Home INDEX Wisata Sejarah Yunani Digemari Pesohor Indonesia

Wisata Sejarah Yunani Digemari Pesohor Indonesia

0
155
Wisatawan kunjungi kota Yunani Kuno Ephesos (Foto: Repro Google)

ATHENA, bisniswisata.co.id: Yunani menyimpan sejarah yang memukau dan terkenal di berbagai penjuru dunia, terutama Yunani Kuno. Dan banyak orang bilang negara ini merupakan tempat tinggal para dewa. Catatan sejarah, Yunani ditinggali sejak 7.000 tahun sebelum masehi.

Negara beribukota di Athena ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Kota yang indah, bangunan tua, reruntuhan dinding, dan patung-patung bersejarah menjadi pesona yang memikat. Selain menyimpan sejarah, Yunani juga menyimpan beragam keindahan yang membuat banyak wisatawan asing berkunjung ke sana, termasuk wisatawan Indonesia.

Seperti dlansir Liputan6.com, Senin (8/04/2019) Sejumlah pesohor Tanah Air pun sempat mengunjungi Yunani, seperti Syahrini, Luna Maya, Cinta Laura, Nikita Willy, Bunga Citra Lestari, hingga Marshanda. Mereka menjelajahi berbagai kota kuno

Dari tempat yang ada, mereka tak melewatkan untuk berkunjung ke Santorini. Kota yang terletak 200 km dari daratan Yunani itu memiliki beberapa situs bersejarah yang dulunya merupakan salah satu pusat peradaban yang sangat penting. Negara di Eropa tenggara ini, terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan, di bagian timur Laut Tengah. Mereka terpesona dengan keindahan yang dimiliki Yunani.

Athena juga merupakan kota tertua di Eropa yang merupakan jantung peradaban Yunani Kuno. Di Athena tempat lahirnya paham demokrasi, filsafat barat, Olympic Games, politik, dan lainnya.

Berkunjung ke Athena kurang lengkap jika tak mengunjungi Acropolis, benteng di puncak bukit. Di Acropolis terdapat museum yang menyimpan banyak patung dan pahatan yang bercerita tentang sejarah Yunani. Juga sederet destinasi wisata sejarah lainnya. Antara lain:

#. Meteora
Meteora adalah sebentuk formasi batuan yang ada di Yunani. Tepatnya di tepi barat laut Dataran Thessalia, berdekatan dengan Kalambaka, Sungai Pineios, dan Pegunungan Pindus. Tebing menjulang serupa pilar ini merupakan tempat berdirinya salah satu kompleks biara Ortodoks Timur terpenting di negeri para dewa Olympus. Keenam biara yang berdiri di atasnya merupakan sebuah keindahan arsitektur yang menakjubkan. Biara-biara tersebut dibangun di atas tebing curam yang dikelilingi bukit-bukit. Letaknya sekitar 400 meter di atas lembah Peneas. Tempat ini masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

#. Mystras
Tempat ini dibangun sekitar abad ke-14 dan merupakan tempat bersejarah. Tempat ini berada di lereng Gunung Taygetos, dekat Sparta.
Mystras adalah kota abad pertengahan yang didirikan pada tahun 1249 oleh pemimpin Frankish, William II de Villeharduin. Kota ini mencapai puncaknya selama periode Bizantium, Mystras tumbuh menjadi kota penting, kedua dari Konstantinopel. Selain menawarkan pemandangan yang indah di atas dataran Sparta, Mystras dikenal karena gereja-gereja Bizantium dan rumah-rumah batu yang indah.

#. Delphi Stone Theatre
Tempat ini dibangun jauh lebih ke atas bukit dari Kuil Apollo. Tempat ini dibangun abad ke-4 sebelum Masehi dengan menggunakan batu kapur. Tempat ini sudah beberapa kali direnovasi. Tempat ini memiliki 25 baris tempat duduk yang dapat menampung sekitar 5 ribu penonton pada zaman kuno. Para penonton dapat menikmati berbagai lakon, pembacaan puisi, musik, dan beragam festival yang berlangsung secara berkala di Delphi. Tingkat kursi yang paling rendah dibangun selama periode Helenistik dan Romawi.

#. Athena
Pernah nonton film Percy Jackson? Kalau pernah, kamu pasti tak asing dengan ibukota satu ini. Sama seperti Roma, Athena juga merupakan kota tertua di dunia. Wisatawam dapat menyaksikan kota penuh bebatuan seperti layaknya film-film para Dewa.

#. Santorini
Terletak di Laut Aegea, pulau ini menjadi destinasi paling terfavorit para wisatawan dari berbagai negara di dunia. Bangunan yang khas dan panorama yang indah menjadi ciri khas dari pulau ini. Tahun 2015, Santorini dinobatkan sebagai salah satu pulau terindah di dunia.

#. Temple of Olympian ZeusMeski bangunan peninggalan sejarah ribuan tahun lalu, keindahan Temple of Olympian Zeus masih diakui hingga sekarang. Dimanfaatkan sebagai latar belakang foto, lokasi ini sangat Instagramable. Kamu akan melihat reruntuhan bangunan raksasa yang bakal membuatmu terpukau.

#. Temple of Poseidon
Setelah mengunjungi kerajaan Zeus, kini saatnya beralih ke kerajaan milik Dewa Laut yakni Poseidon. Kuil ini terletak di Sounion. Laut tampak mengelilingi tiga sisinya. Jika masih utuh, bangunan ini akan mirip seperti Kuil Hephaestus di Acropolis.

#. Temple of Hephaestus
Kuil ini merupakan salah satu kuil terbaik yang diawetkan di dunia. Meskipun tak se-terkenal Parthenon di Acropolis, kuil ini masih seringkali dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Kuil yang dibangun pada abad ke-5 sebelum masehi itu dibangun di sebuah distrik yang berisi banyak toko-toko logam. Oleh karena itu, kuil ini didedikasikan untuk Dewa Hephaestos, dewa yang mengerjakan logam.

#. Temple of Apollo Epicurius
Reruntuhan bangunan yang masih berdiri kokoh ini terletak di lereng gunung terpencil di Peloponnese. Kuil ini Bangunan kuil ini masih terawat dengan baik.

#. Parthenon, Acropolis
Tidak sah rasanya jika kamu ke Athena tanpa mengunjungi bangunan yang paling terkenal ini. Pembangunan ini dimulai pada 447 sebelum masehi, menggantikan kuil yang lebih tua yang telah dihancurkan Persia. Pembangunan ini selesai pada 432 sebelum masehi. Tujuan pembangunan Parthenon adalah untuk melindungi patung besar Athena Parthenos yang dibuat dari gading, perak, dan emas. (NDY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here