INTERNATIONAL NEWS

Dewan Eksekutif UNWTO: Tangguhkan Keanggotaan Rusia.

MADRID, bisniswisata.co.id: Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) telah mengadakan sesi darurat Dewan Eksekutifnya sebagai tanggapan atas invasi ke Ukraina oleh Federasi Rusia.  Sidang akan digelar di Madrid pada 8 Maret mendatang.

Mengikuti permintaan Guatemala, Lituania, Polandia, Slovenia, dan Ukraina untuk penangguhan Federasi Rusia dari keanggotaan UNWTO, Sekretaris Jenderal UNWTO telah menyerukan sesi darurat Dewan Eksekutif untuk mengatasi masalah tersebut, sesuai dengan Aturan 3.4  dari Tata Tertib Dewan.  

Keputusan itu dibuat setelah konsultasi antara Sekretaris Jenderal dan Ketua Dewan Eksekutif (Pantai Gading). Sidang Dewan secara langsung akan diadakan pada 8 Maret di Madrid.  Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Organisasi bahwa Dewan Eksekutif akan menangani permintaan jenis ini.

Pasal 3 Statuta UNWTO menyatakan bahwa prinsip-prinsip dasar Organisasi adalah “promosi dan pengembangan pariwisata dengan pandangan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi, pemahaman internasional, perdamaian, kemakmuran dan penghormatan universal, dan ketaatan, hak asasi manusia”.

UNWTO dengan tegas mengutuk tindakan Federasi Rusia, mencatat bahwa tindakan itu jelas melanggar kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial dan bertentangan dengan prinsip-prinsip yang diabadikan dalam Piagam PBB dan Statuta UNWTO.

Hilda Ansariah Sabri

Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers dan Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat (2018-2023)