35 Tahun Dilarang, Warga Arab Saudi Kini Bisa Nonton Film

0
405
Bioskop di Arab Saudi membludak

ARAB SAUDI, Bisniswisata.co.id: Warga Arab Saudi akhirnya bisa kembali menonton film di bioskop, setelah selama 35 tahun dilarang. Sebagai awal kembali dibukanya bioskop, film yang bakal diputar adalah “Emoji Movie”.

Padahal, saat ini banyak film Hollywood yang tengah naik daun di pasaran, namun mereka memilih memutar film yang hanya mendapatkan skor 9% dari situs review film Rotten Tomatoes dan diterima hanya sekitar 39% penonton.

Pemutaran film lainnya di Jeddah adalah Captain Underpants: The First Epic Movie, yang mendapatkan kritikan lebih baik dari para pengamat film. Di Arab Saudi sendiri, bioskop telah dilarang beroperasi awal 1980 sebagai bagian dari kebijakan konservatif.

Reformasi yang dipimpin Putra Mahkota Mohammed bin Salman (32) mengurangi banyak pembatasan,t karena pemerintah berusaha untuk memperluas ekonomi dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Rencananya, bioskop permanen pertama akan dibuka pada Maret 2018. Untuk saat ini, bioskop hanya bersifat sementara yang dilengkapi dengan proyektor, karpet merah dan mesin popcorn. Sebagai bagian dari konservatif mereka, film akan disensor untuk memastikan mereka tetap sesuai dengan nilai moral kerajaan.

Kebijakan ini menyusul diperbolehkannya pertunjukkan konser, pertunjukan komedi dan perempuan dibolehkan mengemudi selama setahun terakhir.

Mamdouh Salim, yang mengelola sebanyak 70 sinema sementara dalam sepekan ini menyebutkan sampai sekarang, tidak ada infrastruktur untuk bioskop, jadi mereka mencoba memanfaatkan tempat alternatif untuk mendekati bentuk sinematik.

“Kami mencoba menggunakan film-film ini untuk menjadi titik awal sebagai screening sinematik pertama setelah keputusan bioskop diperbolehkan kembali.” ujarnya sambil menambahkan sedikitnya 300 layar bioskop akan dibuka pada 2030 mendatang, dan akan membuka sebanyak 30.000 lapangan kerja baru. (DAY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.