HOTEL NEWS

Inovasi  Pariwisata ? Bagaimana Mengambil Langkah Selanjutnya .

CHESTER, UK, bisniswisata.co.id: Salah satu dari sedikit industri yang selalu berubah dan berkembang adalah pariwisata. Pengalaman bepergian hari ini sama sekali berbeda dari 10 atau bahkan 5 tahun yang lalu dan tentu saja, karena pandemi, lebih banyak perubahan pasti akan terjadi.

Oleh karena itu, inovasi dalam pariwisata sangat penting bagi semua profesional di sektor ini. Laju evolusi industri disebabkan oleh fakta bahwa industri tidak dapat berfungsi tanpa kemajuan teknologi.

Meskipun biro perjalanan dulu memainkan peran penting dalam penjualan dan promosi destinasi wisata, saat ini strategi penjualan melibatkan lebih sedikit investasi dengan keuntungan yang sangat nyaman dalam hal memposisikan merek secara global.

Dilansir dari Tourism-review.com, selain pemasaran, pengenalan aplikasi seluler, platform akomodasi pribadi baru, mesin telusur global (mesin metasearch), dan kecerdasan buatan telah memaksa seluruh industri untuk menjalani proses inovasi yang konstan.

Apa Itu Inovasi

Tapi apa sebenarnya ‘inovasi dalam pariwisata’? Bagaimana mungkin berinovasi dalam industri yang tampaknya berjalan lebih cepat dari kita? Mengapa inovasi sangat relevan untuk pariwisata?

Menurut definisi, inovasi adalah kreasi konstan dari ide dan solusi yang diterjemahkan ke dalam produk, layanan, atau praktik bisnis yang dapat dimonetisasi. Mengapa inovasi begitu penting? Karena itulah kunci keberlanjutan bisnis pariwisata.

Profitabilitas

Menawarkan produk dan / atau layanan baru yang lebih baik yang disesuaikan dengan kebutuhan modern dengan menggunakan teknologi yang tersedia memungkinkan merek Anda menonjol dari persaingan. Pendekatan ini diterjemahkan menjadi lebih banyak pelanggan, loyalitas dan, dalam jangka panjang, hasil keuangan yang lebih besar.

Citra Publik yang Lebih Baik

Semakin inovatif suatu perusahaan, semakin baik posisinya di sektornya sendiri; dan semakin kuat reputasinya, semakin besar jangkauannya dalam pasar. 

Perusahaan yang inovatif akan menjadi standar yang harus diikuti, jadi menjadikan perusahaan Anda pemimpin dalam inovasi tidak hanya akan menghasilkan pelanggan baru dan lebih baik, tetapi juga menarik sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Inovasi Teknologi dalam Pariwisata

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk membicarakan inovasi teknologi dalam pariwisata selain saat pandemi. Krisis yang disebabkan oleh COVID-19 telah sangat memengaruhi hotel, restoran, dan bisnis pariwisata, karena pembatasan perjalanan.

Lokdown dan durasi pandemi telah menyebabkan jutaan kerugian tanpa skenario pemulihan yang jelas ke depan. Inovasi adalah landasan untuk menawarkan nilai tambah dan diferensiasi, yang tidak hanya menarik pelanggan, tetapi juga mempertahankan mereka.

Internet untuk segala

Internet of Things (IoT) mengacu pada koneksi yang dapat dibuat antara pengguna dan objek / perangkat. Contoh bagus dari IoT yang digunakan dalam pariwisata adalah salah satu hotel Hilton: jaringan hotel saat ini sedang mengembangkan aplikasi seluler di mana semua tamu dapat mengelola detail terkait masa inap mereka, mulai dari check-in hingga layanan kamar.

Design Thinking

Dengan cara yang sama Anda dapat menggunakan IoT untuk keuntungan Anda, penting juga untuk mempertimbangkan pemikiran desain saat mengembangkan alat untuk klien. Apa tujuannya? Untuk mendapatkan desain dari tim multidisiplin yang memperhitungkan kebutuhan dan tantangan pengguna sebenarnya.

Pemetaan Video di Restoran

Agak aneh, tetapi gagasan untuk memproyeksikan animasi 3D di meja restoran dengan tujuan membuat penantian lebih menyenangkan telah menarik perhatian pengunjung. 

Apakah itu akan meningkatkan penjualan? Tidak pada awalnya, tetapi pengunjung pasti akan menikmati pengalaman tak terlupakan yang akan dibagikan dengan kenalan mereka, yang kemudian dapat diterjemahkan ke lebih banyak klien dalam jangka menengah atau panjang.

Pengalaman pengguna

Pengalaman pengguna terdiri dari merancang dan merencanakan produk atau layanan sambil memikirkan perasaan yang ingin Anda bangun pada pengguna.

Inovasi Juga Berarti Memiliki Perhatian terhadap Detail

Detail kecil membuat perbedaan antara produk atau layanan yang baik dan yang terbaik, dan industri pariwisata adalah buktinya: kopi yang disajikan dengan susu nabati buatan sendiri, hotel yang menggunakan Alexa atau Google sebagai asisten tuan rumah.

Akomodasi yang berkomunikasi dengan klien melalui aplikasi perpesanan untuk menghindari kontak manusia (sangat nyaman selama masa pandemi); ide berlimpah dan pelaksanaannya memungkinkan kita untuk tetap kompetitif.

Gamifikasi

Strategi inovatif lainnya dengan hasil yang terbukti adalah gamifikasi. Ini terdiri dari memperkenalkan dinamika game di aplikasi atau produk untuk membuat pengalaman pengguna lebih menyenangkan, sederhana, dan tak terlupakan.

Terakhir, perlu diingat bahwa dalam hal inovasi, tidak ada formula ajaib. Apa yang kami tahu adalah bahwa dengan berjuang untuk kesempurnaan melalui perubahan dan perbaikan, perusahaan dapat menonjol dari yang lain dan akan mampu maju bahkan di saat krisis.

 

Arum Suci Sekarwangi