EVENT INTERNATIONAL

Forum ICAO CORSIA Tinjau Kemajuan Penyeimbang Emisi 

Sekretaris Jenderal ICAO Juan Carlos Salazar membuka acara, menekankan perlunya bertindak sekarang untuk menghindari konsekuensi bencana perubahan iklim, dan peran CORSIA dalam berkontribusi pada komitmen Negara-negara Anggota ICAO untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

MONTREAL, bisniswisata.co.id:  Forum CORSIA ICAO berakhir, dengan lebih dari 800 peserta dari seluruh wilayah dunia mendapat manfaat dari masukan dan wawasan pejabat pemerintah, pakar teknis, pemimpin industri, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan pasar karbon.

Semua dengan antusias berbagi pandangan mereka tentang kemajuan yang dicapai dalam implementasi CORSIA selama acara penting selama dua hari, serta tentang tujuan dan harapan program di masa mendatang terkait dengan Sidang International Civil Aviation Organization (ICAO) berikutnya yang berlangsung pada saat ini tahun depan.

Sekretaris Jenderal ICAO Juan Carlos Salazar membuka acara tersebut, menekankan perlunya bertindak sekarang untuk menghindari konsekuensi bencana perubahan iklim, dan peran CORSIA dalam berkontribusi pada komitmen Negara-negara Anggota ICAO untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

 “Saya mendorong Anda semua untuk mengingat pesan utama dari laporan IPCC/6, yang menekankan bahwa tidak ada waktu yang terbuang sia-sia,” katanya dalam rilis ICAO.int pekan lalu.

Tindakan harus diambil sekarang jika kita ingin menghindari dampak paling parah dari perubahan iklim di planet kita, dan tinjauan berkala CORSIA adalah kesempatan untuk menunjukkan tindakan itu, tegasnya.

Acara Forum memamerkan pengalaman dan pengembangan kapasitas yang dilakukan oleh negara-negara untuk mendukung CORSIA sejak dimulainya sistem Pemantauan, Pelaporan, dan Verifikasi CO2, menyoroti tantangan yang telah diatasi dan pekerjaan ICAO yang sedang berlangsung dalam menganalisis dampak dari COVID-19  di KORSI.

Acara ini juga termasuk diskusi meja bundar antara perwakilan Dewan ICAO, industri penerbangan, masyarakat sipil, dan pakar pasar karbon, tentang masa depan CORSIA dan hubungannya dengan investigasi negara-negara saat ini melalui ICAO ke dalam tujuan jangka panjang baru untuk pengurangan emisi penerbangan internasional.

Dalam memberikan sambutan penutupnya kepada Forum, Presiden Dewan ICAO Salvatore Sciacchitano menekankan kembali kepada para peserta bahwa penerbangan mengambil tanggung jawab keberlanjutannya dengan sangat serius

Dia menggarisbawahi komitmen baru-baru ini oleh produsen dan operator industri udara untuk mencapai emisi karbon Net-Zero dari semua udara komersial.  aktivitas transportasi pada tahun 2050.

 “Sektor penerbangan selalu menghadapi tantangan dan kesulitan melalui tekad dan konsensusnya,” tegasnya.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)