Ghea Jadi Bintang Tamu Utama Sofia Fashion Week 2018

0
216
Desainer Ghea Panggabean dengan hasil rancangannya

SOFIA, BULGARIA, bisniswisata.co.id: Designer Indonesia, Ghea Panggabean menjadi bintang tamu utama dalam malam khusus untuk designer asing di Sofia Fashion Week (SFW) Autumn / Winter 2018. Acara fashion terbesar di Bulgaria yang berlangsung dari tanggal 17-21 September 2018 di kota Sofia menampilkan berbagai designer dari Bulgaria dan internasional.

Karya – karya rancangan Ghea yang ditampilkan bertema Keajaiban Indonesia : dengan inspirasi kebudayan Jawa. Koleksi yang diperagakan di SFW adalah motif wayang dan batik di berbagai busana ready to wear yang ekslusif dan elegan, aksen khusus ditonjolkan dengan sulaman dan teknik blockprint emas, serta beludru dengan hiasan khusus.

Ghea juga menampilkan koleksi yang terispirasi dari Pulau Sumba dengan menerjemahkan Sumba Ikat Tribal Motif ke dunia modern. Karya-karya Ghea mendapat sambutan yang sangat hangat dari para penonton yang sangat mengapresiasi keunikan dan keindahan koleksi yang ditampilkan.

“Karena bagi publik setempat merupakan kesempatan yang sangat langka untuk dapat melihat koleksi designer dari belahan dunia timur ke Bulgaria,” papar desainer senior Ghea dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id, Kamis (27/09/2018).

Dilanjutkan, merupakan hal yang tidak mudah untuk menciptakan pasar di Komunitas Mode Eropa karena perbedaan musim dan perbedaan preferensi warna serta gaya. “Ini merupakan tantangan yang selalu membakar semangat untuk menerjemahkan tradisi keindahan Warisan Budaya, Tekstil, dan Budaya Kaya Indonesia ke dalam fashion masa kini,” paparnya.

Bagi Ghea tidak ada yang lebih memuaskan daripada menciptakan Koleksi yang menciptakan kesadaran akan keindahan Warisan Budaya, Tekstil, Budaya Kaya Indonesia dan seperti menceritakan Kisah di belakang mereka kepada Dunia.

Melalui karya bertajuk Keajaiban Indonesia: The Mystic of Java, Ghea Panggabean membuktikan ada The Spirit of Javanese culture, yang diterjemahkan ke dalam berbagai Wayang Prints dan Wayang Colourfull dan Batik Batik Jawa Klasik pada sutra sifon jersey dan organza.

Gaya bervariasi dari Siap-ke -wear de Luxe untuk Evening Wear yang elegan dengan bordir tangan dalam teknik blockprint emas. Juga dia menggunakan beludru dengan hiasan khusus.

Selain Koleksi unik ini, Ghea juga menghadirkan Koleksi yang terinspirasi dari pulau Sumba yang merupakan salah satu dari sedikit tempat di dunia yang masih mempraktekkan penguburan megalitik sebagai tradisi hidup bagi individu-individu terkemuka ketika mereka meninggal. Koleksi ini adalah Interpretasi unik dari Sumba Ikat Tribal Motifs yang terkenal diterjemahkan ke dalam mode modern.

Dengan Identitas Bahasa Indonesia, Ghea menggabungkan Koleksi penuh Warisan Indonesia yang indah dengan bentuk Modern masa kini. Koleksi Ghea telah ditampilkan di banyak bagian dunia yang ditampilkan selama berbagai Acara Mode.

Ghea sadar untuk menciptakan ceruk pasar untuk Komunitas Mode Eropa tidak begitu mudah karena Musim yang berbeda di Eropa dan juga preferensi yang berbeda untuk Warna dan Gaya. Jadi dia selalu mencoba memperbarui dirinya dengan Tren Internasional terbaru. Ini adalah tantangan dan selalu menjadi Passion baginya untuk Menerjemahkan “Heritage into Fashion”.

Untuk Ghea tidak ada yang lebih memuaskan daripada menciptakan Koleksi yang menciptakan kesadaran akan keindahan Warisan Budaya, Tekstil, dan Budaya Kaya Indonesia dan seperti menceritakan Kisah di belakang mereka kepada Dunia.

Duta Besar RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid, yang merintis menghadirkan Ghea di SFW, menyatakan tahun ini merupakan pertama kalinya designer indonesia tampil di SFW. Hal ini merupakan upaya untuk mendukung industri kreatif Indonesia dan juga untuk semakin memperkenalkan perancang indonesia di tingkat internasional.

“Dengan melihat respon yang positif dari publik bukan tidak mungkin perancang Indonesia juga dapat hadir di sesi SFW di tahun berikutnya,” ungkapnya didampingi Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.