Astronomi Day, Lokasi Terbaik Nikmati Malam Bertabur Bintang

0
116
Milky Day di Gunung Bromo Jawa Timur (Foto: agentwisatabromo.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menyambut hari astronomi internasional yang diselenggarakan setiap tanggal 11 Mei, banyak pihak yang mulai lantang untuk menyuarakan tentang dampak polusi cahaya. Polusi cahaya adalah salah satu hal yang menghalangi eksistensi bintang-bintang di langit.

Dampak yang nampak jelas dari polusi cahaya adalah langit terlihat hitam keruh. Biasanya situasi ini kerap terjadi di kota-kota besar. Untungnya masih ada beberapa tempat di dunia yang tidak terdampak polusi udara, sehingga sangat cocok untuk menikmati malam bertabur bintang.

Mengutip independent, Senin (29/4/2019), berikut beberapa tempat di penjuru dunia yang harus disambangi jika ingin menikmati malam yang gemerlap. Antara lain:

#. Taman Nasional Joshua, Amerika Serikat

Tempat ini adalah tujuan wajib bagi para pemburu malam bertabur bintang. Padang yang terhampar luas dan langit yang minim polusi cahaya, adalah salah satu atraksi wisata utama di musim panas.

#. Bodmin Moor, Inggris

Bodmin Moor memang sengaja didesain sebagai kawasan alam yang dilengkapi dengan beragam atraksi, salah satunya adalah menikmati bintang.

#. Taman Nasional Ballycroy, Irlandia

Ballycroy adalah kawasan terluas di Irlandia, sehingga kerap dijadikan tempat untuk berkemah sembari menikmati malam yang syahdu dengan bintang.

#. Taman Nasional Warrumbungle, Australia

Tak hanya memiliki tempat yang luas untuk memandangi bintang, taman nasional yang terletak di New South Wales ini juga memiliki observatorium untuk memenuhi keingintahuan sebagian orang terhadap astrologi.

#. Area Konservasi Zselic, Hungaria

Tempat ini adalah yang paling gelap di antara yang lainnya, sehingga bintang menjadi hal lumrah saat malam tiba. Namun saking gelapnya tempat ini, maka tak hanya bintang saja yang nampak di sini. Jika beruntung maka beberapa planet pun bisa nampak tanpa bantuan teropong.

#. Winklmoosalm, Jerman

Kawasan seluas 79 hektare yang membentang di pegunungan alpen, adalah tempat favorit warga Jerman untuk menyaksikan bintang. (agr)

Di Indonesia juga ada beberapa lokasi yang bisa menikmati malam bertabur bintang, dengan syarat cuaca tidak hujan, berkabut dan kondisi malam yang cerah. Beberapa lokasi itu antara lian:

#. Gunung Gede Jawa Barat

Salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia adalah di Gunung Gede, yang berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango. Terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Di siang hari, suhu udara di Gunung Gede berkisar 18 derajat celcius, sedangkan suhu puncak di malam hari bisa mencapai 5 derajat celcius. Untuk melihat taburan bintang Galaksi Bima Sakti, berkemahlah di alun-alun Suryakencana yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Sambil berkemah, menikmati secangkir kopi hangat, kita bisa puas memandangi keindahan langit malam yang dihiasi taburan bintang.

#. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia juga ada di Dataran Tinggi Dieng. Dari sisi tenda, kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang dalam bentangan langit di atas Candi Arjuna, Gunung Prau, Dieng, serta di Bukit Sikunir.

#. Gunung Merapi Yogyakarta

Gunung Merapi merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat taburan bintang Galaksi Bimasakti di Indonesia . Dalam dingin yang menyelimuti, kita bisa menyaksikan pesona ribuan bintang berpadu anggunnya merapi yang menjulang.

#. Gunung Bromo Jawa Timur

Pesona keindahan Gunung Bromo sudah tersiar hingga ke berbagai penjuru dunia. Selain dapat melihat sunrise, sunset, dan lautan pasir luas bak Gurun Sahara, di Gunung Bromo kita pun dapat melihat fenomena Milky Way. Fenomena Milky Way di Gunung Bromo disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di dunia.

#. Ranu Kumbolo, Kaki Gunung Semeru Jawa Timur

Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau Ranu Kumbolo ini menjadi tempat transit bagi para pendaki dalam perjalanan mereka untuk mencapai puncak Mahameru. Para pendaki mendirikan tenda di dekat Danau Ranu Kumbolo, dan di malam hari mereka bisa menyaksikan taburan gugusan bintang Milky Way.

#. Segara Anakan Lombok Nusa Tengara Barat
Segara Anakan yang memiliki arti “Anak Laut” adalah danau kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anakan adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Milky Way di Indonesia. Dengan berkemah di tepi Danau Segara Anakan kita bisa menikmati indahnya fenomena Milky Way. (NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here