Industri Penerbangan Menyetujui Pembebasan Penggunaan Slot Vital

0
28

JENEWA, bisniswisata.co.id:  Worldwide Airport Slot Board (WASB), yang terdiri dari Airports Council International (ACI World), International Air Transport Association (IATA), dan Worldwide Airport Coordinators Group (WWACG) merilis rekomendasi bersama untuk pembebasan penggunaan slot bandara untuk musim panas utara 2021.

Organisasi tersebut meminta regulator di seluruh dunia untuk sementara waktu mengadopsi aturan slot yang lebih fleksibel sejalan dengan rekomendasi secepat mungkin untuk menjaga konektivitas transportasi udara yang penting.

Akibat jatuhnya permintaan dari krisis COVID-19, sekitar 65% koneksi langsung dari kota ke kota lenyap pada kuartal pertama tahun 2020. Bandara yang diatur slot melayani hampir setengah dari semua penumpang dan merupakan tulang punggung dari jaringan maskapai penerbangan berjadwal global.

Namun pemulihan tidak mungkin dilakukan sementara tidak ada kepastian tentang aturan yang mengatur penggunaan dan retensi slot bandara. Aturan slot yang ada tidak pernah dirancang untuk mengatasi keruntuhan industri yang berkepanjangan.

Regulator untuk sementara menangguhkan aturan untuk Musim Panas dan Musim Dingin 2020 untuk memberikan ruang bernapas yang vital bagi industri. Namun, lalu lintas udara internasional diperkirakan hanya akan kembali ke sekitar 25% dari level 2019 pada musim panas 2021.

Untuk menjaga konektivitas sementara lalu lintas udara pulih, sistem pengaturan slot yang lebih fleksibel sangat penting. Worldwide Airport Slot Board (WASB) merupakan forum untuk mempertemukan perwakilan dari bandara, komunitas maskapai dan koordinator slot.

Mereka menyepakati posisi pada aturan slot dan telah mengerjakan proposal kepada regulator yang menjaga yang terbaik dari aturan yang ada, sambil memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk membantu pemulihan.

Posisi WASB merekomendasikan hal berikut diadopsi sebelum akhir tahun 2020:

– Maskapai yang mengembalikan serangkaian slot penuh pada awal Februari akan diizinkan untuk mempertahankan hak mengoperasikannya pada musim panas 2022.

– Ambang batas pengoperasian yang lebih rendah untuk mempertahankan slot di musim berikutnya. Dalam kondisi industri normal ini ditetapkan pada 80-20. WASB merekomendasikan ini diubah menjadi 50-50 untuk Musim Panas 2021.

– Definisi yang jelas untuk tidak dapat digunakannya slot. Misalnya, keadaan sebagai akibat penutupan perbatasan jangka pendek atau tindakan karantina yang diberlakukan oleh pemerintah.

“Sangat penting bagi regulator untuk segera mengadopsi proposal WASB dengan basis yang diselaraskan secara global. Maskapai dan bandara membutuhkan kepastian karena mereka sudah merencanakan musim panas 2021 (yang dimulai pada bulan April) dan harus menyetujui jadwal.

Penundaan dalam mengadopsi aturan baru akan semakin merusak industri pada saat keuangan industri, dan 4,8 juta pekerjaan di transportasi udara, tergantung pada benang, ”kata Alexandre de Juniac, Direktur Jenderal dan CEO IATA.

“Menciptakan pendekatan yang kompatibel secara global untuk masalah krusial slot bandara yang merupakan bagian penting untuk mendukung pemulihan penerbangan.

Posisi bersatu industri transportasi udara tentang apa yang perlu dilakukan untuk melindungi konektivitas dan pilihan untuk kepentingan penumpang merupakan sinyal yang jelas bagi regulator tentang urgensi situasi yang ekstrim. Tindakan diperlukan sekarang karena penundaan apa pun membuat pemulihan transportasi udara, dan ekonomi global, lebih sulit.

“Kami membutuhkan regulator untuk mengenali krisis yang kami hadapi dan bertindak dengan cepat dan fleksibel, ”kata Luis Felipe de Oliveira, Direktur Jenderal ACI World.

WWACG menyambut baik kemungkinan untuk bekerja sama dengan IATA dan ACI World untuk persiapan musim panas 2021. Otoritas yang relevan harus mengambil tindakan yang tepat untuk mengamankan industri penerbangan dari prediktabilitas yang diperlukan dalam proses perencanaan di masa-masa luar biasa ini untuk seluruh industri, ”kata Fred Andreas Wister, Ketua WWACG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.