EVENT INTERNATIONAL NEWS

Dubai Akan Peroleh Manfaat dari Rekor 349 Kemenangan Acara Bisnis Tahun Lalu Seiring Pertumbuhan DBE sebesar 49%

DUBAI, UAE, bisniswisata.co.id:  Dubai semakin mengkonsolidasikan statusnya sebagai pusat utama acara bisnis internasional pada tahun 2023, dengan rekor kota ini memenangkan 349 tawaran untuk menjadi tuan rumah konferensi, kongres, pertemuan, dan program perjalanan insentif internasional yang bergengsi. 

Didorong oleh  biro konvensi resmi kota tersebut, kemenangan ini mencerminkan peningkatan besar dalam keberhasilan tender sebesar 49% dibandingkan tahun 2022. Acara-acara yang diselenggarakan pada tahun 2023 menarik lebih dari 191.000 delegasi internasional.

Dilansir dari traveldailynews.com, melalui strategi acara bisnis dan peningkatan delegasi, DBE menghadirkan penawaran yang mengesankan di seluruh kota ke pasar global yang selaras dengan kebutuhan inti industri acara bisnis. 

Dengan memposisikan Dubai sebagai tujuan utama untuk acara-acara bisnis internasional dan meningkatnya minat asosiasi dan perusahaan untuk mengadakan pertemuan di kota tersebut, DBE bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di sektor publik dan swasta menyembunyikan minat terhadap acara-acara yang telah dikonfirmasi. 

Meskipun beberapa di antaranya telah terjadi pada tahun 2023, namun ada juga yang dipastikan akan terjadi pada tahun-tahun mendatang, menggabungkan kemenangan-kemenangan yang telah dicapai pada tahun-tahun sebelumnya, dengan daya tarik Dubai yang kuat mendorong serangkaian peristiwa yang berdampak hingga tahun 2029.

Aktivitas dan keberhasilan penawaran terus meningkat sejak pandemi global Covid-19 dengan jumlah pemenang tender pada tahun 2023 melebihi rekor sebelumnya yaitu 295 penawaran yang didaftarkan pada tahun 2019. 

Acara yang diselenggarakan di kota ini akan memainkan peran penting dalam mendorong perdagangan dan investasi. dan menarik talenta global – yang semuanya merupakan pilar penting untuk membangun perekonomian yang lebih kuat, lebih produktif, dan beragam – sejalan dengan Agenda Ekonomi Dubai D33.

Hal yang terpenting, acara bisnis juga berperan dalam menciptakan pendukung baru bagi kota ini dan semakin meningkatkan daya tarik Dubai sebagai tujuan utama acara bisnis.

Ahmed Al Khaja, CEO Dubai Festivals and Retail Institutions, mengatakan bahwa didorong oleh kepemimpinan dan visi Yang Mulia Syeikh Muhammad bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, ekosistem acara bisnis kota ini terus berlanjut. 

untuk memainkan peran penting dalam pariwisata dan pembangunan ekonomi yang lebih luas, sejalan dengan prioritas Agenda Ekonomi Dubai D33.

“Acara bisnis secara konsisten terbukti menjadi katalis penting bagi pembangunan kota, mendorong pertumbuhan pengetahuan dan berkontribusi terhadap evolusi sektor dan industri utama,” ungkapnya.

Menurut Ahmed Al Khaja, keberhasilan Dubai dalam menyelenggarakan konferensi, kongres, pertemuan, dan insentif internasional besar pada tahun 2023 merupakan penghargaan atas upaya kuat seluruh pemangku kepentingan di sektor publik dan swasta.

Peristiwa-peristiwa yang terekam dan berlangsung selama beberapa tahun mendatang akan mempertemukan para pemimpin bisnis, inovator, dan pembuat perubahan di Dubai, sehingga seluruh kota dan emirat akan mendapatkan manfaat dari ekonomi pengetahuan yang berkembang pesat, sehingga semakin berkontribusi terhadap momentum kolektif.

“Untuk menjaga momentum ini, kami telah menyusun rencana ambisius untuk tahun depan dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan – mulai dari hotel dan penyelenggara acara hingga atraksi dan lokasi – untuk menarik acara dan kongres terbesar dan paling bergengsi ke kota dan meningkatkan profil Dubai sebagai tujuan acara bisnis global sepanjang tahun. 

Sepanjang tahun 2024, tim dan mitra DBE akan mengadakan pertemuan dengan para profesional dan klien potensial di seluruh dunia, sehingga semakin meningkatkan posisi dan daya saing kota ini, tambah Ahmed Al Khaja 

Di antara penawaran sukses yang paling menonjol pada tahun 2023 adalah acara asosiasi seperti Critical Communications World 2024 dengan 3.800 delegasi, Konferensi Tahunan Sedunia WCA 2024, dengan 4.500 delegasi, Pertemuan Tahunan Asosiasi Merek Dagang Internasional 2026, dengan 10.000 delegasi, dan Putaran Sejuta Dolar Tabel Konferensi Global 2024, dengan 10.000 delegasi. 

Hal ini ditambah dengan serangkaian acara korporat dan insentif yang akan diadakan di kota ini, termasuk TOKEN2049 dan Nuskin Elite, yang keduanya diadakan tahun ini dengan masing-masing 4,000 dan 1,000 delegasi, serta Amway ESAN 2025, yang diperkirakan akan dihadiri 3,500 orang. pengunjung ke Dubai.

Dubai Business Events (DBE) bermitra dengan hotel, venue, penyelenggara kongres profesional (PCO), perusahaan pengelola destinasi (DMC) dan penyedia layanan lainnya di seluruh kota untuk mencapai keberhasilan ini.

Pihaknya juga berkolaborasi dengan asosiasi lokal, dunia usaha, dan entitas lain untuk mengembangkan proposal komprehensif guna menunjukkan kemampuan Dubai sebagai tujuan acara bisnis. 

Sebagai hasil dari upaya berkelanjutan DBE untuk mendorong sektor acara bisnis, Dubai terpilih sebagai tujuan pertemuan dan MICE terbaik di Timur Tengah oleh Cvent pada tahun 2023. Dubai juga dinobatkan sebagai Destinasi Pertemuan & Konferensi Terkemuka di Timur Tengah 2023 oleh World Travel Awards .

Selain bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan, DBE memanfaatkan perannya sebagai salah satu pendiri Dubai Association Centre (DAC) untuk mendukung misinya dalam membangun hubungan dengan asosiasi internasional dan menarik mereka ke Dubai.

Sebanyak 60% delegasi ditetapkan untuk datang ke Dubai sebagai hasil dari kemenangan tawaran kunjungan untuk konferensi asosiasi dan kongres. 

Selain itu, Program Duta Kongres Al Safeer DBE memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dan mendukung para pemimpin opini utama dan perwakilan pemerintah yang berbasis di UEA, termasuk dokter, ilmuwan, profesor, guru, pejabat pemerintah, dan pengusaha, untuk menarik acara bisnis internasional ke Dubai pada tahun 2023 lalu.

DBE telah memulai kalender keterlibatan industri sepanjang tahun, dengan serangkaian misi penjualan di pasar sasaran dan partisipasi dalam pameran dagang besar, termasuk IMEX Frankfurt, IMEX America dan IBTM World. 

DBE juga bekerja sama dengan para pemangku kepentingan industri untuk menjadi tuan rumah bagi para perencana pertemuan di Dubai untuk serangkaian misi studi yang akan memungkinkan mereka untuk merasakan acara-acara bisnis dan infrastruktur pariwisata Dubai serta ekonomi pengetahuannya yang berkembang pesat.

 

Evan Maulana