AIRLINES INTERNATIONAL

Industri Penerbangan Sambut Jeda Peluncuran Sistem Perbatasan Baru untuk Uni Eropa

JENEWA, bisniswisata.co.id:Airport Council International ( ACI) Eropa, A4E, ERA, dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) sambut baik keputusan untuk menunda penerapan sistem perbatasan cerdas baru Uni Eropa untuk warga negara non-UE (yaitu Entry Exit System, EES).

Sistem EES akan menjadi pengubah permainan untuk bagaimana perbatasan UE dikelola. Namun, ada sejumlah masalah yang harus diselesaikan untuk memastikan peluncuran dan pengoperasian sistem baru yang lancar sehingga penumpang udara tidak menghadapi gangguan.

Masalah-masalah ini meliputi:

Adopsi yang lebih luas dan penerapan otomatisasi yang efektif di titik-titik lintas batas nasional oleh otoritas nasional,

Pendanaan oleh negara-negara anggota untuk memastikan jumlah staf dan sumber daya yang terlatih dikerahkan untuk mengelola perbatasan eksternal UE, khususnya di bandara,

Penyebaran sumber daya yang memadai untuk mendukung penerapan prosedur baru oleh bandara dan maskapai penerbangan, dan

Perlunya kampanye komunikasi publik untuk mengingatkan warga negara ketiga terhadap persyaratan baru.

Industri penerbangan sepenuhnya mendukung peluncuran EES dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan UE dan otoritas nasional untuk implementasi yang berhasil.

Tetapi penting bagi UE dan otoritas nasional untuk mengatasi masalah industri dan memberikan koordinasi yang efisien untuk implementasi yang efektif.

Ini termasuk EU-LISA (badan yang bertanggung jawab untuk mengelola sistem) yang memperkuat komunikasinya dengan industri, dan dengan mitra internasional seperti AS, untuk memastikan sistem TI terhubung dan kompatibel.

Menunda implementasi hingga setelah periode musim panas 2023 yang sibuk akan memberikan kesempatan kepada maskapai penerbangan, bandara, UE, dan nasional untuk menyelesaikan masalah ini dan memastikan sistem diuji sepenuhnya.

Oleh karena itu, kami mendesak semua pihak yang terlibat untuk memanfaatkan waktu ekstra yang sekarang tersedia dengan sebaik-baiknya untuk mengatasi masalah-masalah yang belum terselesaikan dan memastikan sumber daya yang cukup dikerahkan untuk pengenalannya.

Tanggal mulai baru untuk EES harus ditetapkan untuk memastikan operasi penerbangan yang lancar dan khususnya pemrosesan penumpang yang bebas masalah di bandara. Ini akan membantu memberikan penghematan waktu yang diidentifikasi oleh Komisi Eropa sebagai manfaat terbesar dari EES.

Membangun kepercayaan wisatawan dengan peluncuran EES yang efektif sangat penting bagi sektor penerbangan karena melanjutkan pemulihannya.

 

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin RedaksiĀ dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)