Gelar Duta Nantigo, Dude Ingin Pariwisata Padang Cemerlang

0
290
Dude Harlino dan lapis manis Nantigo (Foto: Kapanlagi.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Artis Dude Harlino ingin memberikan kontribusi lebih besar terhadap dunia pariwisata di tanah kelahirannya, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) terus menggebu. Salah satunya, dengan membuka pendaftaran bagi generasi muda untuk mengikuti Pemilihan Duta Nantigo.

Pendafataran yang dibuka sejak Desember 2017 hingga Januari 2018, terdata kurang lebih 800 anak muda berdarah Minang tertarik mengikuti Pemilihan Duta Nantigo. Pesertanya bukan hanya berdomisili di Kota Padang maupun wilayah Sumbar, tapi juga dari penjuru nusantara.

“Luar biasa memang. Pendaftarnya banyak dan bagus-bagus semua. Lumayan pusing saat harus menyeleksi. Sampai akhirnya, kita sudah menyisakan 100 orang, yang akan bersaing pada audisi langsung pada malam pemilihan Duta Nantigo nanti,” ujar suami dari artis Alyssa Soebandono ini dalam keterangan resmi yang diterima Bisniswisata.co.id, Kamis (15/3/2018).

Sisi penilaian Duta Nantigo dari penampilan, keterampilan minat dan bakatnya, wawasan peserta mengenai pariwisata Sumbar serta adat istiadat juga budaya yang ada di Tanag Minang. Selain itu dari sisi Attitude, kesantunan, keramahan dan hal positif lainnya yang menjadi penilaian.

Dilanjutkan, setelah terpilih dan mendapatkan gelar Duta Nantigo nantinya bertugas sebagai perpanjangan tangan Dude yang mempromosikan wisata dan budaya Minang melalui video-video, yang mengekspos keindahan alam, keunikan budaya, kelezatan makanan, dan kesantunan masyarakat Minang.

Duta Nantigo juga berkesempatan syuting di destinasi wisata Sumbar bersama Dude Harlino. “Kita ingin anak muda Minangkabau bertalenta dan memiliki passion pariwisata mewakili masyarakat Minang untuk menunjukkan pesona Sumbar, sehingga orang-orang di luar daerah Sumbar lebih mengenal Ranah Minang,” lontar pemeran sinetron dan film Indonesia yang enam kali raih gelar Aktor Terfavorit dalam ajang Panasonic Awards.

Selain itu dengan adanya Duta Nantigo, masyarakat luas akan melihat langsung keindahan yang ada di Minangkabau melalui video. Dan ketertarikan untuk melihat langsung sudah pasti ada, sehingga pariwisata Sumatera Barat menjadi lebih populer dan bisa dikembangkan lagi ke depannya, sambung bapak dua anak: Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Mahendra Malik Harlino.

Duta Nantigo juga akan mempromosikan wisata Sumbar, yang diharapkan mampu menjadi sarana untuk mewujudkan masyarakat sadar wisata dan berjalannya konsep Sapta Pesona yang meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, dan kenangan.

“Jika masyarakat sudah sadar wisata, mereka akan mampu menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan di lingkungan wisata yang akan memberikan kesejukan serta keindahan pada wisatawan yang berkunjung, sehingga tercipta kenangan yang manis dan tak terlupakan mengenai Sumbar. Saya ingin pariwisata di Padang dan khususnya Sumbar bisa cemerlang,” papar terjun main film Tusuk Jelangkung tahun 2002.

Nama Duta Kuliner Nantigo itu, diambil dari bisnis Dude Harlino yang mengembangkan kuliner oleh-oleh Lapis Minang Nantigo sejak Agustus 2017. Nama Lapis Minang Nantigo sendiri berasal dari istilah dalam bahasa Minang, yaitu Tungku Tigo Sajarangan, Tali Tigo Sapilin.

Kuliner oleh-oleh menjadi beberapa varian rasa yaitu, Nantigo Chocolate, Nantigo Red Velvet, dan Nantigo Oreo, dengan harga Rp 42.000. Sedangkan Nantigo Green tea dan Nantigo Cheese, dijual dengan harga Rp 45.000. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.