3 – 7 Oktober 2018, Festival Kerinci 2018

0
295
Festival Kerinci (Foto: .triptrus.com)

KERINCI JAMBI, bisniswisata.co.id: Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci kini ganti nama menjadi Festival Kerinci. Festival yang masuk kalender pariwisata nasional ini, dihelat setiap tahunnya oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kerinci Jambi. Festival Kerinci ini dilaksanakan di dua lokasi Danau Kerinci dan objek wisata Aroma Peko, Kayu Aro, pada 3 hingga 7 Oktober 2018.

Event itu diselenggarakan dalam rangka ajang promosi dan pelestarian kepariwisataan Kabupaten Kerinci, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata Kuliner yang dimiliki oleh Kabupatan Kerinci.

Dalam Festival Kerinci 2018 terdapat beragam aksi kepariwisataan seperti pertunjukan kesenian Kerinci-Jambi, lomba cerdas cermat kebudayaan dan lomba kuda lumping.

Kemudian ada lomba seduh teh kayu aro, seduh serbuk kawo, kicau mania, lomba fotografi, lomba menyelam, lomba melukis, lomba suling kapel, lomba numbuk tiga alu, pameran kuliner tradisional dan pameran karya seni rupa.

Juga ada Tari Rangguk Tradisi, Lomba Tari Kreasi, hingga Lomba Berbalas Pantun. Digelar juga Lomba Mengaji Adat Kerinci dan Lomba Sike Rebana. Karakter kekinian ditampilkan melalui Fashion Show antar pelajar, mahasiswa, dan sanggar se-Kabupaten Kerinci.

Selain itu, ada Kerintji Mountain Bike Cross Country yang merupakan event inti Festival Kerinci yang akan digelar pada 2 Oktober di Sirkuit Alam Kayu Aro dan finis di Danau Kerinci pada 3 Oktober sebelum pembukaan festival. Kerintji Montain Bike Cross Country akan diikuti para bikers profesional se-Provinsi Jambi dan dari luar Provinsi Jambi.

Selain itu, ada event menarik Festival 1.000 Kopi yang berlangsung di zona 3 Lapangan Bedeng VIII Kayu Aro. Memang Kerinci penghasil kopi arabica terbaik di Indonesia. Pada Festival Kopi 2017 di Jakarta, Kopi Kerinci dinobatkan sebagai Kopi Terbaik se-Indonesia. Sebagai imbalannya, Kopi Kerinci menjadi wakil Indonesia di Festival Kopi Internasional 2018 di Vienna, Austria.

Kopi Kerinci ini memiliki citarasa 5 kopi terbaik Indonesia dalam satu tegukan. Lebih tepatnya dari jenis Sigarar Utang, Gayo, Andung Sari, S795, dan P88. Kopi asal Jambi ini memiliki skor sertifikasi kopi specialty sebesar 86.25. Rahasia kenikmatan kopi arabica Kerinci adalah ditanam pada ketinggian diatas 1500 mdpl. Atau di area Gunung Kerinci.

Selain itu, jenis tanah vulkanik yang subur juga membuat biji kopi (green beans) Kerinci lebih padat dan citarasa yang tinggi. Khusus di Festival 1.000 Kopi, akan dua atraksi menarik akan disuguhkan. Ada Seduh 1.000 Kopi, dan Safari Kampung Kopi.

Diharapkan Festival Kerinci 2018 mampu menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara untuk mengunjungi Kabupaten Kerinci yang kaya akan objek wisata sehingga berimbas pada perekonomian masyarakat Kerinci. Apalagi Kerinci selama ini ditetapkan sebagai branding pariwisata Jambi.

Kenyamanan wisatawan juga akan disempurnakan dengan beragam hotel dan kuliner terbaik. Untuk hotel, wisatawan bisa memilih Zahza Hotel. Lokasinya ada di Sungai Sikai, Gunung Tujuh, Kerinci. Lalu, alternatif lainnya ada Subandi Homestay, Penginapan Kayu Aro, atau Homestay Paiman. Untuk kuliner ada Dendeng Batokok, Beras Payo, Kancung Beruk Lemang, Soto Semurup Kerinci, atau Dodol Kentang. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.