HPI Raja Ampat: Berdayakan Pemandu Wisata Lokal

0
66
Presiden Joko Widodo melihat pemandangan indah kawasan wisata Raja Ampat dalam rangkaian kunjungannya ke Papua Barat, Jumat (1/1). Presiden Jokowi berada di Raja Ampat dalam rangka menyambut pergantian dari tahun 2015 menuju ke tahun 2016. ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto/nz/15.

WAISAI, bisniswisata.co.id: Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, meminta biro perjalanan atau travel yang membawa wisatawan nusantara (Wisnus) maupun mancanegara (Wisman) ke Raja Ampat hendakya memberdayakan pemandu wisata lokal.

Ketua HPI Raja Ampat Ranny Iriani Tumundo mengatakan bersama pemerintah terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia pemandu wisata lokal. Hal itu dilakukan agar pemandu wisata lokal diberdayakan sekaligus diberi kepercayaan penuh oleh berbagai pihak terutama biro yang mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Raja Ampat.

“Tidak hanya biro perjalanan, juga berharap kepada pemerintah daerah jika ada tamu kunjungan pemerintahan yang ingin melintasi Raja Ampat dapat pula memberdayakan pemandu wisata lokal yang sudah dibina selama ini,” lontar Ranny di Waisai, Papua Barat

HPI Raja Ampat, kata dia, sepanjang 2018 telah melakukan berbagai program pelatihan bagi pemandu wisata setempat, antara lain latihan Bahasa Inggris, pelatihan kepemanduan wisata, pelatihan mengenal satwa yang dilindungi, dan pelatihan tanggap darurat jika terjadi kecelakaan saat perjalanan wisata di Raja Ampat.

Latihan tersebut melibatkan berbagai pihak, yakni lembaga Golden Gate Education untuk pelatihan Bahasa Inggris, Basarnas untuk pelatihan tanggap darurat kecelakaan, dan Flora Fauna Internasional untuk pengenalan satwa dilindungi, sambungnya seperti dilansir laman Antara, Kamis (22/11/2018).

“Pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemandu wisata lokal sehingga pelayanan yang diberikan bagi wisatawan benar-benar berkualitas,” ujar dia. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.