitarnya.
“Jadi kelak, Bandara Internasional Yogyakarta ini bisa didarati pesawat besar, seperti triple 7 karena memang kualitas runwaynya sangat bagus,” ungkapnya.

Mengenai koneksi dengan moda transportasi lain, Presiden Jokowi menargetkan kereta api selesai 2020 Maret. Tolnya menyusul. “Semuanya akan terkoneksi. balik lagi ini saya desain besarnya kelihatan satu persatu diselesaikan. Ini rampungkan dulu ya,” ujarnya seperti dilansir laman Setkab.go.id.

Saat peninjauan, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Presiden tiba sekitar pukul 10.00 WIB, disambut Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda DIY Irjen Pol. Ahmad Dhofiri. Presiden langsung melakukan peninjauan fasilitas bandara didampingi oleh Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I Bapak Lukman. Usai meninjau bandara, Presiden Jokowi rencana membagikan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di GOR WR Supratman, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.