IFANCA: Yuk Pahami Halal Sebagai Sebuah Institusi

0
13

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Sertifikasi halal lebih dari sekadar logo dan lebih dari persyaratan peraturan – itu adalah kepemimpinan yang dipikirkan, lembaga yang berkelanjutan, komunitas yang berkomitmen dengan kemitraan yang berdedikasi, kepatuhan terintegrasi, dan mesin pertumbuhan ekonomi Islam global. 

Ini memungkinkan ketahanan pangan dan keadilan gizi bagi seperempat populasi dunia. Perkem –bangan ekonomi halal bergantung pada infrastruktur yang kokoh.

Di bidang makanan, farmasi, dan kosmetik, hal ini melampaui pemahaman bahan. Ini termasuk mengembangkan pedoman dan persyaratan halal dan memelihara program kepatuhan yang ketat untuk mendapatkan kepercayaan dan kepercayaan dari semua pemangku kepentingan.

Pangan dan gizi adalah kebutuhan dasar manusia. Bagi umat Islam, mengonsumsi produk halal bukanlah pilihan, ini masalah iman. Setiap orang berhak atas akses nutrisi esensial. Sertifikasi halal memungkinkan hal ini bagi lebih dari satu miliar konsumen.

Membuka jalan bagi ekonomi halal

Dewan Makanan dan Gizi Islam  Amerika (IFANCA®️) didirikan pada tahun 1982 untuk memenuhi kebutuhan konsumen halal dalam lanskap global yang berubah. Sejak awal, IFANCA telah menjadi yang terdepan dalam menemukan solusi untuk masalah yang kompleks.

Ketika komunitas halal global mengkhawatirkan penggunaan alkohol dalam perasa dan barang konsumen, IFANCA melakukan tes organoleptik, pada 1986, untuk menentukan tingkat di mana ia tidak memiliki dampak sensorik yang dapat dideteksi. Saat ini, tingkat tersebut telah diadopsi oleh sebagian besar badan pengatur dan dimasukkan ke dalam standar.

Saat komunitas halal berjuang dengan kehadiran gelatin dalam makanan dan farmasi, IFANCA mengembangkan sistem penelusuran yang melacak produksi dan pergerakan dari sapi ke konsumen, sehingga pengguna dapat mempercayai bahwa suplemen nutrisinya tidak diragukan lagi Halal.

Ketika pemerintah AS memutuskan untuk menyediakan makanan halal dan halal bagi para tentara, kami bekerja sama dengan industri makanan, khususnya dengan perusahaan bernama My Own Meals (R) untuk mengembangkan makanan siap makan bersertifikat Halal (MRE). 

Selain itu, hal ini memungkinkan ketersediaan pangan untuk diberikan kepada umat Islam di daerah yang terkena bencana alam atau bencana akibat ulah manusia.

Di sisi teknologi baru, IFANCA bersertifikat halal, bahan GMO pertama di dunia, enzim chymosin, membuat produksi produk keju bersertifikat Halal lebih mudah dilakukan.

Praktik terbaik IFANCA telah diterapkan oleh para pemain industri utama seperti Abbott, Pepsico, Coca Cola, Pfizer, dan Cargill. Bekerja dengan badan sertifikasi halal di seluruh dunia, pekerjaan rintisan kami terus berlanjut.

Sejak 1999, IFANCA telah menjadi tuan rumah konferensi tahunan yang mempertemukan industri, regulator, dan badan sertifikasi untuk menangani masalah-masalah utama di bidang regulasi halal.

Bekerja sama dengan regulator dan pemberi sertifikasi, kami mendirikan World Halal Food Council, sebuah organisasi keanggotaan global yang bekerja untuk meningkatkan kerja sama di antara pemberi sertifikasi halal.

Kami telah membangun komunitas halal global yang berkomitmen untuk menjadikan halal sebagai andalan dalam praktik terbaik regulasi industri. 

Bagi klien kami, kami bukan hanya pemberi sertifikasi, tetapi juga mitra yang merupakan kunci keberhasilan program kepatuhan. Pedoman IFANCA telah menyentuh setiap bagian rantai pasokan – dari bahan mentah hingga barang jadi.

Sebagai pengakuan atas upayanya, IFANCA menerima penghargaan Ekonomi Islam Global dari Dubai pada tahun 2013, untuk kepatuhan dan standardisasi halal.

Pekerjaan kami memainkan peran penting dalam praktik mengonsumsi produk halal bagi miliaran konsumen halal di seluruh dunia.

Dari pasar negara berkembang hingga negara maju, dari supermarket hingga santapan kampus, IFANCA menangani tantangan ketahanan pangan dan keadilan gizi.

Ke depan, IFANCA akan melanjutkan pekerjaannya untuk menyelaraskan standar lebih lanjut dan untuk berbagi praktik terbaik dengan semua pemangku kepentingan. 

Dengan mitra kami dalam industri dan regulasi, kami berharap dapat membangun penerimaan yang lebih besar terhadap produk halal di antara semua konsumen.

Ini merupakan perjalanan yang luar biasa dan  hanya mungkin terjadi dengan kemitraan antara badan sertifikasi dan akreditasi, regulator pemerintah, pendidik, pemasar, importir, eksportir, produsen, dan pelanggan.

Di IFANCA, kami sangat bangga dengan pekerjaan yang kami lakukan – karena sertifikasi halal lebih dari sekedar logo dan lebih dari persyaratan peraturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.