Yuk Simak Manfaat Staycation Bagi Wisatawan Domestik di Era New Normal.

0
30

Sebuah hotel tempat staycation ( Foto: Traveloka.com) 

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat kordinasi di bidang pariwisata pekan lalu dan menyebutkan kemungkinan beberapa destinasi wisata akan dibuka pada bulan Juli 2020. 

Pariwisata merupakan sektor pertama yang terdampak pandemi Corona. Oleh karena itu, pemerintah pun ingin sektor pariwisata yang bakal bangkit pertama kali di masa New Normal ini. Berbagai langkah pun dijalankan untuk mendorong sektor ini keluar dari keterpurukan. 

Saat ini, pemerintah meluncurkan empat program. Diharapkan program ini mampu mendorong kedatangan wisatawan asing kelas A dan kelas B di masa normal baru ini. 

“Untuk mencapai target itu, pemerintah meluncurkan empat program untuk wisatawan domestik, yaitu Activation, Staycation, Roadtrip, dan Epic Sale,”  kata Luhut.

Kali ini kita fokus ke staycation dulu yang agaknya menjadi mode liburan yang dilakukan tanpa harus keluar kota. Online Travel Agent ( OTA) juga telah banyak mempromosikan hotel, rumah peristirahatan, villa-villa untuk tempat melakukan staycation bersama keluarga.

Setelah ada kelonggaran dan  Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan mengatakan hingga akhir Juni 2020 merupakan masa transisi maka tidak ada salahnya melakukan staycation 

Bagi yang belum pernah mencoba gaya liburan ini, yuk simak keuntungan dan manfaat staycations berikut ini dikutip dari situs traveloka.com. Keuntungan dan Manfaat Liburan Ala Staycation;

1.Menghemat budget liburan. Coba ingat-ingat lagi berapa banyak uang yang  dihabiskan setiap kali pergi liburan ke luar negeri atau ke luar kota yang cuma memakan waktu 2 jam perjalanan?

Meskipun hanya berlibur di akhir pekan saja, tetap bisa menghabiskan uang banyak. Biaya transportasi, akomodasi, kuliner, dan bujet belanja rasanya tidak mungkin sedikit, kan? 

Nah, dengan staycation, bisa menghemat budget liburan yang biasa dikeluarkan itu tanpa perlu menguras banyak waktu dan tenaga. Bahkan  bisa dapat keuntungan ekstra kalau mau menggunakan jumlah budget yang sama untuk staycation. Budget malah bisa dialokasikan ke biaya kuliner untuk mencoba restoran atau hotel mewah yang belum kesampaian.

  1. Lebih punya banyak waktu.

Bayangkan kalau pergi keluar kota saat akhir pekan. Bisa jadi diperjalanan bisal ketemu macet yang tidak ada solusinya. Kalau kamu ke luar negeri, pastinya harus menempuh perjalanan ke bandara, menunggu keberangkatan lalu ada masanya di atas udara tidak bisa banyak melakukan aktivitas berjam-jam. Banyak sekali waktu yang terbuang untuk bisa merasakan liburan.

Beda kalau pilih staycation. Jarak hotel yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, juga jarak dari satu tempat hiburan ke tempat liburan lainnya juga tidak butuh banyak waktu. Tapi sudah bisa merasakan hawa liburan dalam waktu singkat.

  1. Tidak perlu bawa barang banyak

Bagi yang tidak suka packing karena itu staycation rasanya jadi liburan yang harus sering-sering dilakukan. Soalnya tidak lagi harus susah-susah bongkar pasang barang-barang ke dalam koper. Tidak perlu menarik koper sambil lari-lari mengejar pesawat. Cukup bawa pakaian dan keperluan sehari-hari seadanya dalam satu tas dan berangkat! Kalau memang ada yang tertinggal, bisa kembali ke rumah dan ambil seberapa banyak pun. Praktis, kan?

4.Mengurangi drama dalam perjalanan. Kadang disadari atau tidak, liburan sering membuatmu stres. Ada saja drama yang mungkin terjadi saat liburan. Ketinggalan pesawat, pesawat delay, tersesat di destinasi tujuan, sampai kekurangan uang. Belum lagi persiapan liburan yang membutuhkan usaha ekstra.

Misalnya harus buat jadwal perjalanan, riset destinasi wisata, sampai anggaran biaya. Bisa jadi tiba-tiba tiket pada tanggal yang diinginkan habis atau kamu tidak kedapatan kamar hotel yang diinginkan.

Liburan ke luar kota atau luar negeri pasti menyenangkan. Cuma rasanya sulit kalau tidak benar-benar dipersiapkan. Soalnya tidak bisa spontan memutuskan untuk berlibur begitu saja. Sedangkan, salah satu keuntungan dari staycation adalah kamu bisa sesuka hati booking kamar hotel untuk besok atau bahkan hari ini! 

Lalu, langsung leha-leha di kolam renang atau pijat di fasilitas hotel. Setelah itu, tinggal berendam di bathtub air hangat dan menunggu waktunya makan malam.

5.Mudah berkumpul dengan orang-orang terdekat. Pastinya jadi tantangan tersendiri untuk mengumpulkan orang-orang terdekat dan pergi berlibur bersama. Terkadang memang  butuh mencocokkan jadwal mereka untuk bisa pergi dalam waktu bersamaan jika mau pergi ke destinasi yang berada di luar kota atau luar negeri.

Inilah juga manfaat dari staycation. Kita tidak perlu bersusah payah memesan tiket, menyewa transportasi di destinasi tujuan, atau berpikir dua kali mengajak mereka berwisata kuliner.

Berkumpul bersama keluarga atau teman-teman terdekat bisa semudah bersebelahan kamar hotel dan melakukan aktivitas bersama-sama selama beberapa hari. Kita bisa juga menyewa satu apartemen dengan beberapa kamar lalu menikmati suasana baru di luar rumah sendiri.

6.Staycation karena dilakukan dikota sendiri juga dapat lebih mengenal berbagai sisi ibukota. Mungkin jarang terlintas di pikiran untuk mencari tahu wisata apa saja yang menarik di kota tempat kita  tinggal dan bekerja.? Padahal kalau kamu punya waktu sedikit untuk berlibur di dalam kota, pasti ada saja penemuan-penemuan yang menarik. 

Misalnya saja berwisata kuliner ke tempat-tempat yang tidak pernah kamu lewati sehari-hari atau memasuki tempat hiburan yang selama ini jadi incaran, tapi tidak pernah ada waktu untuk berkunjung. 

Bisa juga hunting spot foto di daerah yang dipilih secara acak. Pasti ada saja  cerita seru yang bisa didapatkan tanpa perlu pergi ke pantai nan jauh di sana atau gunung yang perlu didaki seharian.

  1. Punya waktu berkualitas.

Saat berada di luar kota atau di luar negeri, kamu pasti lebih sering berada di luar ruangan untuk eksplorasi. Rasanya sayang kalau sudah buang uang banyak tidak mengunjungi banyak tempat, kan? Lalu kamu jadi harus ke sana-sini tanpa memikirkan kaki mungkin sudah pegal atau kamu belum ganti baju seharian. 

Jika berlibur ala staycation, kita bisa  jadi lebih bisa punya waktu berkualitas untuk diri sendiri dan orang-orang tercinta. tidak perlu memikirkan harus bangun jam berapa agar bisa berkeliling sesuai jadwal. Tidak perlu buru-buru menghabiskan makanan supaya bisa mencoba makanan lain setelahnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.