DESTINASI EVENT INTERNATIONAL NEWS

Festival Jakarta Great Sale 2023 Capai Target Transaksi 50 Persen dari Target

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sejak dibuka secara resmi oleh Pejabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Budi Heru Hartono pada 21 Mei 2023 nilai transaksi Festival Jakarta Great Sale atau FJGS 2023 sudah mencapai 50 persen dari target Rp 6,5 triliun.

“Penyebabnya adalah antusiasme masyarakat terlihat dengan adanya kenaikan jumlah pengunjung di pusat belanja selama dua minggu pertama pelaksanaan Festival Jakarta Great Sale 2023,” ujar Mualim Wijoyo, Ketua APPBI DKI Jakarta saat jumpa pers di Main Atrium Senayan Park, Jakarta Pusat, kemarin

Menurutnya pelaku usaha meyakini target tersebut akan tercapai seiring tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan yang sudah kembali seperti sebelum pandemi COVID-19 dan keterisian perparkiran lebih dari 60 persen.

Mualim mengatakan, Animo masyarakat ini terjadi karena hampir selama tiga tahun vakum karena pandemi itu. Untuk mengakomodir hal itu, festival kali ini berlangsung selama dua bulan, mulai 21 Mei hingga 21 Juli 2023.

Festival yang diadakan untuk menyambut ulang tahun ke-496 Jakarta itu diikuti ribuan gerai anggota Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) di 94 mal anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

”Kami masih minta ke pusat perbelanjaan untuk rekap nilai transaksi sejauh ini, tetapi dari animo warga kami yakin sudah di atas 50 persen dari target tahun ini. Apalagi ke depan akan libur sekolah, Idul Adha. Optimistis akan tercapai,” kata Mualim.

Ketua Hippindo DKI Jakarta, David Sutiono melihat kondisi ritel lebih baik setelah tiadanya pembatasan kegiatan masyarakat. Bahkan, kondisi saat ini sudah seperti tahun 2019 atau sebelum pandemi global

”Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sudah lebih baik. Pemulihan juga dialami sektor ritel,” ujar David.

Direktur PT Securindo Packatama Indonesia (Secure Parking) Rustam Rachmat, menambahkan, “Berdasarkan keterisian perparkiran yang sudah di atas 60 persen. Bahkan ada yang keterisiannya sampai 100 persen. Kami berharap makin pulih sehingga keterisian bisa lebih dari 100 persen,” tambahnya.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya Festival Jakarta Great Sale 2023 (FJGS) yang menawarkan berbagai diskon hingga 70 persen. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta optimistis sumbangsihnya terhadap pertumbuhan ekonomi seiring naiknya konsumsi rumah tangga.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, momen ini jadi titik balik tumbuhnya ekonomi setelah dihantam pagebluk. Apalagi FJGS kembali setelah tiga tahun ditiadakan.

”Festival ini menjadi daya tarik baik bagi warga maupun wisatawan untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. Lalu mereka bisa memenuhi kebutuhan dengan tawaran yang ada,” ungkap Ratu.

Selain itu, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa berpartisipasi. Setidaknya sudah ada 50 tenan binaan pemerintah daerah yang terlibat.

Ratu mengatakan, pemerintah daerah terus berkolaborasi agar UMKM bisa naik kelas dan hadir di pusat perbelanjaan. Misalnya melalui bazar di Grand Indonesia, Central Park Mall, Kota Kasablanka, dan Gandaria City.

”Sebelum ini juga ada program UMKM ke pusat perbelanjaan. Mereka dapat pelatihan untuk naik kelas,” ujar Ratu.

Kegiatan untuk memeriahkan HUT ke 496 Kota Jakarta ini, Panitia juga memanfaatkan Media Sosial untuk menambah awareness masyarakat, yaitu mengadakan Lomba Dekorasi Ornamen Betawi di Mall dengan di tag melalui Instagram.

Tak hanya itu akan ada Pawai Devile Mall yang akan di ikuti oleh 31 Mall anggota APPBI DPD DKI Jakarta dimana peserta berpakaian betawi sporty dengan sepatu sneakers dan Pawai Devile Mall melalui kegiatan Jalan santai ini akan mengambil jarak tempuh kurang lebih 3 Km yang dimulai start dari Thamrin City menuju Bundaran HI lalu kembali ke finish di Thamrin City.

Panitia FJGS 2023 juga bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan pameran dan booth penjualan di 4 Pusat Belanja oleh UKM Binaan Dinas Provinsi DKI Jakarta melalui program “Jakarta Entrepreneur Goes to Mall” di Gandaria City ( 22 – 28 Mei terdiri dari 8 UKM), Central Park Mall (21-23 Juni terdiri dari 11 UKM), Kota Kasablanka (5-25 Juni 2023 terdiri dari 10 UKM) dan Grand Indonesia (17 April – 25 Juni 2023 terdiri dari 20 UKM).

Dengan hadirnya UKM di berbagai Pusat Belanja ini, diharapkan menjadi salah satu bentuk sinergi antara Pusat Belanja dengan UKM Binaan tersebut.

Sebagai program insentif bagi masyarakat jangan lewatkan juga kesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik dengan berbelanja selama pelaksanaan FJGS 2023 dimana Mall anggota APPBI DPD DKI yang mengadakan program undian berhadiah dan memberikan kejutan istimewa hadiah utama mobil dan hadiah hiburan lainnya seperti di Grand Indonesia (periode 31 Maret – 31 Desember 2023 dengan hadiah utama mobil The All New Lexus ES300 Ultra Luxury).

Undian berhadiah juga dilakukan di Pacific Place Jakarta (periode 1 Februari – 31 Oktober 2023 dengan hadiah utama mobil Hyundai IONIQ5), Green Sedayu Mall (periode sampai 16 Juli 2023 dengan hadiah utama mitsibishi Expander).

Di Mal Artha Gading (periode 1 Februari 2023 – 31 Desember 2023 dengan hadiah utama Honda W-RV RS CVT), Central Park Mall (Periode 13 Maret 2023 – 12 Maret 2024 dengan hadiah utama Lexus ES300 Ultra Luxury) dan Mall Bassura (Periode 3 mei – 16 Desember 2023 dengan hadiah utama 50 Gram Emas).

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)