HOSPITALITY HOTEL INTERNATIONAL

Airbnb Memungkinkan Komunitas yang Tidak Miliki Hotel untuk Berbagi Manfaat Pariwisata

Sebuah fasilitas Airbnb di Narmada. Gujarat. India yang banyak dipesan konsumen ( foto: Airbnb.com)

MUMBAI, bisniswisata.co.id: Analisis Airbnb dan OpenStreetMapdata untuk pertama kalinya menunjukkan nilai yang dibawa oleh Airbnb kepada komunitas yang kurang terlayani, memungkinkan destinasi baru untuk dijelajahi oleh wisatawan yang ingin mengambil jalan yang jarang dilalui.

Dilansir dari hospitalitybizindia.com, pandemi menyebabkan gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada pariwisata global, menyebabkan jumlah pengunjung internasional anjlok hingga lebih dari 70 persen. 

“Di Airbnb, kami melihat perubahan besar dalam kebiasaan bepergian dari perjalanan internasional dan istirahat kota menjadi perjalanan domestik dan tinggal lebih lama di pedesaan,” kata Amanpreet Bajaj, Manajer Umum untuk Airbnb India, Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan,

Menurut dia, studi ini menunjukkan bahwa tanpa berbagi rumah, peluang ekonomi untuk komunitas kecil dan bisnis mereka mungkin akan hilang seluruhnya. Tamu memiliki kemampuan untuk bepergian ke lebih banyak tempat dengan menggunakan Airbnb, dibandingkan dengan hotel yang secara tradisional terletak di area lalu lintas yang lebih tinggi.

Bagaimana Airbnb Menyebarkan Perjalanan di India dan dunia

Pada tahun 2022, tamu menginap di lebih dari 100.000 kota besar dan kecil secara global, dan 10 destinasi paling banyak dikunjungi di Airbnb menyumbang sekitar 7 persen dari semua perjalanan, dibandingkan dengan 10 persen pada tahun 2019.

Jumlah komunitas global tempat tamu menginap meningkat lebih dari 25 persen pada tahun 2022 dibandingkan dengan lima tahun lalu, menyebarkan pariwisata ke destinasi baru dan berbeda.

Sejak Maret 2020, lebih dari 13.000 kota di seluruh dunia menerima pemesanan pertama mereka di Airbnb. Di India, ada hampir 100 kota besar dan kecil dengan pemesanan pertama mereka di Airbnb sejak Maret 2020.

Pemesanan Teratas Kota & Kota di India dengan Pemesanan Airbnb Pertama mereka sejak Maret 2020 adalah ; 

  • Narmada, Gujarat
  • Bidar, Karnataka
  • Purnia, Bihar

Pentingnya Pariwisata Domestik

Pariwisata domestik telah terbukti tangguh di saat krisis dan merupakan pilihan dampak ekonomi yang lebih cepat dan positif bagi ekonomi lokal. Perjalanan akhir pekan ke tujuan dekat ke rumah tidak hanya lebih mudah direncanakan tetapi juga jauh lebih terjangkau.

Airbnb telah terbukti menjadi opsi yang dapat membantu mengembangkan jenis pariwisata ini dengan menyediakan opsi akomodasi yang lebih terjangkau, dan dengan memperluas penawaran akomodasi di lebih banyak destinasi baru.

Di India, jumlah malam domestik yang dipesan meningkat dua kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2019.

Amanpreet Bajaj melanjutkan bahwa perjalanan terdistribusi menawarkan alternatif berkelanjutan dan terjangkau yang memberikan dampak positif bagi ekonomi dan komunitas lokal. 

Tidak seperti perjalanan tradisional yang memusatkan pariwisata di area tertentu, menyebabkan kepadatan, kemacetan, dan ketegangan, Airbnb membantu menyebarkan tamu, pendapatan pariwisata, dan keuntungan ke destinasi baru dan sedang tren, bahkan yang tidak memiliki hotel. 

“Kami menyadari tantangan yang ditimbulkan oleh tren pariwisata massal dan berkomitmen untuk berinvestasi dalam solusi yang tidak hanya membantu meringankan tantangan ini tetapi juga memungkinkan para tamu menjelajahi komunitas baru dan menciptakan peluang pendapatan tambahan bagi penduduk setempat.”

Evan Maulana