ASTINDO Selenggarakan Virtual Travel Mart Nusantara   

0
8

Elly Hutabarat ( kiri), Ketua ASTINDO saat kegiatan  travel fair tahun 2019 lalu ( Foto: Astindo)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Untuk pertama kalinya ASTINDO menggelar ajang bisnis (B to B) secara virtual yaitu ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara 2020 yang dibuka oleh Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Barekraf).

Elly Hutabarat, Ketua Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia ini mengatakan, dampak COVID-19 memang sangat berat dan  para  pelaku industri pariwisata selama beberapa bulan terakhir ini bisnusbta terpuruk.

” Itu sebabnya kami menginisiasi penyelenggaraan ASTINDO Virtual Travel Mart Nusantara yang mempertemukan Seller dan Buyer dari  anggota untuk mendinamiskan bisnis para pelaku industri pariwisata dan industri pendukungnya serta mendorong para pelaku industri pariwisata agar segera menyiapkan produk wisatanya agar dapat segera dipasarkan paska pandemi Covid-19. 

Dia sangat optimis sektor pariwisata domestik akan cepat bangkit melihat sinergi antara para pelaku industri pariwisata dan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder lainnya untuk membangkitkan pariwisata domestik. 

“Kami mendukung penuh upaya dan langkah-langkah pemulihan yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam menyambut kondisi kenormalan baru di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, utamanya terkait dengan penerapan Cleanliness, Health, and Safety (CHS) untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan,” lanjut Elly.

Sejalan dengan hal ini, pihaknya telah mensosialisasikan program CHS tersebut kepada para tour operator dan travel agent, khususnya anggota ASTINDO agar dapat diterapkan dengan baik. Dia juga optimistis gaining trust atau confidence merupakan kunci dalam percepatan pemulihan pariwisata, tambahnya.

Produk paket wisata yang ditawarkan pada Virtual Travel Mart Nusantara ini merupakan produk wisata yang sudah sesuai dengan standar protokol CHS. 

Kegiatan ini dapat mendorong pemulihan bisnis pariwisata Indonesia serta membangkitkan semangat para pelaku industri pariwisata agar tetap mendapat kesempatan membangun networking sekaligus menciptakan peluang bisnis baru. “Ke depan, kami bermaksud untuk melanjutkan kegiatan ini  dalam beberapa series selama masa pandemi ini,” tutup Elly. 

Ketua Pelaksana Anton Sumarli, menyampaikan, kegiatan diikuti oleh 14 Seller yang terdiri dari tour operator, hotel, asuransi dan 120 Buyer yang merupakan travel agent anggota ASTINDO yang tersebar dari 11 provinsi di Indonesia. 

Pada ajang perdana ini, jumlah peserta dibatasi agar dapat fokus dan untuk efisiensi waktu. Kegiatan ini merupakan satu wujud kepedulian terhadap eksistensi seluruh anggota ASTINDO ditengah situasi pandemi COVID-19  dan sekaligus memberikan dukungan kepada pemerintah pada salah satu programnya yaitu membangkitkan industri pariwisata nasional,” tutup Anton.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.