Eco Ride, Bentuk Kepedulian Komunitas RORI terhadap Lingkungan

0
223
Komunitas Royal Riders Indonesia (RORI), tanam terumbu karang di Ujung Genteng (Foto: Doks. Komunitas RORI)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Siapa bilang komunitas motor selalu ugal-ugalan di jalanan, kebut-kebutan apalagi sampai tawuran. Komunitas Royal Riders Indonesia (RORI), misalnya. Justru mengelar touring sambil memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, melalui kegiatan penanaman terumbu karang di kawasan Pantai Ujung Genteng.

Sedikitnya 45 anggota RORI dari berbagai daerah menggelar touring dengan tema “Eco Ride”. “Eco Ride merupakan bentuk kepedulian para bikers RORI terhadap lingkungan. Acara Eco Ride ini, diharapkan dapat mengispirasi masyarakat dan komunitas lain untuk juga melakukan kegiatan peduli lingkungan,” papar President RORI, Donny Hendaris dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id, Selasa (07/05/2019).

Diakui, RORI selalu melakukan kegiatan yang berbeda, bukan hanya sekadar melakukan touring saja, namun juga turut melakukan kegiatan peduli lingkungan. Untuk rute touring-nya sendiri, komunitas RORI memilih rute Jakarta, Bogor, dan diakhiri di Ujung Genteng, Sukabumi. Perjalanan yang memakan waktu 7 jam diikuti sekitar 45 motor Royal Enfield, pada akhir bulan lalu.

Penanaman terumbu karang sendiri, lanjut Donny, merupakan salah satu bentuk kepedulian komunitas RORI terhadap isu lingkungan yang mencuat belakangan ini. Serta untuk memberikan edukasi kepada seluruh anggota RORI untuk turut serta dalam menjaga lingkungan.

Sementara pemilihan wilayah Ujung Genteng sebagai lokasi penanaman terumbu karang, tidak terlepas dari hasil konsultasi komunitas RORI dengan para pihak terkait termasuk komunitas peduli terumbu karang Ujung Genteng. “Ternyata isu lingkungan yang lagi urgent di ujung genteng adalah rusaknya terumbu karang akibat penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan,” paparnya.

Muhammad Yusuf dari komunitas peduli terumbu karang Ujung Genteng menyatakan, kerusakan terumbu karang di wilayahnya sudah memprihatinkan. Karena itu, dirinya ingin mengajak berbagai pihak yang berkunjung ke wilayah Ujung Genteng untuk ikut peduli terhadap isu lingkungan yang ada di wilayahnya.

“Kami selalu mengampanyekan kepada para wisatawan agar tidak hanya berlibur, tapi juga ikut aktif menjaga lingkungan. Ini untuk keberlangsungan ekosistem laut di sini,” jelas Yusuf.

Dengan digelarnya kegiatan penanaman terumbu karang ini, komunitas RORI juga berharap bahwa mereka dapat selalu turut serta dalam menjaga, merawat dan melindungi lingkungan dari kerusakan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here