FlyZoo Hotel, Padukan Hospitality dan Teknology

0
33
Tamu hotel FlyZoo dilayani robot

HANGZHOU, bisniswisata.co.id: Mentransformasi bisnis hospitality yang dipadukan dengan teknologi canggih di era digitalisasi, memang harus diterapkan. Dan penerapan itu dilakukan Alibaba Group – konglomerat multinasional asal Tiongkok yang memiliki spesialisasi dalam e-commerce, ritel, Internet, kecerdasan buatan, dan teknologi ini, belum genap setahun meluncurkan hotel masa depan

FlyZoo Hotel, namanya. Lokasinya di Xixi, Hangzhou, China, yang memiliki 290 kamar. FlyZoo Hotel merupakan kolaborasi dari sejumlah unit bisnis Alibaba. Platform perjalanan online Alibaba, Fliggy berkolaborasi dengan unit bisnis Alibaba lain, seperti Alibaba A.I. Labs dan Alibaba Cloud.

“Keberadaan hotel di era digital ini untuk memanfaatkan teknologi canggih guna membantu industri perhotelan bertransformasi agar industri ini tetap stand out,” jelas Director Corporate Affairs Alibaba Group for Indonesia, Dian Safitri dalam keterangan resminya, Senin (16/09/2019).

Dilanjutkan, pengalaman menginap di FlyZoo Hotel dimulai dengan melakukan pemesanan melalui aplikasi FlyZoo Hotel. Yang menarik, bukan sekadar memesan kamar, para tamu dapat memilih sendiri ruangan yang mereka inginkan. Mulai dari memilih lantai hingga arah hadap kamar bisa dipilih secara pribadi. Alhasil, pengalaman menginap pun lebih terpersonalisasi.

Tamu asal Tiongkok dapat melakukan check-in langsung melalui aplikasi dan langsung ke kamar mereka. Sementara, bagi tamu asing, proses check-in dilakukan melalui kios-kios digital yang tersedia di lobi hotel. Meski menerapkan sistem self-service, tetap ada satu hingga dua petugas di lobi yang berjaga dan siap membantu para tamu.

Usai melakukan self check-in, para tamu dapat memilih akses hotel dengan kartu atau pun teknologi facial recognition (pengenalan wajah). “Seluruh akses di hotel ini, mulai dari penggunaan lift hingga akses masuk ke kamar bisa dilakukan menggunakan pengenalan wajah. Para tamu hanya perlu tersenyum di hadapan kamera pendeteksi pengenalan wajah. Akses pun langsung terbuka,” terang Dian.

FlyZoo Hotel menggunakan foto yang diambil saat proses check-in untuk memverifikasi wajah pengguna yang menginap di hotel tersebut. Speaker pintar, Tmall Genie tersedia di seluruh kamar hotel dan dapat digunakan untuk membantu aktivitas pengunjung. Mulai dari mengatur suhu kamar, lampu, gorden, hingga pengoperasian TV. Sementara, layanan kamar hotel dilakukan langsung oleh Robot khusus. Termasuk, pelayanan di restoran hotel dan vending machine.

Dengan memadukan hospitality dan teknologi, FlyZoo Hotel merepresentasikan upaya Alibaba untuk menginspirasi dan memberdayakan industri pariwisata untuk menggunakan inovasi dan teknologi. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.