Funtopia, Sarana Hiburan Ideal Pertama di Indonesia

0
464
Tascha Liudmila selaku Author of Screen Time; Mia Lukmanto selaku CEO & Founder Beyond Screen Production dan Christian Suwarna selaku Senior Vice President Development Traveloka pada saat Peluncuran Funtopia by Traveloka 'Arena Balon Bermain Pertama dan Tebesar di Indonesia yang akan digelar pada tanggal 17-30 Agustus 2018 di Bintaro Xchange Park, Bintaro, Tangerang.

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kebutuhan dunia hiburan bagi anak bersama keluarganya di Jakarta, dirasakan masih sangat kurang. Ya kurang variasi, kurang kreatif dan kurang menarik. Tak heran jika anak zaman milenal serba modern dan digital, pelampiasannya ke dunia gadget. Sehingga mereka hebat dalam mengoperasikan bahkan tak bisa lepas tanpa gadget.

Padahal, terlalu sering main gadget menimbulkan dampak negatif bagi anak. Mengganggu pola tidur, mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, dapat menyebabkan kecanduan, perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat, juga dapat membuat anak-anak menghindar dari tanggung jawab dan tugasnya. Juga berpotensi tidak bagus pada kejiwaan dan otak anak.

Hasil Riset UNICEF bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2014 menunjukkan 30 juta anak dan remaja Indonesia sudah menggunakan internet secara intens, hingga lima jam sehari. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Global Pediatric Health menunjukkan penggunaan perangkat teknologi selama berjam-jam berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi anak.

Bahkan, sambung hasil riset memaparkan tingginya interaksi dengan layar pada siang hari, tidak memungkinkan mereka untuk cukup bergerak dan aktif secara fisik. Pada akhirnya, bisa mengganggu kemampuan anak mengatasi masalah, bergerak, berpikir dan berkegiatan.

“Apalagi saat ini tren penggunaan gadget tidak memandang usia dan anak usia prasekolah sudah paham betul soal teknologi. Artinya, kreativitas para orangtua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan, karena aktivitas fisik sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak,” kata CEO dan Founder Beyond Screen Production, Mia Lukmanto, di Jakarta, Selasa (14/08/2018).

Karena itu, Beyond Screen Production menggandeng Traveloka menggelar Funtopia, sarana hiburan yang ideal pertama bahkan terbesar di Indonesia, yakni arena balon bermain yang mengasyikan juga menghibur. Funtopia akan digelar di Bintaro XChange Park Tangerang pada 17 hingga 30 Agustus 2018.

Dalam Funtopia, terdapat delapan wahana menarik terbuat dari balon. Anda bisa menjelajahi setiap wahana bersama anak dan keluarga. Juga bisa menelusuri labirin sambil bermain puzzle di Mystery Maze. Bermain mobil-mobilan di Traveloka Track, merangsang kreativitas anak dan orangtua dengan cerita kelinci di Bunny Boo.

Selain itu dapat merasakan sensasi nuansa film Alice in Wonderland di Candy Cane, menelusuri tubuh ulat di Caterpillar Cave, bermain kolam bola di Old Octopus, merasakan nuansa istana di Crown Castle, dan memanjat di Might Mushroom.

Hadirnya Funtopia sebagai Arena Balon Bermain Pertama dan Terbesar di Indonesia ini menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk segala usia. Acara permainan outdoor menjadi konsep yang langka di perkotaan saat ini, sambung Mia Lukmato.

“Funtopia ini sebagai jawaban kreativitas sebagai pengganti screen time anak. Dan ini sangat dibutuhkan, karena aktivitas fisik sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasaan anak. Otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik sehingga pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan pemberian nutrisi,” lontarnya.

Di samping itu, sambung Mia, hadirnya Funtopia sebagai Arena Balon Bermain Pertama dan Terbesar di Indonesia ini menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk segala usia. Acara permainan outdoor menjadi konsep yang langka di perkotaan saat ini.

Tascha Liudmila, penulis buku Screen Time menambahkan tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Dalam hal ini, orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga.

“Selayaknya perkembangan fisik dan kepribadian anak, perkembangan kreativitas terkait erat dengan pola asuh. Artinya peran orangtua sangat penting dan usia prasekolah merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka,” sarannya.

“Selain sebagai tempat booking traveling, kita juga mencari kebutuhan lifestyle. Salah satunya dengan hadirnya fitur Aktivitias dan Rekreasi. Melalui kerja sama ini, Traveloka memfasilitasi tiket masuk Funtopia,” ujar Senior Vice President Business Development Traveloka Christian Suwarna.

Juga lewat Funtopia ini, kata dia, menjadi tanda terjadinya tranformasi dari Traveloka. Sekarang ini, Traveloka menjadi lebih dari sekadar perusahaan teknologi yang memberikan sarana pemesanan secara online. Namun juga mendukung kebutuhan gaya hidup penggunanya, tidak hanya dari sisi kebutuhan traveling tapi dari seluruh aspek, mencakup kebutuhan akan entertainment, seperti aktivitas, rekreasi, konektivitas, kuliner, hingga pertunjukan.

“Melalui produk Aktivitas & Rekreasi, Traveloka telah bermitra dengan ribuan partner di 327 destinasi domestik dan internasional. Kami berharap dengan hadirnya Funtopia di Traveloka, keluarga Indonesia dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan momen kebersamaan dengan keluarga,” kata Christian.

Event ini digelar selama kurang lebih dua minggu, Funtopia akan buka pada Senin-Jumat pukul 15.00-22.00, Sabtu-Minggu pada pukul 07.00-22.00, dan hari libur nasional pada pukul 10.00-22.00. Anda bisa membeli tiket Funtopia dengan harga Rp 85 ribu untuk hari biasa dan Rp 100 ribu untuk akhir pekan.

Christian menambahkan jika Anda memesan tiket di Traveloka, Anda akan mendapat potongan sebesar 5 persen. Di mana tiket Anda akan seharga Rp 75 ribu untuk hari biasa dan Rp 90 ribu untuk akhir pekan. Selain potongan harga, Traveloka memberikan fasilitas jaminan masuk dan jalur khusus jika Anda memasuki area Funtopia tanpa perlu antre.

Jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit BCA, Anda akan mendapat potongan harga tambahan sebesar 15 persen. Baik untuk pembelian secara offline maupun Traveloka. Tiket yang Anda beli akan berlaku selama satu hari penuh. Jika Anda ingin masuk ke dalam area mall, Anda bisa kembali di area Funtopia tanpa membeli tiket masuk tambahan.

Selain di Bintaro XChange Mall, Tangerang, Funtopia rencana dilanjutkan di kota Bandung, Surabaya dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Tertarik? (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.