Amazy Cari Donor Paket Sembako Makanan Beku & Tawarkan Solusi Reseller Bagi yang Terdampak COVID-19

0
66

Yanti Melianty Isa, Pendiri dan CEO PT MagFood Amazy Internasional

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Paket sembako banyak dibagikan instansi pemerintah, organisasi maupun individual untuk membantu warga terutama pekerja harian yang terimbas oleh pandemi global COVID-19.

Ekonomi mereka yang setiap harinya hanya ditopang oleh pendapatan pada hari itu juga memang begitu merana. Pemasukan menjadi sangat rentan karena ketika mereka tidak bekerja, maka pendapatan mereka juga tidak ada.

Pekerja informal, pedagang kecil-kecilan, dan orang yang kerjanya serabutan, tentu mereka sangat rentan dengan kemiskinan. Satu hari saja mereka tidak bekerja, maka tidak ada yang dapat dimakan untuk hari itu dan esoknya.

Bukan hanya warga, nasib berbagai perusahaan kategori usaha mikro, kecil, menengah ( UMKM ) terutama di sektor pariwisata sudah banyak yang tutup dan merumahkan karyawan. Jutaan orang yang hidupnya tergantung sektor pariwisata sudah menjadi pengangguran. Kondisi ini bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga terjadi hampir diseluruh dunia. 

Tak heran paket bantuan banyak dibagikan pada masyarakat. Pemerintah, beragam organisasi maupun individual banyak melakukan pengumpulan dana untuk membantu sesama. Diawali dengan memenuhi kebutuhan APD, masker dan kebutuhan medis lainnya kini paket sembako banyak dibutuhkan masyarakat.

Paket sembako biasanya terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1kg, mie instan dan kebutuhan pokok lainnya. Tidak jarang pula ada yang memasukkan  masker dan biskuit.

Setelah hampir dua bulan menjalani Work from Home ( WfH) bagi orang kantoran, belajar di rumah bagi pelajar dan mahasiswa serta beribadah di rumah yang  dilanjutkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang berlaku diberbagai daerah hingga sekarang maka asupan nutrisi harus terjaga.

Meski harus banyak berada di rumah, kita tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Tujuannya agar tubuh selalu sehat, sehingga sistem imun juga tetap terjaga dan bisa melawan berbagai penyakit yang masuk ke tubuh.

Kebutuhan nutrisi

Nah, untuk itu ada tiga jenis makanan yang tidak boleh lupa untuk selalu dikonsumsi meski kita harus banyak berada di rumah yaitu karbohidrat, protein dan serat. Selain beras atau nasi karbohidrat bisa diperoleh dari kentang, pasta, singkong, mi, roti, dan lainnya. Sedangkan protein sumbernya dari telur yang paling mudah didapatkan dan juga murah dan makanan dengan bahan dasar daging. 

Untuk memenuhi kebutuhan protein lainnya daging segar, misalnya daging sapi atau ayam bisa disimpan dengan cara dibekukan. Kita juga bisa membeli beberapa pilihan daging kalengan, misalnya tuna atau kornet agar bisa disimpan lebih lama.

Untuk serat maka sayur dan buah dapat melengkapi kebutuhan serat  pelengkap menu makanan harian. Sayuran berbatang seperti brokoli atau wortel cenderung lebih awet untuk disimpan dibandingkan sayuran berdaun.

Saat semua orang membutuhkan nutrisi makanan yang baik itulah Yanti Melianty Isa, CEO PT Magfood Amazy Internasional menghimbau agar para penyumbang memikirkan nutrisi dari paket sembako yang mereka bagikan.

“Kami mencoba melayani paket dari produk beku yang selama ini diproduksi sendiri dan di sajikan di restoran Amazy. Malah di saat banyak orang menganggur kami juga tawarkan mata pencaharian baru sebagai reseller,” ujarnya, hari ini melalui chat.

Sebagai pendiri dan CEO perusahaan ini yang berlatar belakang bidang Fast Moving Consumer Goods ( FMSG)  dari berbagai perusahaan multinasional, Yanti langsung menyemangati para franchisee untuk fokus menjual produk beku mereka yang kaya karbohidrat dan protein.

Mulai mendirikan PT MagFood Inovasi Pangan pada 2001 yang bergerak di bidang Food Seasoning dan Product Development dengan sistem franchise,  perusahaannya melayani kebutuhan R&D industri makanan di Indonesia sebagai pusat pengembangan produk dan usaha bagi UKM.

“Visinya 500 outlet di Indonesia dan 100 outlet di ASEAN tahun 2025. Pada 29 Febuari 2020 lalu kami masih bisa menggelar konferensi tahunan untuk para  franchisee mengangkat tema Strategi Bisnis Untuk Menuju Amazy Yang Gemilang,” kata Yanti.

Siapa sangka kemudian virus Corona melanda dunia. Dalam hitungan dua bulan bisnis pariwisata di dunia hancur, diikuti bisnis di sektor lainnya. Restoran keluarga Amazy sebagai penunjang bisnis pariwisata termasuk yang paling cepat terkena imbasnya.

” Baik pemerintah, perusahaan maupun individu pasti terkaget-kaget menghadapi situasi seperti ini. Namun kita harus melakukan gerak cepat dan melakukan penyesuaian seoptimal mungkin dan tentunya dengan tetap mempertahankan karyawan, ” tambah

Maklum , kini outlet-outlet Amazy tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia. Selain di ibukota Provinsi juga tersebar di ibukota Kabupaten. Di Malaysia akan membuka 2 cabang baru antara lain Gombak dan Melaka dan akan menyusul kota-kota lainnya.

Yanti sebagai pengurus Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia ( HIPPI) pimpinan Suryani Motik sangat concern dengan ketahanan pangan nasional menghadapi pandemi global ini. Oleh karena itu dia mengamankan bisnis hulu dan hilirnya agar produksi makanan beku terus berjalan dan dapat dikonsumsi masyarakat.

Dia tidak segan-segan japri, WA untuk menawarkan produk Magfood dengan brand Amazy untuk menjadi stok makanan beku di rumah keluarga Indonesia termasuk menawarkan produknya pada para donatur untuk memberikan makanan sehat pada mereka yang terdampak COVID-19.

Hal ini bisa terlihat dari dagingnya yang putih bersih karena melalui penentuan jenis ayam yang berumur 8-9 minggu untuk ayam tumbuh normal tanpa bantuan hormon pertumbuhan yang berbahaya. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembersihan lemak dan lendir yang menempel pada daging ayam sehingga dapat dihasilkan produk ayam dengan kualitas terbaik.

Selain itu menggunakan 20 jenis bumbu rempah diolah dari bahan alami tanpa pengawet yang diracik oleh tim R&D Magfood menjadikan Chicken Crips Amazy memiliki cita rasa khusus yang disukai banyak kalangan. 

Paket Reseller

Pandemi global, kata Yanti, bukan ‘kiamat’ tapi justru Allah SWT  memanggil umatnya untuk lebih mendekatkan diri pada sang pencipta dan menata ulang cara hidup dan ibadah-ibadahnya.

” Buat mereka yang sementara waktu ini kehilangan pekerjaan harus tetap semangat dan optimistis karena kami menawarkan peluang sebagai reseller dengan modal terjangkau yaitu paket silver  Rp 1 juta dan paket gold Rp 6 juta,” jelas Yanti.

Paket reseller ini bisa dijual pada keluarga besar, tetangga, komunitas, WA grup dan lainnya tanpa harus meninggalkan rumah. Dia berharap himbauannya ini menjadi solusi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Sebagian franchisee Resto Amazy yang outlet nya tutup ataupun masih buka tapi drop penjualannya agar bisa tetap membuka lapangan kerja bisa menjalankan bisnis ini dan masyarakat luas siapa pun mulai dari Ibu Rumah Tangga maupun para pekerja yang terkena PHK atau pelaku bisnis lain yang tidak bisa berjalan bisa jalankan usaha ini dengan memanfaatkan kenalan sekitar

Yanti optimistis harga paket Resellernya terjangkau, apalagi jutaan Aparat Sipil Negara ( ASN) yang ingin memiliki tambahan penghasilan juga bisa ikut. bagi mereka yang berprofesi sebagai ASN atau pegawai negri, meskipun kerja dari rumah, gaji mereka di awal bulan masih tetap diterima utuh

Saat bulan puasa seperti saat ini, ungkap Yanti. pihakya sering mengadakan pengajian dan tausiah lainnya di restoran, namun kebijakan sosial dan phisycal distancing membuat kegiatan ini sementara ditiadakan dulu.

Dia berharap usai pandemi global COVID-19 rencana pengembangan bisnis Amazy pun terus dilakukan untuk mencapai visi 2025. Hingga saat ini dalam berbagai kreasi menu sudah ada Chicken Crispy Sambal Geprek, Red Chili Chicken serta berbagai olahan ayam, aneka saos spesial, aneka Nasi Goreng, berbagai kreasi Spaghetti dan lain sebagainya. 

Pada tahun ini Amazy akan melaunching Amazy Coffee Corner untuk para penikmat kopi. Beberapa varian product yang akan di launcing adalah Es Kopi Susu Single, Es Kopi Susu Double, Es Kopi Coklat, Es Americano. Akan dikemas dalam paket usaha Commercial Type,  Milenial Type dan Idealist Type. 

Selain itu produk lainnya seperti minuman Espressobase, Cappucino Latte dll.  Untuk Pecinta Kopi Speciality Amazy juga akan menghadirkan berbagai macam kopi Khas Daerah Indonesia. 

Amazy Coffee Corner ini merupakan kesatuan dari Amazy Family Resto yang saat ini sedang bebenah diri dalam meningkatkan image dan kualitas produk maupun pelayanan. Produk kopi yang disajikan merupakan pendukung gaya hidup bagi keluarga muda dalam mengantar anak-anak bermain dan belajar di resto  Amazy.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.