Ureg-ureg, Sisi Kreatifitas Lain Musisi Iwan Fals

0
93
Iwan Fals bersama istri mengunjungi pameran Ureg-ureg hasil karyanya (Foto: Antarafoto)

DEPOK, bisniswisata.co.id: Musisi senior Iwan Fals bukan hanya bisa menyanyi, ternyata juga hobi melukis. Ia baru saja meresmikan pameran karya lukis perdananya pada Senin (15/4) malam di kediamannya di Leuwinanggung, Jawa Barat. Pameran yang diberi tajuk ‘Galeri Suara Hati’ ini menampilkan puluhan lukisan hasil karyanya selama masa pemulihan pasca operasi cedera lengan pada tahun lalu.

“Bersyukur saya memiliki waktu luang untuk ini dan prosesnya mengalir saja setelah operasi tangan. Bukannya tambah sakit karena banyak gerak tapi kok malah jadi enak. Ya saya bersyukur sajalah,” ujar Iwan yang juga merilis album baru bertajuk Rosana, nama istrinya.

Ia bercerita, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (17/04/2019) hobi melukisnya sebenarnya telah berawal sejak kepergian sang putra sulung, Galang Rambu Anarki pada 1997. Ia menganggap melukis adalah salah satu cara meluapkan isi hati, selain dengan menciptakan lagu. “Itu cukup menenangkan seperti terapi,” kata Virgiawan Listanto, nama sesuai KTP.

Setahun belakangan, kegiatan itu kembali ia geluti. Namun kali ini Iwan punya alasan lain. Ia tak tega melihat kado cat yang diberikan sang istri Rosana pada ulang tahunnya tiga tahun silam. Ia tak ingin itu terbuang sia-sia karena tak kunjung ia gunakan.

“Saat saya sakit, melihat kaleng-kaleng cat itu belum digunakan dan hampir kering. Itu membuat saya ingin melukis lagi, kanvasnya juga sudah ada. Ya sudah mengalir,” ujar penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country yang menjadi salah satu legenda di Indonesia .

Sang pelantun Bento pun sampai keasyikan. Kalau sudah melukis susah berhenti. Dalam satu hari ia bisa menyelesaikan tiga sampai empat lukisan berukuran 1,5 meter x 1 meter. Tekniknya, kata Iwan, hanya menggunakan palet, kuas serta goresan tangan.

Ia bahkan punya nama sendiri untuk gaya lukisannya. “Dulu sih sampai dilempar-lempar [catnya], guling-guling, marah-marah sampai nangis terus habis itu dibakar. Yang kali ini ya karena lagi enggak bisa apa-apa selain bikin syair lalu keterusan melukis. Saya lebih nyaman untuk bilang ini aliran ‘ureg-ureg,'” ucap lelaki kelahiran Jakarta, 58 tahun lalu.

Ureg-ureg pernah menjadi nama akun Twitter resminya, di mana Iwan sangat aktif berkicau. Lukisan ureg-ureg Iwan Fals bakal dipamerkan selama dua minggu hingga awal bulan Ramadan, sekitar Mei mendatang. Iwan dan keluarga pun berencana menjual beberapa koleksi itu dan hasilnya akan disumbangkan untuk Yayasan Suara Hati Iwan Fals.

“Ini saya pamerkan dulu. Lumayan deg-degan juga ya, energinya seperti manggung. Sementara pas melukisnya itu kayak buat lagu. Ada rasa yang sama,” sambung bapak tiga anak Galang Rambu Anarki (Alm), Raya Rambu Robbani, Annisa Cikal Rambu Basae. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.