Gaet Kunjungan Turis, Mesir Bangun Bandara dekat Piramida Giza

0
147
Wisatawan asing mengunjungi obyek wisata Piramida Giza di Mesir

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan asing menjadi perhatian serius negara Mesir. Salah satu upaya mendongkrak angka kunjungan wisatawan pemerintah Mesir, awal Januari 2019 mulai membangun Bandar Udara Internasional Sphinx yang berlokasi di dekat Piramida Giza dan Grand Egyptian Museum.

“Bandara itu merupakan bagian dari rencana Kementerian Pariwisata Mesir untuk memperbaiki akses ke sejumlah situs bersejarah yang menjadi tujuan wisata,” papar Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ahmed Amr Ahmed Moawad di sela-sela pameran foto bertajuk “Faces of Indonesia in The Eyes of Ambassador of the Arab Republic of Egypt” di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Selasa kemarin.

Dijelaskan, sepanjang tahun 2018, pemerintah Mesir menargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 12 juta, ternyata target itu mengalami kenaikan 40 hingga 50 persen dibandingkan dengan 2017. Pendapatan pariwisata Mesir pada semester pertama 2018 mencapai US$4,8 miliar (sekitar Rp67,5 triliun).

Dubes Moawad mengajak wisawatan Indonesia berlibur ke Mesir dengan panorama serta detinasi wisata sejarah yang sangat luar biasa. Pertengahan tahun ini tepatnya bulan April hingga Juni merupakan momen paling menyenangkan di Mesir. “Musim semi tentu menjadi hal yang spesial bagi wisatawan karena ada berbagai perayaan di jalanan dan taman-taman kota,” jelas Moawad.

Pada periode April-Juni, musim semi berlangsung di Mesir dan ditandai dengan hari libur nasional Sham El Nessim, yang secara harfiah bermakna “mencium angin sepoi-sepoi”. Tradisi dari zaman Mesir kuno itu mempersatukan umat Muslim dan Kristiani dalam perayaan menyantap makanan laut di pantai, taman umum, kebun binatang, dan tempat-tempat terbuka hijau lainnya.

“Orang-orang akan keluar dari rumah dan saling berbagi keceriaan,” ujar Moawad sambil menambahkan wisatawan Indonesia tidak akan merasa terlalu terasing ketika mengunjungi Mesir. Apalagi, secara sosiologis kota di Mesir memiliki kemiripan dengan kota-kota besar di Indonesia.

Lalu lintas di Kairo tidak terlalu berbeda dengan Jakarta, misalnya. Perbedaannya, jalanan di Jakarta didominasi sepeda motor, sedangkan di Mesir lebih banyak mobil yang berlalu-lalang. “Sangat menyenangkan mengunjungi Mesir saat ini, terlebih dengan hadirnya bulan suci Ramadhan beberapa pekan mendatang. Tentu saya akan memberikan visa dengan senang hati,” kata dia.

Terkait pameran foto dijelaskan, Moawad mengaku senang dapat menyelenggarakan pameran foto di tempat bersejarah Museum Naskah Perumusan Proklamasi, terlebih Mesir merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 1945.

Perjalanan Ahmed Amr Ahmed Moawad selama menjabat sebagai duta besar Mesir di Indonesia membawanya bertemu dengan banyak orang di berbagai tempat. Dari sekian banyak wajah yang Moawad temui, dia merekam warna-warni ekspresi yang mengesankan melalui kamera yang terangkum dalam 55 foto dalam pameran “Wajah-wajah Indonesia”.

Wajah-wajah itu menyimpan cerita dan kenangan sendiri bagi Dubes Moawad yang memotret wajah-wajah dari timur hingga barat Indonesia.
“Saya tertarik dengan orang Indonesia karena mereka ramah dan murah senyum. Apapun kesulitan yang mereka hadapi mereka tetap tersenyum,” ujar dia.

Data Bisniswisata.co.id, tercatat ada beberapa obyek wisata di Mesir yang menjadi tujuan wisata utama bagi pelancong mancanegara. Destinasi wisata itu antara lain:

#. Gunung Sinai

Gunung ini terkenal dengan sejarah Nabi Musa mendapat wahyu dari Allah, yaitu 10 perintah Allah yang diberikan untuk bangsa Israel. Di puncak Sinai juga berdiri sebuah masjid dan gereja, dan banyak pendaki yang tertarik menuju puncaknya.

#. Karnak

Kompleks kuil, yaitu reruntuhan kuil, tiang-tiang dan bangunan yang lain. Situs ini menunjukkan bahwa dahulu pernah berlangsung sebuah peradaban. Ada 3 kuil utama dan banyak kuil yang berukuran kecil. Pada masa pemerintahan Firaun, Karnak dibangun sebagai tempat pemujaan.

#. Sharm el-Sheikh

Kawasan kota wisata Mesir, banyak fasilitas hiburan dan pariwisata terdapat di sini. Posisinya yang strategis menghadap Teluk Tiran dan Teluk Aqaba, Sharm el-Sheikh bagaikan surga wisata air seperti snorkeling, scuba diving).

#. Hurghada

Kota terletak di Laut Merah dan terkenal dengan pantainya yang indah dengan pasir putihnya. Hurghada juga menawarkan tempat-tempat wisata yang didukung fasilitas yang baik. Di Hurghada terdapat banyak resort, hotel dan penginapan. Terumbu karang Pantai Hurghada dianggap yang paling indah di dunia. Hurghada juga menjadi pusat internasional olahraga air seperti selancar angin, berlayar, menyelam.

#. Sungai Nil

Sungai terpanjang di dunia dan sangat melegenda dimana Nabi Musa pernah dihanyutkan ke Sungai Nil hingga ditemukan oleh putri Firaun. Sungai Nil adalah jantung kehidupan penduduk Mesir. Mulai dari sarana wisata, bendungan, pusat perekonomian, pertanian, perikanan, perhubungan dan lain sebagainya. Tidak salah apabila ada ungkapan yang menyebutkan, “Sungai Nil adalah hadiah untuk bangsa Mesir”.

#. Luxor

Kota kuno di Heliopolis Selatan, di Luxor banyak terdapat situs sejarah Mesir Kuno seperti monumen kebohongan, reruntuhan kuil-kuil dan makam serta museum terbuka yang terbesar. Pariwisata menjadi tumpuan perekonomian penduduk Luxor.

#. Laut Merah

Laut Merah disebut dalam kitab suci pada saat Nabi Musa membelah Laut Merah dengan tongkatnya. Saat itu Nabi Musa dan para pengikutnya bangsa Israel melarikan diri dari kejaran Firaun. Terusan Suez menghubungkan Laut Merah (Mesir) dengan Laut Mediterania. Laut Merah memiliki keanekaragaman hayati, terumbu karang, atol dan kadar garam yang tinggi. Walaupun banyak spesies berbahaya di laut Merah, tetapi tidak menyurutkan para penyelam untuk menikmati keindahannya.

#. Alexandria

Alexandria atau Al-Iskandariyya adalah kota terbesar kedua di Mesir dan salah satu kota paling terkenal di dunia. Di Alexandria terdapat sphinx dan teater Romawi kuno. The Great Lighthouse masuk dalam 7 Keajaiban Dunia. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Alexandria karena tempatnya yang sangat indah.

#. Piramid dan Sphinx

Mesir hampir identik dengan piramid dan sphinx yang dimilikinya. Ada lebih dari 80 piramid di Mesir, dan piramida yang terbesar adalah Piramida Agung Giza dan Sphinx Agung adalah shpinx yang terbesar. Di dalam piramida terdapat mumi atau jasad raja-raja yang diawetkan, sedangkan sphinx adalah patung singa berkepala manusia. Piramida dan sphinx di Mesir membuktikan struktur buatan manusia yang tertinggi di dunia yang menyimpan banyak misteri.

#. Piramida Khufu Giza.

Dibangun dalam rentan waktu tiga generasi oleh khufu. Piramida khufu merupakan piramida terbesar di mesir dengan tinggi 139 meter, meskipun terkadang kita beranggapan piramida khafre nampak lebih besar, namun itu hanya karena letak bangunanya yang berada di lokasi lebih tinggi dari piramida Khufu. di dalam piramida biasanya terdapat mumi atau jasad para raja yang disemayamkan.

#. Siwa Oasis

Pemukiman yang terisolasi di mesir, dengan kepadatan penduduk sekitar 23.000 jiwa yang di dominasi oleh etnis berber. ini merupakan rute perdagangan penting juga sebagai tempat keteduhan bagi para pengunjung wisatawan. tempat ini lebih sejuk karena dipenuhi dengan kerindangan pohon-pohon palem dan mata air alami. lokasinya terletak di jalur perdagangan tua.

#. Valley Of the King atau Lembah Para Raja.
Berdekatan dengan Luxor, Valley Of the King merupakan makam tempat peristirahatan terakhir bagi para Raja dan Para bangsawan istimewa kerajaan. berlangsung selama kurang lebih 500 tahun dimulai dari abad ke 16. Valley Of the King terdiri dari beberapa lubang makam dengan ukuran yang berbeda-beda, lembah ini memiliki sekitar 63 ruang dan makam. dengan dinding berhias ukiran-ukiran dari mitologi mesir kuno). (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.