Batik Iron Man ala Ridwan Kamil

0
219
Ridwan Kamil

BANDUNG, bisniswisata.co.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau akrab dipanggil Kang Emil, salah satu kepala daerah yang menjadi selebritas di media sosial. Lelaki berusia 47 tahun selalu mengabarkan aktivitas kesehariannya dengan caption nyeleneh sehingga tak jarang memancing keingintahuan follower-nya.

Dalam akun instagramnya @ridwankamil pada Kamis (22/11/2018), Emil memposting foto dirinya tengah mengenakan batik warna hitam berpadu dengan corak batik megamendung warna putih kuning khas Cirebon, Jawa Barat. Batik ini diproduksi rumah batik ternama di Jawa Barat yakni Batik Trusmi.

Batik yang dikenakan memang bermotif unik, nyentrik bahkan menarik. “Selamat pagi. Desain batik “Iron man” ini keren nggak?” ucap Emil, di akun Instagram-nya. Sambutan positif dari warganet langsung disukai 186 ribu pengikutnya dan dikomentari lebih dari 4 ribu orang.

Batik ini didesain sendiri oleh mantan Walikota Bandung. Bagian depan ada senjata tradisional Jawa Barat, kujang ada delapan gambar kujang dibuat seperti semburat sinar matahari. Di tengahnya lingkaran kujang terdapat dua lingkaran bertumpuk warna putih dan orange. Kalau ditelisik lebih jelas memang dua lingkaran bertumpuk itu mirip telor ceplok.

“Saya senang kujang, pola megamendung. Tapi, senang juga telor ceplok, karena saya makan tiap pagi. Saya desain sendiri batik ini,” ungkap bapak dua anak Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Di tangan Kang Emil, batik megamendung berubah warna menjadi hitam dan kuning keemasan. Bahkan ada warna merah untuk menggambarkan maskulinitas dan suasana dinamis, karena dalam proses pembuatannya ada campur tangan laki-laki.

Saat memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2018, Kang Emil juga mengunggah foto baju batik kreasinya sendiri yang diberi judul “Garuda Kujang Kencana”. Di dalam pola batik itu, terdapat inisial namanya ‘RK’, Kujang Kencana yang dikenal sebagai pusaka Prabu Siliwangi, dan simbol negara Indonesia, burung Garuda. Batik Garuda Kujang Kencana yang diproduksi Rumah Batik Komar.

Seperti biasa, postingan Emil semacam ini langsung diserbu komentar dari warganet. Diantaranya ada yang berkomentar kalau desain batik ini mirip lambang-lambang dalam film kartun Jepang, Naruto.

“Kelak Hokage ke-7 akan memakai jubah batik seperti itu.. Uzumaki Naruto akan bangga dengannya,” tulis salah satu warganet.

Yang jelas, banyak juga warganet yang memuji penampilan Emil mengenakan batik ini.

“Keren sekali kang emil… kelihatan Ibh muda,” ujar salah satu pengikut akun @ridwankamil.

“Batik ny keren kang @ridwankamil bikin kang emil makin keceehhhh,” tulis warganet lainnya. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.