23 Juni – 21 Juli 2018, Pesta Kesenian Bali

0
501
Tari topeng Bali

DENPASAR, bisniswisata.co.id: Pesta Kesenian Bali kembali bergema. Pesta Kesenian tahunan di pulau Dewata kembali mempesona, menghibur sekaligus menyoroti perkembangan dunia seni dan budaya Bali. Edisi ke 40 tahun 2018, Pesta Kesenian Bali dipusatkan di Taman Budaya – Art Center di Denpasar, selama sebulan penuh mulai 23 Juni hingga 21 Juli 2018.

Selama sebulan, pertunjukan tarian, musik, dan ekspresi seni Bali yang terbaik dipamerkan bersamaan dengan aktivitas budaya dan komersial yang tak terhitung jumlahnya di mana secara harfiah. Pasalnya, seluruh seniman dan budayawan Bali berkumpul di kota Denpasar untuk menyajikan persembahan tarian, musik dan keindahan.

Juga ada parade para pemain, sebuah kontes seni dan kostum berkilauan dari semua Kecamatan di Bali dan provinsi-provinsi di Indonesia lainnya yang ikut menyemarakkan. Tercatat ada 13 daerah di Indonesia dan 4 empat negara dari dua benua yang mendaftar di event ini.

Jadi selain seniman lokal, beberapa negara juga mengirimkan duta terbaiknya. Seperti India, Jepang, Tiongkok, hingga Peru. Mereka akan menampilkan seni dan budaya terbaik di negaranya. Menpar menerangkan, bergabungnya empat negara menjadi penyempurna warna keberagaman dalam pesatuan di Pesta Kesenian Bali.

Totalnya, sekitar 15 ribu seniman terlibat dalam kegiatan ini. Mereka akan terbagi dalam 271 kelompok kesenian. Daerah lain di Indonesia yang akan bergabung di Pesta Kesenian Bali didominasi dari tanah Jawa.

Untuk memeriahkan festival ini, beberapa kabupaten atau kota di Bali sudah meyiapkan content terbaik. Ada 15 meteri yang diparadekan, 10 content lomba, dan empat konsep pagelaran. Komposisi lomba, diantaranya baleganjur anak-anak, lomba tembang girang, bondres modern, dan gender wayang remaja dengan sloka. Ada juga lomba melukis, foto, nyastra, kerajinan, hingga film dokumenter.

Untuk komposisi materi yang diparadekan, seperti ngelawang, tari pelegongan, wayang kulit babad, dan janger klasik. Ada juga gong kebyar, arja cerita rakyat bali, drama gong, joged bumbung tradisional, topeng panca klasik, hingga gamelan angklung kebyar. Selain itu, empat materi pagelaran mulai kesenian inovatif, kesenian khas menurut daerah di Bali, juga seni baru dari kabupaten atau kota di Pulau Dewata

Memang event tahun ini disajikan lebih meriah. Pesta Kesenian Bali diikuti oleh banyak sekali seniman. Mereka akan menampilkan karya terbaik. Yang menarik, seniman dari beberapa daerah ikut bergabung. Kolaborasi seniman dari lintas daerah ini akan membuat penyelenggaraan event menjadi lebih menarik.

Parade dan prosesi juga akan dihadirkan termasuk Parade Gong Kebyar, Parade Topeng Panca, Parade Nglawang, Parade Dramatari Arja, Parade Wayang Kulit, Parade Joged Bumbung, Parade Drama Gong, dan masih banyak lagi lainnya.

Setiap tahun, Bali Arts Festival ini menampilkan tarian klasik pulau ini, seperti legong, gambuh, barong, bola gemblungan, tarian topeng dan sejenisnya, dimana koreografi tari kontemporer telah diciptakan dan tarian desa tua dan kegiatan dihidupkan kembali. Karena sebagian besar kegiatan seni dan budaya di Bali dimotivasi oleh pengabdian religius, seniman akan berusaha menciptakan karya terbaik mereka.

Dengan sejarah 40 tahunnya, Bali Arts Festival atau Pesta Kesenian Bali telah menjadi media untuk menemukan kembali dan melestarikan seni dan budaya Bali yang unik dan ternama, sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Melalui acara tahunan khusus ini, diharapkan kebijaksanaan dan filosofi otentik masyarakat Bali tidak hanya dipertahankan namun juga akan tumbuh dan menyebar ke belahan dunia lain.

Juga sajian musik tradisional dan pertunjukan gamelan di panggung Ayodya dan Angsoka. Sakskan pemutaran film dokumenter Bali di auditorium Ksirarnawa. Ada sesi gamelan Gong Kebyar anak-anak Bali di amfiteater Ardha Candra. Selain itu, dapat menikmati kolaborasi vokal, musik dan tari.

Jelajahi melalui kerajinan tangan, lukisan dan pahatan di pameran. Bazaar kuliner tradisional menampilkan hidangan khas Bali. Pesta Kesenian Bali biasanya ditutup dengan upacara yang meriah. Ini termasuk balet tradisional malam yang dikenal dengan nama sendratari. Pertunjukan digelar di panggung terbuka Ardha Candra mulai pukul 20.00 WITA. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here