Jelang Akhir Tahun, Paket Wisata Mandeh Diserbu Wisatawan

0
333
Pulau Sutan, di kawasan wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat p (Foto: KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

PAINAN, bisniswisata.co.id: Wisatawan dalam maupun luar negeri mulai menyerbu paket wisata akhir tahun di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Serbuan wisatawan ini lantaran promosi Mandeh kian gencar, bahkan sudah menjadi Instagramable karena seringnya wisatawan milenia memposting keindahan Mandeh di Medsos.

Pemilik biro perjalanan wisata Asila Tour, Elfi Wahyuni mengakui sepekan terakhir banyak wisatawan memesan paket wisata untuk mengisi libur akhir tahun di Kawasan Mandeh. “Kondisi ini persis seperti tahun sebelumnya dimana sejak akhir Oktober banyak wisatawan memesan paket wisata. Terdapat beberapa paket wisata yang bisa dinikmati wisatawan di Kawasan Mandeh,” lontar Elfi.

Dilanjutkan paket wisata itu mulai menginap di pulau, berkeliling pulau dengan kapal wisata, makan siang dan makan malam di pulau, berenang, snorkeling, terjun bebas, mendaki, permainan air seperti banana boat, jet ski, donat boat, memancing dan lainnya. “Paket dihargai mulai Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per orang tergantung jenis paket dan fasilitas yang dipesan wisatawan,” lontarnya.

Paket wisata itu sekaligus tersedia asuransi sehingga wisatawan lebih nyaman ketika menikmati keindahan pulau-pulau dan menjajal berbagai permainan air. Sementara itu, pemilik biro perjalanan wisata lainnya, Wisland Tour, Hendra mengatakan hal serupa, pihaknya juga sudah kebanjiran pesanan paket wisata, tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Mawardi Roska menyebutkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Pada 2016, sebanyak 1,98 juta wisatawan domestik dan 1.700 wisatawan mancanegara mengunjungi daerah itu.

Selanjutnya mengalami peningkatan pada 2017 dengan jumlah kunjungan wisatawan domestik 2,3 juta dan wisatawan mancanegara masih 1.700. “Pada tahun ini kami menargetkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara mencapai 3,5 juta,” ujarnya seperti dilansir laman Republika, Selasa (23/10/2018).

Tercatat ada banyak objek Wisata menghiasi kawasan wisata bahari Mandeh. Sayangnya, belum diexpose bahkan masih ada yang perawan karena masih belum banyak dijamah orang. Namun ada lima destinasi wisata bahari di Kawasan Mandeh yang ngehits. Di kawasan ini, para pengunjung dapat menikmati udara bersih, laut biru, angin pantai semilir, rindangnya pohon kelapa sehingga menimbulkan efek relaksasi. Didaerah ini juga surganya para penyelam.

1. Puncak Nona

Puncak nona atau sering disebut juga puncak kawasan mandeh, sebelum anda sampai ke dermaga carocok tarusan anda bisa berselfie di daerah ini juga untuk cuci mata dengan keindahan kawasan mandeh dari ketinggian, pemandangan kawasan mandeh ini sangatlah indah hingga orang menyebutnya dengan raja ampatnya sumatera barat.

2. Pulau Sironjong Gadang

Para wisatawan akan berangkat dari dermaga carocok untuk mengunjungi pulau seronjang gadang yang merupakan tujuan pertama. Sironjang gadang adalah pulau yang indah dan masih sangat alami disini anda bisa melakukan snorkling atau pun berenang.

3. Pulau Sironjong ketek

Pulau batu cadas yakni pulau sironjang ketek, anda di sini bisa melakukan cliff jumping(terjun bebas dari ketinggian ke air laut) dan juga melakukan snorkling.

4. Desa Kapo Kapo dan Hutan Mangrove

Wisatawan melihat hutan mangrove yang cantik sambil melakukan makan siang tentunya itu sangat menyenangkan.

5. Pulau Sutan

Pulau yang sangat indah dan memiliki pasir yang putih serta lembut disini anda bisa melakukan waterspot yakni seperti banana boat, donat boat, kupu kupu atau jet ski. (EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here