Bangun Kawasan Wisata Bira, Sulsel Anggarkan Rp 50 Miliar

0
34
Tanjung Bira Bulukumba, Sulawesi Selatan (Foto: staticflickr.com)

BULUKUMBA, bisniswisata.co.id: Kawasan wisata Tanjung Bira, Bulukumba Sulawesi Selatan (Sulsel), terus berbenah agar menarik dikunjungi wisatawan. Pembenahan ini mendapat perhatian serius Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah dengan melakukan peninjauan sekaligus menganggarkan sebesar Rp 50 miliar untuk membangun kawasan wisata di Tanjung Bira.

“Total untuk kawasan Bira ini Rp 50 miliar, semua akan kita bantu semua untuk Tanjung Bira. Salah satunya dana itu digunakan untuk pembangunan jalan lingkar dari kawasan tempat pembuatan kapal phinisi di Pantai Mandala Ria hingga ke Tanjung Bira. Jalan lingkar tersebut ditarget rampung pada tahun 2020,” papar Gubernur Nurdin saat meninjau kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dan tempat pembuatan kapal phinisi di Mandala Ria, Senin (11/11/2019).

Diakui, Tanjung Bira selain memiliki wisata pantai yang bagus juga dikenal sebagai daerah pembuatan kapal phinisi di Pantai Mandala Ria. Sehingga harus diperindah karena merupakan kawasan wisata yang mempunyai nilai historis tinggi.

“Ini akan kita jadikan pusat kawasan pembuatan phinisi, jadi nanti kita tidak malu, kalau (wisatawan) sudah ke sini. Ini (pembuatan kapal phinisi) sebuah kearifan lokal yang kita miliki, yang sesungguhnya punya nilai historis luar biasa, karena phinisi itu dikenal di seluruh dunia,” jelasnya.

Nurdin juga menyoroti ketersediaan fasilitas toilet umum hingga lahan parkir di kawasan Pantai Tanjung Bira. Saat ini Pemprov Sulsel tengah membangun berbagai fasilitas dasar untuk menarik wisatawan dan investor. “Tempat parkir menjadi kebutuhan, jadi (wisatawan dan calon investor) datang, sudah ada tempat parkir lebih nyaman. Terus toilet yang ada di situ, pasar seninya juga ada,” paparnya seperti dilansir laman Detik.

Kawasan Bira di Bulukumba memiliki keindahan alam yang tak kalah dari tempat terkenal lainnya. Namun ada sejumlah kelemahan yang harus diatasi agar menarik wisatawan dan investor. “Kelemahan kita tadi adalah kebutuhan dasar para pengunjung. Jadi tidak ada lagi pedagang kaki lima parkir di jalan, nanti pedesteriannya juga sudah bagus,” jelas dia.

“Ada lagi di (kawasan wisata) Titik Nol akan kita perbaiki pedesteriannya, jalannnya, infrastrukturnya. Kita berharap hotel bintang lima akan invest ke sana. Bayangkan kalau Hyatt, Mariot (berinvestasi) diakan sudah punya pasar internasional, kita sudah promosi,” lanjut Nurdin.

Tanjung Bira berjarak sekitar 200 kilometer dari kota Makassar, Tanjung Bira menawarkan pesona alam yang cantik. Pantai pasir putih berbalut air laut biru menciptakan kesan elegan bagi siapapun yang memandang. Wisatawan juga bisa berkunjung ke tempat pembuatan kapal Phinisi yang tersohor itu di pinggir pantai. Tentu saja sambil menikmati sunset menawannya.

Spot wisata lainnya yang ada di Tanjung Bira, juga memiliki beberapa pantai serta pulau eksotik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Tercatat ada 5 destinasi wisata eksotik di Tanjung Bira, antara lain:

Pulau Liukang

Jika mendengar Pulau Liukang, hal utama yang pasti terlintas adalah keindahan bawah lautnya. Yap, pulau yang terletak nggak jauh dari Tanjung Bira ini menawarkan wisata bawah laut dengan biota alam yang luar biasa. Kamu bisa snorkeling sambil berkenalan dengan beragam terumbu karang hingga ikan-ikan kecil di dalamnya.

Pulau Kambing

Selain Pulau Liukang, Tanjung Bira juga punya spot snorkeling yang nggak kalah cantiknya. Namanya Pulau Kambing. Terletak 20 menit dari Pantai Tanjung Bira, keindahan alam bawah laut yang indah berpadu denga tebing-tebing terjal membuat pulau yang satu ini terlihat elegan. Air laut di Pulau Kambing terkenal dengan warna biru kristalnya, lho.

Pantai Ujung Tiro

Buat kamu yang belum puas main di Pantai Tanjung Bira, bisa merapat ke Pantai Ujung Tiro, lho. Di sini, kamu bakal disambut dengan hamparan pantai bertebing dengan lautan biru yang mengelilinginya. Nikmati pesona karang bawah laut di Pantai Ujung Tiro yang dapat dinikmati dari atas permukaan, saking jernihnya air laut di sini. Jangan lupa buat menikmati sunset cantiknya di sini.

Tebing Apparalang

Mau liburan di pantai bertebing yang cantik? Mampir ke Tebing Apparalang saja yuk! Bayangkan, kamu bakal disambut dengan air laut biru jernih dengan pemandangan biota bawah laut yang mengesankan. Deburan ombak yang santai, bisa kamu manfaatkan buat snorkeling maupun bersantai di atas pelampung. Tantang adrenalin kamu dengan melakukan cliff jump dari ketinggian 7 meter.

Pantai Merpati Bulukumba

Buat kamu yang ngaku gaul banget, tampaknya harus main ke Pantai Merpati Bulukumba. Pantai nelayan yang satu ini jadi destinasi hang out anak muda di Bulukumba, lho. Ajak keluarga atau sahabat buat menikmati sunset cantik di Pantai Merpati Bulukumba. Jika sudah puas, kamu bisa berburu kuliner laut sambil menutup hari di Pantai Merpati Bulukumba. (ndy/Detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.