CRUISE INTERNATIONAL LIFESTYLE

10 Lokasi Kabin yang Harus Dihindari di Kapal Pesiar

SYDNEY, bisniswisata.co.id: Sama seperti ada kursi yang buruk di maskapai penerbangan berdasarkan lokasi (kursi tengah!), Ada yang namanya kabin kapal pesiar yang buruk.

Terjebak dengan salah satu lokasi kabin terburuk di kapal pesiar pada waktu tidur dan sendirian Anda mungkin terganggu oleh kebisingan, bau, dan gangguan lainnya.

Dilansir dari Cruisecritic.com.au, kabar baiknya adalah, seperti Anda dapat memilih apakah Anda ingin kabin di dalam, pemandangan laut atau balkon atau suite.

Dalam kebanyakan kasus Anda juga dapat memilih lokasi kabin saat melakukan pemesanan (kecuali jika Anda pergi dengan kategori tarif yang super murah di mana tempat anda ditentukan oleh pihak pelayaran).

Untuk menghindari kesalahan saat memilih lokasi kabin Anda, penting untuk mempelajari rencana dek kapal pesiar Anda sebelum membuat pilihan kabin.

Lihat apa yang ada di atas, di samping, atau di bawah lokasi kabin yang Anda pilih — dan ingat, denah dek tidak selalu berbaris di halaman seperti di kehidupan nyata. Cocokkan tepi lift dan tangga di setiap dek untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang di mana kabin Anda, secara spasial.

Atau lebih baik lagi, bekerjalah dengan penasihat perjalanan berpengalaman yang memiliki akses ke informasi dan pengetahuan tentang lokasi kabin mana yang terbaik — dan yang terburuk.

Berikut adalah rekomendasi kami tentang lokasi kabin yang harus dihindari.

1. Dekat Tempat Hiburan
Terutama jika Anda tidur nyenyak, Anda tidak ingin mendengar musik yang berdenyut hingga larut malam. Jangan memesan di dekat atau di bawah diskotek dan hindari area hiburan lainnya — kabin di dekat teater, misalnya.

Mungkin akan mengalami gangguan suara, terutama dentuman dari nada bass yang berat. Begitu pula dengan atrium kapal jika digunakan sebagai pusat hiburan untuk musik dan pertunjukan.

Area lain yang harus dihindari bagi mereka yang menginginkan keheningan termasuk kabin langsung di bawah dek Lido.

Tidur siang Anda mungkin terganggu oleh band tepi kolam yang memainkan lagu, pesta dek larut malam, atau suara gesekan saat penumpang memindahkan kursi geladak ke posisi yang diinginkan.

2. Di Haluan

Suite mewah itu mungkin berada di atas kapal di haluan, tetapi jika Anda rentan terhadap mabuk laut, sebaiknya hindari kabin yang menghadap ke depan dan dek yang lebih tinggi.

Soalnya pergerakan kapal cenderung lebih jelas di sana. Kabin di tengah kapal lebih stabil bagi mereka yang tidak ingin merasakan banyak gerakan di laut.

3. Dekat Jangkar
Di haluan kapal adalah jangkar, yang ingin Anda hindari dekat karena ketika dijatuhkan Anda dijamin akan mendengar suara yang sangat keras di larut malam setiap kali Anda berada di pelabuhan yang membutuhkan tender dan penambatan lepas pantai.

Kabin ini cenderung jauh ke depan di dek bawah, tetapi diperkirakan akan mendengar suara bising di sebagian besar kabin haluan ekstrem.

4. Tampilan Terhalang

Saat berlibur dengan kapal pesiar menjadi hal yang sangat menyenangkan, Anda membuka tirai dan melihat ke luar untuk mengagumi pemandangan langit dan laut yang tak berawan, tetapi malah mendapati diri Anda menatap sekoci besar berwarna oranye.

Jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda. Pilih kabin tanpa pandangan terhalang, kecuali jika Anda menghargai biaya yang lebih rendah dari kabin ini.

Kiat pro: sekoci itu membutuhkan perawatan setiap saat. Tentu anda tidak berharap untuk melihat pekerja melewati jendela Anda dengan sering.

5. Dekat dengan Ruang Mesin dan Galleys

Meskipun tidak terlalu menjadi masalah di kapal besar modern saat ini, jangan memesan kabin di dekat ruang mesin kecuali jika Anda menyukai bau diesel laut dan getaran sesekali.

Jika Anda sensitif terhadap bau, hindari memesan terlalu dekat dapur restoran, yang biasanya terhalang sebagai ruang teknis abu-abu besar di antara ruang makan di denah dek. Kentang goreng berbau harum saat Anda memakannya, tetapi tidak begitu harum saat batch demi batch dimasak.

6. Dekat Pendaratan Lift dan Tangga
Orang-orang cenderung berbicara di pendaratan lift dan di tangga saat kembali ke kabin mereka, bahkan larut malam. Mungkin terutama larut malam.

Jadi, kecuali jika Anda ingin mendengar semua obrolah orang lain, hindari memesan kabin di dekat area ini. Telinga sensitif Anda mungkin juga terganggu oleh ping lembut tombol lift.

7. Di Bawah Jogging Track atau Dekat Ruang Bermain Anak

Kebisingan adalah masalah jika Anda berada tepat di bawah jalur jogging atau dek pejalan kaki — kecuali jika Anda suka terbangun dengan bunyi gedebuk yang keras.

Bunyi gedebuk yang keras — dan anak-anak tetaplah anak-anak dan membuat kebisingan. Hindari juga pemesanan langsung di bawah lapangan olahraga dan area kebugaran lainnya yang dapat menimbulkan kebisingan yang berlebihan.

8. Penghubung Kabin

Jika Anda sangat sensitif terhadap kebisingan, jangan pesan kabin dengan opsi pintu penghubung karena melalui pintu (yang tidak seberat pintu koridor) Anda lebih mungkin mendengar orang-orang di sebelah — entah Anda tahu mereka atau tidak. Kabin penghubung biasanya ditandai dengan simbol kecil pada denah dek di antara kamar-kamar yang berdampingan.

9. Dekat Area Pemeliharaan Awak dan Lintasan Awak

Di antara kengerian yang mungkin terjadi di sini adalah mendapatkan kabin di sebelah sistem kontrol toilet vakum, yang berarti Anda akan mendengar pembilasan konstan. Membanting pintu saat kru melakukan pekerjaan mereka mungkin merupakan gangguan lain.

10. Sekitar Area Merokok
Bagi mereka yang sensitif terhadap bau rokok dan cerutu, hindari area di mana merokok diperbolehkan. Di beberapa kapal, ini berarti tidak tinggal di dekat kasino.

 

Arum Suci Sekarwangi