Home DAERAH Eksotis Curug Panjang Jadi Buah Bibir Turis

Eksotis Curug Panjang Jadi Buah Bibir Turis

0
887
Destinasi wisata Curug Panjang Kabupaten Musiwaras (Foto:cdninstagram.com)

MUSIRAWAS, bisniswisata.co.id: Curug Panjang kini menjadi buah bibir wisatawan. Perbincangan itu berkembang, setelah eksostis air terjun ini muncul di media sosial. Jadi viral sehingga memberikan dampak positif. Padahal destinasi wisata alam selama ini, tersembunyi dan jarang disentuh wisatawan.

Air terjun yang berada di Desa Durian Remuk, Musirawas Sumatera Selatan memiliki panorama alam masih alami, punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang suka wisata alam bebas. Air terjun terbentuk dari cerukan bebatuan besar atau napal sungai yang “terbelah” ini panjangnya sekitar 40 meter dengan ketinggian sekitar empat meter.

Lokasinya relatif mudah dijangkau, dengan kondisi jalan yang relatif baik. Untuk mencapai lokasi Curug Panjang, dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar lebih kurang 30 menit perjalanan dari ibukota Kecamatan Muarabeliti.

Sejak jadi buah bibir, setiap akhir pekan, tercatat 500 wisatawan lokal dan nasional mengunjunginya. Dari luar pulau Sumatera seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan beberapa daerah lainnya yang pernah menyambangi.

Kepala Desa Durian Remuk, Surya mengungkapkan pihaknya sangat bangga karena Objek Wisata Curug Panjang ini saat ini telah menjadi perhatian wisatawan. Karenanya terus melakukan inovasi dan evaluasi pengembangan agar objek wisata alam semakin lebih dikenal sekaligus memanjakan wisatawan.

Surya mengatakan, dengan dikembangkannya objek wisata Curug Panjang ini maka banyak hal yang positif yang dicapai, seperti membuka lapangan pekerjaan dan meningkatan perekonomian masyarakat yang pada akhirnya akan memajukan Desa Durian Remuk, Muara Beliti ini.

Kepala desa bersama warga gotong royong memanjakan wisatawan dengan memberikan fasilitas pelengkap di Curug Panjang. Ada kursi panjang, dilengkapi warung penjaja kuliner, souvenir. Bahkan bagi wisatawan yang ingin mandi, juga disediakan tempat ganti pakaian dan alat bantu renang untuk anak-anak seperti pelampung dan lainnya.

Bahkan untuk menjaga keamanan wisatawan yang ingin mandi, ditentukan spot-spot yang aman dan memberikan tanda peringatan untuk daerah-daerah yang berbahaya dengan tulisan “hati-hati di sini licin” dan peringatan lainnya.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan menyatakan, air terjun Curug Panjang kini menambah jumlah destinasi wisata di Musirawas dan terus akan dikembangkan sekaligus dipromosikan di dalam maupun luar negeri, sehingga diharapkan banyak wisatawan datang. “Kalau banyak wisatawan kan efek dominonya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pendapatan warga juga naik,” lontar Bupati.

“Saya meminta instansi terkait agar segera membuat perencanaan pengelolaan obyek wisata Curug Panjang ini, dengan melibatkan pemerintah desa, pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dan masyarakat setempat. Kita gerakan semuanya, agar Curug Panjang semakin maju dan berkembang bagus,” kata Hendra Gunawan

Kedepan, lanjut dia, ditetapkan sebagai desa wisata dan Curug Panjang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Musirawas.
Sehingga dengan dijadikannya Curug Panjang sebagai destinasi wisata andalan ini semakin terkenal.

Wisata alam memang salah satu daya tarik wisata daerah, nasional maupun manca negara dalam bentuk sumberdaya alam maupun budaya. Untuk itu, bupati mengintruksikan kepada OPD terkait agar melakukan perencanaan pengembangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga obyek wisata ini dapat menjadi salah satu destinasi unggulan didaerah ini.

Bupati berpesan agar tetap menjaga kebersihan obyek wisata dari sampah, tidak mencoret-coret keindahan batu curug, tidak menebang pohon, menjaga lingkungan Curug Panjang agar tetap terjaga dengan baik. “Dan harus menghormati adat istidat setempat,” pesanya.(NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.